loader

Taman Cecenet

Taman Cecenet

Kategori: Wisata Alam

Alamat: Jalan Cikawung - Cijambu, Desa Kadakajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

1.519

Menyukai

Jumlah Fans Page

1

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di pinggir jalan raya yang menghubungkan Tanjungsari dengan Desa Cijambu

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Tidak dilewati angkutan umum

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Jalan Cikawung - Cijambu, Desa Kadakajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang
No. Telp
081 222 625 243
No. Handphone
081 222 625 243
No. WhatsApp
081 222 625 243
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Taman Cecenet merupakan sebuah lokasi wisata yang berada di wilayah Desa Kadakajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Tepatnya berada di pinggir jalan yang besar yang menghubungkan pusat pemerintahan Kecamatan Tanjungsari dengan Desa Cijambu. Sesuai dengan namanya, Taman Cecenet mengandalkan tanaman yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan nama Ciplukan atau Golden Berry dalam Bahasa Inggris.

Taman Cecenet dibangun di atas lahan seluas 500 tumbak di sebelah utara jalan raya dengan luasan lahan yang memanjang dari selatan ke utara. Dari luasan lahan total tersebut, sekitar 150 tumbaknya ditanami tanaman Cecenet, dengan sisanya ditanami berbagai jenis tanaman bunga, sayur dan buah-buahan. Taman Cecenet berada di kawasan lahan pertanian di tenggara wilayah Desa Kadakajaya, berupa lahan pesawahan dan lahan ladang yang berbentuk terasering. Tidak mengherankan jika sekeliling Taman Cecenet menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan, apalagi memandang ke sebelah timur yang menyajikan pemandangan lahan pertanian di perbukitan yang berwarna-warni.

Selain panorama alam sekitar yang menakjubkan, pengunjung Taman Cecenet akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata Taman Cecenet. Fasilitas utamanya berupa tanaman Cecenet yang bisa dipetik sendiri oleh pengunjung dengan harga Rp 100.000 per kg-nya. Atau jika mau menyantap buah Cecenet segar pengunjung bisa menikmatinya dengan biaya Rp 10.000 per kg. Di sini juga tersedia jus Cecenet dengan harga Rp 10.000 per botolnya.

Fasilitas lainnya adalah pengunjung bisa menjelajah tiap sudut lokasi Taman Cecenet dipenuhi dengan berbagai jenis tanaman bunga. Pengunjung bebas untuk berswafoto atau selfi di lokasi-lokasi yang menarik. Areal taman ini dilengkapi dengan berbagai lampu dan hiasan taman yang akan memeriahkan suasana apalagi di sore hari menjelang malam. Di beberapa tempat terdapat tempat duduk yang terbuat dari papan kayu yang bisa digunakan untuk beristirahat atau swafoto.

Akses jalan untuk berkeliling lokasi Taman Cecenet terbuat dari paving blok, sehingga memudahkan dalam menjelajah kawasan Taman Cecenet. Kiri dan kanan akses jalan ini terhubung langsung dengan kawasan menghijau ditanami berbagai jenis tanaman bunga dan rerumputan menghijau.

Lelah berkeliling kawasan Taman Cecenet, jangan sungkan untuk berkunjung ke cafe atau resto di Taman Cecenet. Di cafe Taman Cecenet tersedia beberapa jenis makanan yang bisa dipesan oleh pengunjung. Menu makanan yang tersedia diantaranya adalah Sop Iga Kumplit, Ayam, Ikan, Lalap dan Sambal. Tak ketinggalan juga sejumlah menu minuman seperti air kelapa muda dan jus buah-buahan. Untuk menyantap makanan atau beristirahat, di Taman Cecenet terdapat sejumlah bangunan gazebo atau saung lesehan yang terbuat dari bambu. Atau bisa juga menggunakan sejumlah meja dan kursi yang tersedia di sejumlah lokasi.

Bagi yang membawa anak-anak, Taman Cecenet juga menyediakan lokasi untuk bermain anak-anak. Ada perosotan, ayunan dan kuda-kudaan yang akan memanjakan anak-anak bermain di Taman Cecenet. Dan bagi yang menyukai wisata berkemah, di Taman Cecenet juga tersedia lokasi Camping Ground yang bisa digunakan sebagai tempat berkemah. Atau ada yang ingin melaksanakan pesta pernikahan, di Taman Cecenet juga bisa diselenggarakan dengan konsep garden party.

Fasilitas pendukung lainnya juga tersedia di Taman Cecenet seperti tempat parkir kendaraan yang terletak di samping gerbang masuk ke kawasan Taman Cecenet. Kemudian fasilitas Mushola dan Toilet juga tersedia.

Untuk mengunjungi Taman Cecenet sangatlah mudah, karena bisa diakses dengan berbagai jenis kendaraan, hanya saja belum dilewati angkutan umum. Pengunjung datang ke Taman Cecenet bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Akses masuknya dari jalan raya nasional Bandung - Sumedang di wilayah tungturunan pertigaan Jalan Cijambu. Dari pertigaan tersebut jaraknya sekitar 4,6 km ke arah utara atau sekitar 5,4 km dari Alun-alun Tanjungsari. Memasuki kawasan wisata Taman Cecenet, pengunjung harus membayar tiket seharga Rp 20.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 15.000 untuk pengunjung anak-anak.

Taman Cecenet bisa dikunjungi oleh wisatawan baik di hari kerja maupun hari libur. Untuk di hari biasa (hari kerja), Taman Cecenet mulai menerima pengunjung pada oukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Sementara untuk hari libur, pengunjung mulai bisa berkunjung pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait wisata Taman Cecenet atau Booking Tempat, bisa menghubungi kontak di nomor 081 222 625 243.

Galeri Foto Lokasi
user

Gerbang masuk ke wisata Taman Cecenet

user

Tempat parkir kendaraan pengunjung

user

Gazebo untuk istirahat pengunjung

user

Tempat bermain anak di Taman Cecenet

user

Salah satu lokasi di Taman Cecenet

user

Buah Cecenet dari Taman Cecenet

user

Wisata berkemah di Taman Cecenet

user

Salah satu lokasi di Taman Cecenet

/
2021
Jalan Cikawung - Cijambu, Desa Kadakajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang
081 222 625 243
081 222 625 243
Taman Cecenet
Tamancecenet
08.00 s.d. 18.00 WIB
09.00 s.d. 17.00 WIB
09.00 s.d. 17.00 WIB
09.00 s.d. 17.00 WIB
09.00 s.d. 17.00 WIB
09.00 s.d. 17.00 WIB
09.00 s.d. 17.00 WIB
Wisata swafoto (selfie)

Wisata edukasi tanaman Cecenet

Wisata berkemah

Wisata kuliner

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With