Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jln. Parakan Kondang Dusun Cileles Desa Cijeungjing


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan roda dua maupun roda empat

Desa Cijeungjing merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Jatigede. Lokasinya berada di seputaran pusat Kecamatan Jatigede, dengan wilayahnya yang memanjang dari utara ke arah barat menuju ke bendungan Jatigede. Jarak dengan pusat Kecamatan Jatigede sekitar 100 meter.

Berdasarkan data Kecamatan Jatigede dalam Angka tahun 2014, Desa Cijeungjing memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya madya. Secara topografis, wilayah Desa Cijeungjing berupa lereng perbukitan dengan ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 281 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Cijeungjing dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Kadujaya, Desa Karedok, Desa Cipeles dan Desa Darmawangi (keduanya berlokasi di Kecamatan Tomo) di sebelah utara, Desa Cipicung di sebelah timur, Desa Cipicung dan Desa Jemah di sebelah selatan, serta Desa Pajagan Kecamatan Cisitu dan Desa Karedok di sebelah baratnya. Secara administratif, Desa Cijeungjing terdiri atas 5 RW dan 13 RT.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, Desa Cijeungjing mempunyai luas wilayah total seluas 524,13 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan seperti sebagai lahan pertanian, lahan kehutanan, lahan pemukiman dan pekarangan serta lahan lainnya. Luas lahan pertaniannya sendiri mencakup luas wilayah sebesar 12,02 persen atau sekitar 63 hektar. Lahan pertaniannya terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan perkebunan/ladang. Luas lahan pertaniannya seluas 34,02 hektar dan luas lahan perkebunan atau ladangnya seluas 28,98 hektar. Luas lahan pemukiman dan pekarangannya sebesar 0,57 persen atau seluas 2,99 hektar. Sebesar 5,72 persen berupa lahan hutan rakyat atau seluas 29,98 hektar. Sisanya sebesar 81,68 persen atau seluas 428,16 hektar dipergunakan sebagai lahan lainnya seperti lahan kehutanan dan lahan lainnya. Dengan penggenangan bendungan Jatigede, sebagian wilayah Desa Cijeungjing, khususnya bagian selatan yang berbatasan dengan Desa Jemah ikut tergenang.

Berkaitan dengan jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Cijeungjing, masih berdasarkan sumber data yang sama, pada tahun 2013 sebanyak 2.661 jiwa. Dengan komposisi sebanyak 1.294 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.367 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 873 KK. Kepadatan penduduk Desa Cijeungjing sebesar 507,7 jiwa untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya.

Sebagai akibat dari diairinya bendungan Jatigede, pesisir bendungan bagian timur laut menjadi salah satu tujuan wisata. Salah satu tempat yang menjadi tujuan wisata di wilayah Desa Cijeungjing adalah wilayah Tegaljarong. Jika dikembangkan bisa menjadi tujuan wisata yang menarik.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 08 September 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang