Sekilas Kontak

Berdiri

1978

Alamat Lengkap

Jalan Babakanbandung No. 2009 Cibungur Rancakalong

Akun Facebook

Desa Cibungur


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Desa Cibungur merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Rancakalong. Lokasinya berada di ujung timur laut wilayah Kecamatan Rancakalong dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Tanjungmedar. Jarak dengan pusat kecamatan sekitar enam kilometer.

Sebagaimana disajikan oleh Cibungur, Desa Cibungur sudah ada semenjak jaman penjajahan Belanda sampai jaman kemerdekaan Republik Indonesia. Kemudian pada tahun 1948, Desa Cibungur dibumihanguskan oleh tentara Republik Indonesia karena dituduh sebagai basis DI/TII. Wilayah Desa Cibungur ditutup dan tidak boleh dipergunakan oleh masyarakat, sehingga penduduknya menyebar ke penjuru daerah. Setelah lima tahun, Desa Cibungur dibuka kembali dan masyarakat diperbolehkan untuk menggarap lahannya kembali. Pada tahun 1978, Desa Cibungur memiliki pemerintahan sendiri setelah dilakukan pemekaran wilayah Desa Pangadegan. Desa Cibungur menempati wilayah di sebelah timur Desa Pangadegan.

Berdasarkan data Kecamatan Rancakalong dalam Angka tahun 2014, Desa Cibungur memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swasembada madya. Secara topografis, Desa Cibungur memiliki bentuk bentang permukaan tanah berupa lereng perbukitan. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 765 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, Desa Cibungur dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Tanjungwangi Kecamatan Tanjungmedar di sebelah utara, Desa Cigentur dan Desa Gunturmekar (keduanya berada di Kecamatan Tanjungkerta) di sebelah timur, Desa Sukamaju dan Desa Sukahayu di sebelah selatan, serta Desa Pangadegan di sebelah baratnya. Secara administratif, Desa Cibungur terbagi ke dalam tiga dusun yaitu Dusun Babakanbandung, Dusun Pasirhuni dan Dusun Cipicung. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sejumlah lima RW dan 25 RT.

Berdasarkan sumber data yang sama, Desa Cibungur memiliki luas wilayah sebesar 525 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa penggunaan seperti sebagai lahan pertanian, pemukiman dan kehutanan. Luas wilayah yang dipergunakan sebagai lahan pertanian adalah sebesar 77,52 persen atau sekitar 406,98 hektar. Lahan pertanian berupa pesawahan sebesar 155,61 hektar dan seluas 251,37 hektar berupa lahan pertanian kering yaitu perkebunan, ladang dan huma. Luas lahan kehutanannya sebesar 11,40 persen atau sekitar 59,85 hektar. Lahan pemukiman dan pekarangan sebesar 9,77 persen atau sekitar 51,29 hektar. Sisanya sebesar 1,30 persen atau sekitar 6,82 hektar dipergunakan sebagai lahan lainnya seperti lahan fasilitas umum, pekuburan dan sebagainya.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Cibungur memiliki jumlah penduduk sebanyak 3.293 orang. Dengan komposisi sebanyak 1.710 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.583 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.024 KK. Kepadatan penduduk Desa Cibungur sebesar 195 jiwa untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya. Sementara berkaitan dengan mata pencahariannya, sebagian besar penduduk Desa Cibungur bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Sebagian kecil lainnya bekerja di sektor jasa, transportasi, perdagangan, konstruksi dan dan industri.

Dengan dominasi penggunaan lahan sebagai lahan pertanian dan jumlah penduduk yang bekerja di sektor pertanian, bidang pertanian menjadi sumber pokok kehidupan masyarakat Desa Cibungur. Sektor pertanian di Desa Cibungur menghasilkan produk utama berupa padi yang dihasilkan lahan pesawahan yang sebagian masih menggunakan sistem pengairan non-teknis. Produktivitas hasil padinya cukup baik. Selain menghasilkan padi, lahan pertanian di Desa Cibungur juga menghasilkan produk lain berupa jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah, dan berbagai jenis buah-buahan. Dihasilkan juga produk berupa sayur-sayuran dari jenis cabai besar, kacang merah, bawang daun, dan sawi. Selain pertanian, ada juga penduduk yang memiliki peternakan yang berkaitan dengan pemeliharaan binatang ternak seperti: sapi, kerbau, ayam kampung, ayam broiler, bebek, kambing, domba, angsa, burung puyuh, dan kelinci.

Berkaitan dengan seni budaya, di Desa Cibungur terdapat beberapa jenis kesenian tradisional seperti calung dan beberapa jenis tarian.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang dan Cibungur)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 12 Juni 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang