Logo Kampung Cihanyir Landeuh, Cipicung

Kampung Cihanyir Landeuh, Cipicung

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi tidak jauh dari jalan raya Tolengas - Jatigede
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dillintasi angkutan umum secara langsung
  4. Jika menggunakan Angkutan Umum, bisa naik Angdes 41 jurusan Tolengas - Cijeungjing - Wado, turun di pertigaan Kampung Cihanyir Landeuh atau Pamuruyan, dilanjut jalan kaki ke arah timur sejauh 850 meter

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Cipicung Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang

Page Facebook

Cihanyir Landeuh


Lokasi

Kampung Cihanyir Landeuh merupakan sebuah pemukiman penduduk yang berada di wilayah Desa Cipicung Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian utara wilayah Desa Cipicung, tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Desa Cipicung. Dari kantor Desa Cipicung jarak tempuhnya sekitar 2,7 km ke arah timur laut melintasi jalan raya Jatigede - Tolengas ke arah utara dilanjut jalan desa ke arah timur dari pertigaan Cihanyir Landeuh dekat Pamuruyan Cijeungjing.

Kampung Cihanyir Landeuh berada di kawasan yang cukup landai dengan kawasan pemukiman bagian baratnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian timurnya. Ketinggian lokasinya berkisar antara 180 hingga 195 meter di atas permukaan laut. Pemukiman penduduk Kampung Cihanyir Landeuh berada di lokasi yang berdekatan dengan aliran Sungai Cisaar yang terletak di sebelah timurnya dan selatannya terdapat aliran anak sungai yang bermuara di Sungai Cisaar.

Pemukiman penduduk Kampung Cihanyir Landeuh dikelilingi oleh kawasan pertanian, yang berupa lahan perkebunan. Di bagian utara, timur, selatan dan baratnya merupakan lahan perkebunan yang didominasi oleh tanaman pohon mangga Gedong Gincu.

Kampung Cihanyir Landeuh berlokasi di tidak terlalu jauh dari jalan raya yang menghubungkan Tolengas dengan Jatigede. Akses masuk ke Kampung Cihanyir Landeuh berada di kawasan Kampung Pamuruyan. Dari pertigaan tersebut mengarah ke arah tenggara dengan jarak sekitar 850 meter, berupa jalan besar yang bisa dilintasi kendaraan roda empat. Sehingga akses masuknya berasal dari arah barat, dengan tambahan ada akses jalan kecil ke arah selatan yang terhubung dengan Kampung Cisaar Landeuh. Akses ke arah selatan melintasi anak Sungai Cisaar berupa jembatan gantung.

Pemukiman penduduk Kampung Cihanyir Landeuh tidak terkonsentrasi di satu lokasi yang berdekatan, namun cukup tersebar dengan jarak antarpemukiman penduduknya cukup renggang. Pola pemukimannya memanjang dari barat laut ke arah tenggara dan melebar dari selatan ke utara. Panjang wilayah pemukiman penduduknya mencapai 450 meter, di luar sedikit pemukiman penduduk Kampung Cihanyir Landeuh yang di luar kawasan pemukiman penduduk. Sebaran pemukiman penduduknya cukup acak, ada yang berdekatan dan sebagian lagi berjauhan, dengan ruang kosong antarpemukiman penduduknya ditumbuhi pepohonan menghijau.

Berdasarkan data website Desa Cipicung, wilayah Kampung Cihanyir Landeuh termasuk ke wilayah Dusun Cihanyir Landeuh. Wilayah Dusun Cihanyir Landeuh tersebut termasuk dalam wilayah Rukun Warga (RW) 03. Cakupan wilayah RW 03 yang melingkupi Kampung Cihanyir Landeuh terbagi ke dalam empat wilayah Rukun Tetangga (RT) yaitu RT 01, 02, 03 dan RT 04.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, penduduk Kampung Cihanyir Landeuh sebanyak 684 orang dengan rincian sebanyak 336 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 348 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya adalah 250 KK. Untuk rincian masing-masing penduduk tiap RT nya adalah 178 orang penduduk di RT 01 dengan rincian 88 laki-laki dan 90 perempuan, serta 64 KK, sementara di RT 02 jumlah penduduknya sebanyak 137 orang (63 laki-laki dan 74 perempuan) dengan jumlah KK-nya 51, RT 03 jumlah penduduknya 195 (100 laki-laki dan 95 perempuan) dengan jumlah KK 71, serta RT 04 jumlah penduduknya 174 (85 laki-laki dan 89 perempuan) dengan KK berjumlah 64.

Untuk potensi yang dimiliki Kampung Cihanyir Landeuh, diantaranya adalah hasil pertanian yang utama berupa Mangga Gedong Gincu. Mata pencaharian penduduk Kampung Cihanyir Landeuh utamanya bergerak di bidang pertanian, dengan sebagian kecil bergerak di bidang jasa seperti perdagangan, penjahit, dll.

Untuk fasilitas umum yang ada di Kampung Cihanyir Landeuh diantaranya adalah fasilitas peribadahan berupa masjid yang terletak di bagian tengah dan bagian utara wilayah pemukiman penduduk Kampung Cihanyir Landeuh. Kemudian terdapat juga fasilitas olahraga berupa lapangan bola voli yang berada di sebelah barat daya pemukiman penduduk. Untuk fasilitas pendidikan formal, di Kampung Cihanyir Landeuh sudah ada lembaga pendidikan formal jenjang dasar yaitu SD Negeri Cimukti yang berlokasi di bagian tenggara kawasan pemukiman penduduk. Sehingga bagi penduduk yang memiliki anak dan ingin menyekolahkannya, tidak harus jauh-jauh ke luar kampung, bahkan dari kampung tetangga yang datang ke Kampung Cihanyir Landeuh untuk menyekolahkan anak-anaknya.

Akses ke Kampung Cihanyir Landeuh ini cukup mudah karena berada tidak jauh dari perlintasan jalan besar yang menghubungkan Tolengas dengan wilayah Jatigede. Sehingga bisa diakses dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Pedesaan (Angdes) 41 jurusan Tolengas - Cijeungjing - Wado, turun di pertigaan Kampung Cihanyir Landeuh atau Pamuruyan, dilanjut jalan kaki ke arah timur sejauh 850 meter.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 01 Juni 2023

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang