Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jalan Desa Cileles No. Jatinangor

Web Site

Desa Cileles Jatinangor

Akun Twitter

@DesaCileles

Akun Facebook

Pemerintah Desa Cileles

Akun Google+

Desa Cileles


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati angkutan umum, hanya bisa menggunakan angkutan ojeg dari jalan raya Jatinangor

Desa Cileles merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Jatinangor. Lokasinya berada di bagian utara wilayah kecamatan dengan jarak tempuh ke pusat Kecamatan Jatinangor sekitar dua kilometer. Wilayah Desa Cileles ini mencakup sebagian wilayah kampus Universitas Padjadjaran bagian utara.

Desa Cileles merupakan desa induk dari dua desa yang dimekarkan. Sebelum terjadi pemekaran Kecamatan Cimanggung menjadi dua kecamatan, Desa Cileles menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Cimanggung. Ketika terjadi pemekaran Kecamatan Cimanggung menjadi Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Cikeruh, Desa Cilayung menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Cikeruh bersama lima desa lainnya. Setelah terjadi pemekaran kecamatan ini, Desa Cileles dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Cileles dan Desa Cilayung. Desa Cileles mengambil wilayah bagian selatan sementara Desa Cilayung di bagian utaranya.

Berdasarkan data Kecamatan Jatinangor dalam Angka tahun 2014, Desa Cileles memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa. Secara topografis wilayah Desa Cileles merupakan daerah perbukitan yang berada di kaki Gunung Manglayang. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 833 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, Desa Cileles dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Cilayung di sebelah utara, Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari di sebelah timur, Desa Hegarmanah dan Desa Sayang di sebelah selatan, serta Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari dan Desa Cibeusi di sebelah baratnya. Secara administratif, Desa Cileles terbagi ke dalam empat buah dusun yaitu Dusun I, Dusun II, Dusun III dan Dusun IV. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sejumlah sembilan RW dan 36 RT.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, Desa Cileles memiliki luas wilayah sebesar 320 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan yaitu sebagai lahan pertanian, lahan pemukiman dan lahan lainnya. Yang dipergunakan sebagai lahan pertanian sebesar 176 hektar. Lahan pertaniannya terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan non-pesawahan. Luas lahan pesawahannya sebesar 58 hektar. Lahan pertanian bukan pesawahan atau termasuk lahan ladang, huma dan perkebunan seluas 118 hektar. Seluas 8 hektar dipergunakan sebagai lahan pemukiman dan pekarangan. Sisanya seluas 8 hektar dipergunakan untuk keperluan lainnya seperti lahan fasilitas umum.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Cileles memiliki jumlah penduduk sebanyak 6.014 jiwa. Rincian penduduknya adalah sebanyak 3.089 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.925 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.823 KK. Kepadatan penduduk Desa Cileles sebesar 1.879 orang untuk tiap kilometer luas wilayahnya.

Desa Cileles memiliki posisi yang tidak terlalu jauh dari pusat Kecamatan Jatinangor. Namun demikian, Desa Cileles tidak terpengaruh banyak oleh pembangunan di kawasan pendidikan Jatinangor. Desa Cileles masih merupakan desa agraris dimana sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian. Hanya saja ketika terjadinya pembangunan kawasan kampus, khususnya Universitas Pandjadjaran yang dibangun di kawasan perkebunan karet, mengubah mata pencaharian sebagian besar penduduk Desa Cileles. Sebelum dibangun kawasan kampus, sebagian wilayah Desa Cileles merupakan perkebunan karet, sehingga kebanyakan penduduknya berprofesi sebagai buruh karet dan sejenisnya. Setelahnya, penduduk tersebut beralih profesi sebagai petani biasa yang menggarap lahan pertanian dan sebagai buruh tani. Selain bekerja di sektor pertanian, sebagian yang lain bekerja di sektor konstruksi, perdagangan dan sektor lainnya.

Dengan didominasi oleh penggunaan lahan sebagai lahan pertanian kering seperti perkebunan dan ladang, lahan pertanian di Desa Cileles menghasilkan produk berupa padi dan berbagai jenis palawija seperti jagung dan ubi kayu. Tak ketinggalan juga berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang dan Desa Cileles Jatinangor)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 19 Agustus 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang