loader

Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Sauyunan

Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Sauyunan

Kategori: Kelompok Tani

Alamat: Jln. Pendidikan Tampomas Indah Dusun Cilumping Rt. 03/06 Desa Cikurubuk Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

198

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di kawasan utara kaki Gunung Tampomas, bagian selatan wilayah Desa Cikurubuk

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Tidak dilewati angkutan umum

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Jln. Pendidikan Tampomas Indah Dusun Cilumping Rt. 03/06 Desa Cikurubuk Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang
No. Telp
0852-2029-2933
No. Handphone
-
No. WhatsApp
0852-2029-2933
Alamat Email
-
Peta Lokasi

Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya atau yang disingkat dengan nama P4S Sauyunan merupakan sebuah lembaga yang menjadi pusat pelatihan bagi para petani yang berlokasi di Dusun Cilumping Desa Cikurubuk Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang. Pusat pelatihan ini menjadi wadah bagi para Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Sumedang dalam memberikan motivasi dan pelatihan dalam bidang agrobisnis. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat, umumnya para petani di Kabupaten Sumedang.

Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) merupakan salah satu program dari Kementerian Pertanian. Kehadiran Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) digagas pada saat penyelenggaraan Penas V di Lampung Tengah pada tanggal 20 – 25 Agustus 1983. Pada saat itu tercetus gagasan awal mengembangkan pelatihan dan magang oleh dan untuk sesama petani-nelayan. Sejumlah petani-nelayan mulai mempelopori penyelenggaraan magang di rumah masing-masing. Pada awal tahun 1990-an disepakati nama pelatihan/magang tersebut dengan nama Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S). Tujuan utama pembentukan P4S adalah untuk mempercepat akses dan penerapan informasi teknologi melalui proses pembelajaran petani beserta keluarganya sesuai kondisi nyata di lapangan. Selain itu, dengan berlatih dan magang di P4S, petani diharapkan mampu menolong dirinya sendiri dalam meningkatkan produktivitas, pendapatan dan kesejahteraannya.

P4S Sauyunan menjadi lembaga permagangan bagi keluarga tani, yang dibangun dan dimiliki serta dikelola oleh petani, sebagai perwujudan dari kemandirian di bidang pelatihan pertanian. Dan juga merupakan salah satu bentuk perwujudan nyata partisipasi aktif petani dalam mempercepat proses peningkatan jiwa kewirausahaan agribisnis melalui penyebaran informasi dan teknologi. P4S Sauyunan yang dibentuk di wilayah Dusun Cilumping Desa Cikurubuk ini didasari oleh adanya potensi untuk mengembangkan agribisnis pertanian di sekitarnya.

Pendirian P4S Sauyunan dirintis semenjak tahun 2012. Dan dua tahun kemudian, tepatnya pada bulan Februari 2014 dilakukan peresmian. Peresmiannya dilaksanakan secara langsung oleh Bupati Sumedang yang pada saat itu dijabat oleh Ade Irawan.

Berdasarkan data P4S Nasional, kelembagaan P4S Sauyunan beralamatkan di Jln. Pendidikan Tampomas Indah Dusun Cilumping Rt. 03/06 Desa Cikurubuk Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang. Untuk klasifikasinya, P4S Sauyunan sudah mendapatkan klasifikasi Utama. Sebagai salah satu bagian dari P4S Nasional, P4S Sauyunan mendapatkan binaan untuk meningkatkan kapasitas dalam menyelanggarakan pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat pedesaan. Pembinaan dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Pertanian.

Dalam menyelenggarakan kegiatannya, P4S Sauyunan memiliki visi untuk terwujudnya masyarakat pertanian yang lebih Cerdas Trampil, mandiri Produktif dapat meningkatkan kesejahteraan dan selalu mengembangkan diri secara positif sesuai dengan teknologi yang berkembang. Sementara misinya adalah mengembangkan dan memfasililtasi kegiatan-kegiatan petani dan masyarakat pedesaan dalam kebutuhan informasi dan teknologi pertanian untuk kesejahteraan hidup petani dan organisasi petani.

Selama ini, Lembaga P4S Sauyunan telah menyelenggarakan berbagai kegiatan yang melibatkan kelompok tani maupun kalangan akademisi. P4S Sauyunan pernah menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. P4S Sauyunan mendapatkan kunjungan dari kalangan akademisi seperti sekolah pertanian maupun universitas pertanian, khususnya yang ada di Kabupaten Sumedang. Bahkan P4S Sauyunan menjadi tempat magang bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti.

Selain sebagai tempat untuk menyelenggarakan pelatihan dan pertemuan, kawasan P4S Sauyunan juga bisa digunakan untuk kegiatan berkemah dengan nuansa kaki Gunung Tampomas yang masih alami.

Galeri Foto Lokasi
user

P4S Sauyunan Desa Cikurubuk Sumedang

user

Peresmian P4S Sauyunan Sumedang

user

Kegiatan dilaksanakan di P4S Sauyunan

user

Berkemah di kawasan P4S Sauyunan

user

Suasana pada sore hari di P4S Sauyunan

user

Menggarap lahan di kawasan P4S Sauyunan

/
Jln. Pendidikan Tampomas Indah Dusun Cilumping Rt. 03/06 Desa Cikurubuk Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang
0852-2029-2933
P4S Sauyunan Sumedang
P4S Sauyunan Sumedang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With