loader

Kampung Cicadas, Cipeuteuy

Kampung Cicadas, Cipeuteuy

Kategori: Kampung

Alamat: Desa Cipeuteuy Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

785

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di bagian timur wilayah Desa Cipeuteuy

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Tidak dilewati angkutan umum

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Desa Cipeuteuy Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Kampung Cicadas merupakan sebuah kampung atau pemukiman penduduk yang berada di wilayah Desa Cipeuteuy Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian timur wilayah Desa Cipeuteuy, dekat dengan perbatasan antara wilayah Desa Cipeuteuy dengan Desa Darmaraja. Wilayah Kampung Cicadas merupakan pusat dari pemerintahan Desa Cipeuteuy dimana fasilitas pemerintahannya berada.

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Cicadas berada di area lereng perbukitan bagian utara Gunung Golempang, sehingga bagian utara wilayah pemukimannya berada lebih rendah jika dibandingkan dengan bagian selatannya. Ketinggian wilayah pemukiman penduduknya berkisar antara 410 hingga 525 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Cicadas dikelilingi oleh kawasan pertanian berupa lahan perkebunan dan lahan pesawahan. Di sekelilingnya merupakan kawasan perkebunan yang menghijau ditanami berbagai jenis pepohonan, baik pohon buah-buahan maupun pohon kayu. Pohon buah-buahan yang terdapat di kawasan Kampung Cicadas diantaranya adalah pohon pisang, kelapa, mangga, dan lainnya. Pepohonan dari jenis kayu diantaranya albasiah, mahoni, dan lainnya. Di bagian utara kawasan pemukiman penduduknya selain berbatasan dengan lahan perkebunan, juga berbatasan dengan lahan pesawahan, dimana terdapat aliran Sungai Cijuray yang mengalir dari arah barat ke arah timur dan bermuara di aliran Sungai Cihonje.

Pemukiman penduduk Kampung Cicadas terkonsentrasi di satu lokasi, di lereng atau kaki Gunung Golempang bagian utara, sebelum aliran Sungai Cijuray yang juga berada di kaki Gunung Sangkajaya bagian timur. Pemukiman penduduknya memanjang dari barat ke timur, mengikuti arah jalan besar yang melintasinya dari barat yang terhubung dengan Kampung Kalingsem dan Kampung Kebonjambe ke arah timur di wilayah Desa Darmaraja.

Pemukiman penduduknya memiliki pola yang berderet dari barat ke timur, dengan jarak antarpemukiman umumnya berdekatan. Sementara jarak antarderetan pemukiman menyisakan lahan kosong yang umumnya berupa tembok atau tebing. Hal ini berkaitan dengan lokasi pemukiman Kampung Cicadas yang berada di lereng yang menghadap ke arah utara.

Akses ke pemukiman penduduk Kampung Cicadas berasal dari arah timur yang terhubung dengan jalan raya di wilayah Desa Darmaraja. Akses jalan ini kemudian berlanjut ke arah barat hingga Kampung Kebonjambe dan Kampung Cikalingsem. Namun alur jalan dari bagian baratnya tidak terhubung dengan akses ke wilayah yang lainnya, sehingga aksesnya buntu.

Sebagian besar penduduk Kampung Cicadas memiliki mata pencaharian sebagai petani yang menggarap lahan pertanian berupa lahan perkebunan dan lahan pesawahan.

Fasilitas umum yang di Kampung Cicadas diantaranya adalah fasilitas peribadahan berupa masjid yang terletak di bagian tengah pemukiman penduduk, pinggir selatan jalan besar. Fasilitas umum lainnya kantor pemerintahan Desa Cipeuteuy yang akan memudahkan penduduknya dalam mengurus administrasi kependudukan dan pemerintahan. Kemudian untuk fasilitas pendidikan, khususnya pendidikan formal sekolah dasar, belum ada di Kampung Cicadas. Sehingga bagi penduduk yang memiliki anak usia sekolah harus pergi ke kampung tetangga untuk bersekolah yaitu ke Kampung Kebonjambe dimana adanya SD Negeri Cipeuteuy yang berjarak sekitar 800 meter ke arah barat daya melintasi jalan besar.

Secara kewilayahan, Kampung Cicadas termasuk dalam cakupan wilayah Dusun Cicadas. Cakupan wilayah Dusun Cicadas di Kampung Cicadas berada dalam lingkup wilayah yang lebih kecil berupa Rukun Warga (RW) 002. Wilayah RW 002 yang ada di Kampung Cicadas terbagi menjadi lima wilayah Rukun Tetangga (RT) yaitu RT 001, 002, 003, 004 dan RT 005.

Akses ke Kampung Cicadas cukup mudah karena sudah dilintasi jalan besar. Akses jalannya bisa dilalui menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat namun belum dilewati angkutan umum.

Galeri Foto Lokasi
user

Pemukiman penduduk Kampung Cicadas Desa Cipeuteuy

/
Desa Cipeuteuy Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With