Logo Kampung Ciloa, Pamekarsari

Kampung Ciloa, Pamekarsari

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di bagian tengah wilayah Desa Pamekarsari
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati angkutan umum
  4. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 14, turun di Kampung Cisumur dilanjut naik ojeg atau jalan kaki ke Kampung Ciloa

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Pamekarsari Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Ciloa merupakan sebuah kampung atau pemukiman penduduk yang berada di wilayah Desa Pamekarsari Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian tengah wilayah Desa Pamekarsari, cukup dekat dengan pusat pemerintahan Desa Pamekarsari. Dari kantor Desa Pamekarsari jaraknya sekitar 700 meter melintasi jalan besar dari Kampung Cisumur ke arah timur.

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Ciloa berada pada areal lereng bukit yang menghadap ke arah timur. Di mana bagian barat daya pemukiman penduduknya berada di kawasan dengan elevasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian timurnya. Ketinggian wilayah pemukiman penduduknya berada pada kisaran 300 hingga 310 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Ciloa dikelilingi oleh kawasan pertanian berupa lahan perkebunan. Di sekelilingnya merupakan kawasan perkebunan yang menghijau ditanami berbagai jenis pepohonan, baik pohon buah-buahan maupun pohon kayu. Pohon buah-buahan yang terdapat di kawasan Kampung Ciloa diantaranya adalah pohon mangga, rambutan, petai, pisang dan lainnya.

Pemukiman penduduk Kampung Ciloa memiliki sebaran pemukiman penduduk dengan cukup seragam dan terkonsentrasi di satu lokasi. Sebaran pemukimannya bisa dikatakan sedikit mengkotak yang terbagi dua terpisahkan oleh akses jalan besar yang melintasinya. Sebagian besar berada di bagian selatan akses jalan besar, dan sebagian lebih kecil di bagian utaranya.

Dengan demikian akses jalan yang menghubungkan kawasan pemukiman Kampung Ciloa dengan pemukiman penduduk lainnya berasal dari bagian barat dan bagian timur. Akses jalan ke bagian barat terbagi menjadi dua jalan, satu jalan ke arah utara yang terhubung dengan Kampung Cisumur dan satu lagi ke arah barat yang terhubung dengan jalan besar yang menghubungkan Kampung Cisumur dan Kampung Situbatu Kaler. Akses jalan ke arah timur terhubung dengan pemukiman penduduk Kampung Ciwangi dan Babakan Kadu hingga wilayah Desa Wanasari.

Sebagian besar penduduk Kampung Ciloa memiliki mata pencaharian sebagai petani yang menggarap lahan pertanian berupa lahan perkebunan dan lahan pesawahan.

Untuk fasilitas umum, di Kampung Ciloa terdapat beberapa jenis fasilitas umum. Diantaranya berupa fasilitas peribadahan dengan adanya masjid yang berada di ujung barat kawasan pemukiman penduduk yaitu Masjid Fatwa Wicaksono. Kemudian untuk fasilitas pendidikan formal khususnya pendidikan sekolah dasar, belum ada di kawasan pemukiman penduduk Kampung Ciloa, sehingga jika penduduknya ingin menyekolahkan anak-anaknya harus pergi ke kampung tetangga yaitu Kampung Cisumur ke SD Negeri Wanasari II.

Akses ke Kampung Ciloa cukup mudah karena sudah dilintasi jalan besar dan sudah beraspal. Akses jalannya bisa dilalui menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, namun tidak dilewati angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 14, turun di Kampung Cisumur dilanjut naik ojeg atau jalan kaki ke Kampung Ciloa.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 20 Desember 2023

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang