Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Ibu Oom

Alamat Lengkap

Dusun Cisambeng Desa Cijeler Kecamatan Situraja


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di Dusun Cisambeng Desa Cijeler Kecamatan Situraja

Singkong merupakan salah satu hasil pertanian yang banyak dihasilkan oleh penduduk di Desa Cijeler. Singkong yang dihasilkan lahan pertanian penduduk Desa Cijeler ini digunakan sebagai bahan baku industri rumah tangga. Banyak jenis makanan yang merupakan olahan yang berbahan dasar singkong. Salah satu makanan olahan dari singkong ini adalah dendeng daun singkong.

Inovasi dendeng daun singkong ini dicetus oleh Ibu Oom yang merupakan warga Dusun Cisambeng Desa Cijeler. Sementara munculnya ide produksi dendeng daun singkong atas binaan Pak Dodi selaku penyuluh program. Ibu Oom sendiri merupakan anggota dari Kelompok Wanita Tani (KWT) di Dusun Cisambeng.

Dalam melakukan proses produksinya, Ibu Oom melibatkan enam orang anggota setiap harinya. Dalam pengembangan makanan olahan dari daun singkong ini Ibu Oom mendapatkan bantuan dari pihak pemerintah provinsi Jawa Barat. Bantuan yang diterima dari pemerintah berupa alat-alat untuk mengolah produk. Pada awalnya, proses produksi menggunakan fasilitas dapur rumahnya.

Selain memproduksi makanan berbahan dasar daun singkong, yaitu Dendeng Daun Singkong, Ibu Oom juga memproduksi makanan olahan dari jenis Cireng Kering dan Kerupuk Mini. Proses produksinya dilakukan dua kali dalam satu minggu yang menghasilkan produk sebanyak 15 kg cireng. Produk yang dihasilkan oleh Ibu Oom berbahan dasar singkong ini dikenal dengan nama Si'Ngkong. Produknya sudah mendapatkan label halal dan izin dari Departemen Kesehatan.

Sementara untuk pemasarannya sendiri didukung oleh anak Ibu Oom. Pemasarannya menjangkau wilayah Bogor melalui koperasi Industri Citeureup dan outlet-outlet di kota Bandung. Selain itu Ibu Oom sendiri sering mengikuti pameran yang di adakan di kota Sumedang.

(Sumber: KKNM Unpad Cijeler)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 09 Mei 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang