loader

DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumedang

DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumedang

Kategori: Partai Politik (Parpol)

Alamat: Jl. Palasari Gang PLN No. 55 PAV Rt. 02/05 Kelurahan Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

642

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlolasi di kawasan Jalan Palasari Kota Sumedang, masuk Gang PLN

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Jl. Palasari Gang PLN No. 55 PAV Rt. 02/05 Kelurahan Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
psisumedang@gmail.com
Website
Peta Lokasi

Partai Solidaritas Indonesia atau disingkat dengan PSI merupakan sebuah partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) yang diselenggarakan di negara Indonesia. Parpol ini ada berawal dari obrolan di sebuah cafe dengan melibatkan lima orang anak muda yaitu Raja Juli Antoni, Grace Natalie, dan Isyana Bagoes Oka, serta dua anak muda lainnya. Pertemuan dilakukan tidak lepas dari fenomena terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden pada Pilpres 2014. Dalam pertemuan tersebut, didiskusikan soal reformasi partai politik hingga membuahkan keinginan mendirikan parpol. Beberapa inisiator tersebut telah saling mengenal dan mempunyai cara pandang yang sama tentang situasi politik terkini.

Partai ini didirikan pada tanggal 16 November 2014 sesuai Akta Notaris Widyatmoko, S.H. Nomor 14 Tahun 2014. Kemudian di tanggal yang sama, Dewan Pimpinan Pusat PSI (DPP PSI) mengajukan secara resmi surat pendaftaran sebagai partai politik. Selanjutnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia secara resmi meminta DPP PSI untuk melengkapi syarat-syarat pembentukan partai politik sesuai dengan Undang-Undang No. 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik.

Seluruh pengurus PSI di semua level kepemimpinan kemudian melengkapi syarat-syarat pembentukan partai ini guna memastikan PSI lolos verifikasi Kemenkumham. Dan akhirnya, PSI dinyatakan resmi menjadi Badan Hukum setelah melalui verifikasi Kementerian Hukum dan HAM pada tanggal 7 Oktober 2016. Partai ini menjadi satu-satunya partai politik baru yang lolos seleksi badan hukum pasca Pilpres 2014. Pada gelaran Pemilu 2019 Partai ini menjadi peserta pemilu dengan nomor urut 11.

Setelah resmi dinyatakan menjadi Parpol peserta Pemilu 2019, PSI langsung membuat terobosan dalam hal seleksi calon anggota legislatif. Proses seleksi calon anggota legislatif digelar secara transparan, terbuka, dan disiarkan langsung di semua media sosial milik PSI. Tujuannya, agar publik bisa mengetahui dan ikut menilai siapa calon-calon anggota legislatif yang bakal mewakili suara mereka di DPR RI dan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sebanyak 45 persen caleg PSI di Pemilu 2019 adalah perempuan, tertinggi di antara partai-partai lain. Ini jauh di atas syarat keterwakilan minimal perempuan yang hanya 30 persen. PSI tidak memasang target khusus jumlah caleg perempuan yang harus diusung. Hal terpenting, caleg perempuan yang diusung PSI melebihi 30 persen sesuai yang disyaratkan oleh UU.

Sebagaimana partai politik lainnya yang ada di Indonesia, PSI memiliki kepengurusan dari tingkat pusat hingga tingkat daerah. Untuk tingkat Kabupaten Sumedang, PSI memiliki struktur kepengurusan dengan nama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Kabupaten Sumedang. DPD PSI Kabupaten Sumedang memiliki sekretariat yang beralamat di Jl. Palasari Gang PLN No. 55 PAV Rt. 02/05 Kelurahan Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang.

Kepengurusan DPD PSI Kabupaten Sumedang dibentuk berdasarkan pada Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia dengan Nomor: 178/SK/DPP/2022 tertanggal 15 Februari 2022. Surat Keputusan tersebut berisi tentang Pengangkatan Susunan Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia Kabupaten Sumedang. Berdasarkan SK DPP PSI tersebut, DPD PSI Kabupaten Sumedang dipimpin oleh Firman Firdaus didampingi Sekretaris Ikmal Saputra dan Bendahara Nina Agustina.

Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Partai Solidaritas Indonesia telah sah menjadi salah satu pesertanya. Untuk nomor urut parpol yang dipakainya menggunakan nomor urut baru hasil undian yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang berbeda dengan nomor urut pada Pemilu 2019. Ini dikarenakan hasil Pemilu 2019 tidak lolos ambang batas parlemen. Nomor Urut Partai Solidaritas Indonesia pada Pemilu 2024 adalah 15.

Pada Pemilu tahun 2019, Partai Solidaritas Indonesia tidak berhasil menempatkan wakilnya di DPRD Kabupaten Sumedang. Dan menatap Pemilu 2024, DPD Partai Solidaritas Indonesia sudah siap menghadapi dengan berbagai persiapan termasuk sudah mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang. Pada Pemilu 2024, DPD Partai Solidaritas Indonesia memiliki target untuk bisa membentuk satu fraksi di DPRD Kabupaten Sumedang atau satu kursi di tiap Daerah Pemilihan (Dapil).

(Sumber: dari berbagai sumber)

Galeri Foto Lokasi
user

Sekretariat DPD PSI Kabupaten Sumedang

/
16 November 2014
Jl. Palasari Gang PLN No. 55 PAV Rt. 02/05 Kelurahan Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang
psisumedang@gmail.com
Partai Solidaritas Indonesia - Sumedang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With