loader

Kampung Cipicung, Cipicung

Kampung Cipicung, Cipicung

Kategori: Kampung

Alamat: Desa Cipicung Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

758

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki
Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Desa Cipicung Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Kampung Cipicung merupakan sebuah pemukiman penduduk yang berada di wilayah Desa Cipicung Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian barat wilayah Desa Cipicung, cukup dekat dengan tapal batas dengan Desa Jemah di kecamatan yang sama, dan tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Desa Cipicung. Dari kantor Desa Cipicung jarak tempuhnya sekitar satu km ke arah selatan melintasi Jalan Raya Lingkar Timur Jatigede dari Pamoyanan hingga ke Kampung Cipicung.

Kampung Cipicung berada di kawasan lereng bukit cukup landai, bagian utara kawasan pemukimannya lebih tinggi dibandingkan bagian selatannya. Ketinggian lokasinya berkisar antara 320 hingga 325 meter di atas permukaan laut. Pemukiman penduduk Kampung Cipicung dikelilingi oleh kawasan pertanian, yang berupa lahan perkebunan dan lahan pesawahan. Di bagian utara dan barat kawasan pemukiman penduduknya berupa lahan perkebunan, dan di bagian selatan serta timurnya berupa lahan pesawahan. Lahan perkebunan di sekitaran kawasan pemukiman Kampung Cipicung ditumbuhi pepohonan dengan dominasi tanaman pohon mangga Gedong Gincu. Lahan pesawahannya biasa ditanami tanaman padi.

Kampung Cipicung berlokasi di dekat jalur Jalan Raya Lingkar Timur Jatigede, tepatnya di bagian timur laut kawasan bendungan Jatigede. Sekitar 850 meter dari Pertigaan Pamoyanan ke arah selatan, ada pertigaan belok ke kanan.

Pemukiman penduduk Kampung Cipicung setidakanya ada dua konsetrasi wilayah pemukiman, di bagian timur dan bagian barat kawasan pemukiman. Kawasan pemukimnan bagian timur lebih banyak dihuni penduduk dengan pola sebaran pemukiman memanjang dari utara ke selatan mengikuti alur akses jalan yang melintasinya. Pamukiman penduduk di kawasan bagian barat, cenderung memanjang ke arah barat daya dan terhubung dengan pemukiman penduduk Kampung Bakom di Desa Jemah. Kedua pemukiman terlintasi akses jalan besar dari utara ke selatan, dengan bagian timur akses jalannya dari utara dan selatannya terhubung kembali ke Jalan Lingkar Timur Jatigede. Sementara akses jalan di pemukiman bagian barat, menghubungkan Jalan Lingkar Timur Jatigede dengan kawasan Kampung Bakom. 

Berdasarkan data website Desa Cipicung, wilayah Kampung Cipicung termasuk ke wilayah Dusun Cipicung. Wilayah Dusun Cipicung tersebut termasuk dalam wilayah Rukun Warga (RW) 01. Cakupan wilayah RW 01 yang melingkupi Kampung Cipicung terbagi ke dalam empat wilayah Rukun Tetangga (RT) yaitu RT 01, 02, 03 dan RT 04.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, penduduk Kampung Cipicung sebanyak 721 orang dengan rincian sebanyak 351 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 370 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya adalah 260 KK. Untuk rincian masing-masing penduduk tiap RT nya adalah 217 orang penduduk di RT 01 dengan rincian 112 laki-laki dan 105 perempuan, serta 73 KK, sementara di RT 02 jumlah penduduknya sebanyak 138 orang (66 laki-laki dan 72 perempuan) dengan jumlah KK-nya 52, RT 03 jumlah penduduknya 153 (74 laki-laki dan 79 perempuan) dengan jumlah KK 55, serta RT 04 jumlah penduduknya 213 (99 laki-laki dan 114 perempuan) dengan KK berjumlah 80.

Untuk potensi yang dimiliki Kampung Cipicung, diantaranya adalah hasil pertanian yang utama berupa Mangga Gedong Gincu dan padi dari lahan pesawahan. Mata pencaharian penduduk Kampung Cipicung utamanya bergerak di bidang pertanian, dengan sebagian lain bergerak di bidang jasa dan perdagangan.

Untuk fasilitas umum yang ada di Kampung Cipicung diantaranya adalah fasilitas peribadahan berupa masjid yang terletak di bagian timur wilayah pemukiman penduduk Kampung Cipicung, pinggir jalan. Kemudian terdapat juga fasilitas olahraga berupa lapangan bola voli yang berada di sebelah timur laut pemukiman penduduk, pinggir utara Jalan Lingkar Timur Jatigede. Untuk fasilitas pendidikan formal, di Kampung Cipicung belum ada lembaga pendidikan formal jenjang dasar. Pendidikan formal berupa sekolah dasar terdekat adalah SD Negeri Pamoyanan yang berlokasi di bagian selatan Kampung Cihanyir Tonggoh dengan jarak sekitar 500 melintasi jalan memotong ke utara dari Jalan Lingkar Timur Jatigede.

Akses ke Kampung Cipicung ini sangat mudah karena berada cukup dekat jauh dari Jalan Raya Lingkar Timur Jatigede. Sehingga bisa diakses dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat, dan dilintasi angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Pedesaan (Angdes) 41 jurusan Tolengas - Cijeungjing - Wado, turun langsung di gerbang masuk Kampung Cipicung.

Galeri Foto Lokasi
user

Gerbang Kampung Cipicung Desa Cipicung

user

Pemukiman Kampung Cipicung Desa Cipicung

/
Desa Cipicung Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With