Logo Kampung Bantarjambe, Cigintung

Kampung Bantarjambe, Cigintung

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berada di bagian timur wilayah Desa Cigintung
  2. Berada di perlintasan jalan kecil yang menghubungkan Kampung Karamat dengan Kampung Baros
  3. Hanya bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua
  4. Tidak dilewati angkutan umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Cigintung Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Bantarjambe merupakan sebuah pemukiman penduduk atau kampung yang berada di wilayah Desa Cigintung Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian timur wilayah Desa Cigintung, sebuah lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Desa Cigintung. Dari kantor Desa Cigintung jaraknya sekitar 1,4 km ke arah tenggara melintasi jalan besar pedesaan melewati Kampung Kebonbala dan Kampung Karamat.

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Bantarjambe berada di kawasan lereng perbukitan bagian bawah. Lereng di bagian timur Kampung Karamat yang menghadap ke arah timur, dimana bagian timur lebih rendah dibandingkan bagian barat pemukiman penduduk. Ketinggian wilayahnya sekitar 325 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kawasan pemukiman penduduk Kampung Bantarjambe dikelilingi oleh lahan pertanian berupa lahan perkebunan. Di bagian utara, timur, selatan dan baratnya merupakan lahan perkebunan yang menghijau ditumbuhi pepohonan. Untuk kawasan bagian timurnya, selepas berbatasan dengan lahan perkebunan disambung dengan lahan pesawahan yang subur. Lahan perkebunannya ditanami berbagai jenis pepohonan dari pohon buah-buahan dan pohon penghasil kayu. Pohon buah-buahan yang ditanaminya diantaranya pohon mangga, pisang, kelapa, dan buah-buahan lainnya, sementara pohon penghasil kayu diantaranya albasiah, mahoni dan pohon kayu lainnya.

Pemukiman penduduk Kampung Bantarjambe berada di perlintasan jalan kecil antardesa yang menghubungkan pemukiman penduduk Kampung Karamat di wilayah Desa Cigintung dan pemukiman Kampung Baros di wilayah Desa Pakualam. Sehingga posisi Kampung Bantarjambe memiliki akses tidak terlalu mudah jika diakses menggunakan kendaraan, dikarenakan akses jalannya yang cukup curam, khususnya dari Kampung Karamat. Dan kendaraan yang bisa mengakses berupa kendaraan roda dua, tidak bisa diakses menggunakan kendaraan roda empat. Akses dari Kampung Karamat berasal dari arah barat, sementara akses ke Kampung Baros berada di sebelah timur.

Pemukiman penduduk Kampung Bantarjambe memiliki populasi paling sedikit jika dibandingkan dengan pemukiman penduduk lainnya yang ada di Desa Cigintung. Terakhir sekitar lima rumah saja yang masih ada di pemukiman Kampung Bantarjambe. Sebagaimana disebutkan oleh akun youtube Baraya Sumedang, penduduk yang masih tinggal di Kampung Bantarjambe sekitar empat keluarga saja. Sebelumnya, pemukiman Kampung Bantarjambe dihuni oleh penduduk yang terbilang banyak. Namun ketika kawasan Kampung Bantarjambe menjadi bagian dari kawasan Green Belt bendungan Jatigede, banyak penduduk Kampung Bantarjambe yang sengaja pindah ke areal yang lebih tinggi, khususnya di Kampung Karamat.

Jika melihat data peta yang terbit di jaman penjajahan Belanda, wilayah pemukiman penduduk Kampung Bantarjambe sudah muncul pada peta yang terbit pada tahun 1911. Pada peta tersebut menunjukkan pemukiman penduduk Kampung Bantarjambe di lokasi sekarang dengan kapasitas pemukiman yang cukup besar di dekat kawasan pesawahan dengan diberi nama Bantarjambe (ditulis: Bantardjambe). Kemudian pada peta yang terbit tahun 1935 dan tahun 1943 juga menunjukkan pemukiman penduduk yang sama dengan sedikit perubahan geometri pemukimannya, dengan sedikit perubahan nama menjadi Bantarjambe 2 (ditulis: Bantardjambe 2).

Secara kewilayahan, Kampung Bantarjambe berada dalam cakupan wilayah Dusun Karamat bersama dengan Kampung Karamat.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 18 Februari 2024

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang