Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jalan Desa Darmawangi Dusun Darmawangi Desa Darmawangi Kecamatan Tomo

Web Site

Desa Darmawangi

Akun Facebook

Desa Darmawangi


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya
  2. Berada di perlintasan jalan raya Tomo - Jatigede
  3. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Desa Darmawangi merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Tomo. Lokasinya berada di bagian selatan wilayah kecamatan. Jarak dengan pusat kecamatan sekitar 7 kilometer. Desa Darmawangi berada di perlintasan jalur yang menghubungkan Tomo dengan Jatigede.

Pada awalnya wilayah Desa Darmawangi memiliki cakupan wilayah yang luas, meliputi beberapa kampung, yaitu Kampung Darmawangi, Kampung Cariang, Kampung Cikalung, Kampung Warungbungur, Kampung Cirendang, dan Kampung Cibengkung. Namun pada tahun 1982 ketika Desa Darmawangi di bawah kepemimpinan Ebe Suganda, Desa Darmawangi mengalami pemekaran menjadi dua Desa yaitu Desa Darmawangi dan Desa Warungbungur (sekarang namanya Desa Jembarwangi). Setelah pemekaran, Desa Darmawangi mencakup wilayah Dusun Darmawangi, Dusun Cariang, dan Dusun Cibengkung. Sedangkan desa pemekarannya meliputi Dusun Cikalung, Dusun Warungbungur, dan Dusun Cirendang. Kemudian dilakukan kembali pertemuan yang menghasilkan keputusan bahwa hanya Dusun Cirendang dan Cibengkung yang benar-benar berpisah menjadi wilayah desa pemekaran dengan nama Desa Jembarwangi.

Kemudian pada tahun 2011, Desa Darmawangi dimekarkan kembali menjadi dua desa yaitu Desa Darmawangi dan Desa Mekarwangi. Setelah dimekarkan kembali, Desa Darmawangi hanya terdiri dua dusun yaitu Dusun Darmawangi dan Dusun Cariang. Sementara Dusun Cikalung dan Dusun Warungbungur masuk ke wilayah desa pemekaran, Desa Mekarwangi.

Berdasarkan data Potensi Kecamatan Tomo tahun 2013, Desa Darmawangi termasuk desa dengan status pedesaan. Sementara klasifikasinya sebagai desa swasembada. Dan secara topografis, Desa Darmawangi memiliki bentang permukaan tanah berupa dataran. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 45 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Desa Darmawangi terdiri atas dua dusun yaitu Dusun Darmawangi dan Dusun Cariang. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak 8 RW dan 28 RT. Secara geografis, Desa Darmawangi dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Marongge dan Desa Karyamukti di sebelah utara, Desa Bonang dan Desa Jatiserang Kabupaten Majalengka di sebelah timur, Desa Jembarwangi dan Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede di sebelah selatan, serta Desa Cipeles di sebelah baratnya.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, Desa Darmawangi memiliki luas wilayah total sebesar 686,68 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan seperti sebagai lahan pertanian, lahan kehutanan, lahan pemukiman dan penggunaan lahan lainnya. Luas lahan pertanian yang berada di Desa Darmawangi 373 hektar yang terbagi ke dalam dua jenis lahan yaitu lahan pesawahan dan lahan ladang/huma. Luas lahan pesawahannya sendiri sebesar 122 hektar, sementara luas lahan ladang dan humanya sebesar 251 hektar. Luas lahan yang dipergunakan sebagai lahan kehutanan seluas 171,3 hektar. Lahan pemukiman dan pekarangan memakan lahan seluas 21 hektar. Sisanya seluas 121,38 hektar dipergunakan untuk keperluan lainnya.

Berdasarkan data Potensi Desa tahun 2014, pada tahun 2013 jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Darmawangi sebanyak 2.777 jiwa. Rinciannya sebanyak 1.378 jiwa berjenis kelamin laki-laki ditambah sebanyak 1.399 jiwa berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.215 KK. Kepadatan penduduk Desa Darmawangi sebesar 176,86 jiwa untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya.

Berkaitan dengan mata pencahariannya, sebagian besar penduduk Desa Darmawangi sebagian besar bergerak di bidang pertanian. Sebagian lainnya bergerak di bidang peternakan, perdagangan dan bidang lainnya. Hasil pertanian yang menjadi andalan adalah padi yang dihasilkan lahan pesawahan, walaupun masih menggunakan sistem irigasi non-teknis. Selain padi, lahan pertanian di Desa Darmawangi juga menghasilkan produk berupa jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang hijau, kacang tanah, mentimun, kacang panjang, cabai besar, dan terung. Sementara hasil pertanian berupa buah-buahannya adalah dari jenis mangga, pisang, dan pepaya.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 17 April 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang