loader

Curug Cipelah

Curug Cipelah

Kategori: Wisata Air

Alamat: Dusun Bangbayang Desa Bangbayang Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

1.299

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di sebelah tenggara Kampung Bangbayang Desa Bangbayang

Hanya bisa diakses dengan berjalan kaki melewati kawasan pesawahan dan perbukitan

Tidak dilewati angkutan umum

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Dusun Bangbayang Desa Bangbayang Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Curug Cipelah merupakan sebuah air terjun yang berlokasi di kawasan Desa Bangbayang Kecamatan Situraja. Tepatnya berada di kawasan hutan di sebelah tenggara Kampung Bangbayang, dengan jarak tempuh sekitar 900 meter menyusuri kawasan pesawahan penduduk dan melintasi jalan setapak mengikuti aliran anak sungai Cicapar.

Curug Cipelah berada di kawasan hutan yang masih rindang dengan pepohonan dengan akses yang masih menyulitkan. Untuk bisa mencapainya, belum ada petunjuk arah atau jalan, sehingga bagi yang belum pernah ke curug ini baiknya meminta diantar kepada penduduk sekitar (penduduk Kampung Bangbayang) atau kepada orang yang pernah berkunjung ke Curug Cipelah.

Secara lokasi, Curug Cipelah ini masih berada di satu kawasan dengan Curug Cikidang. Kedua curug ini tidak terlalu berjauhan jaraknya, sekitar 800 meteran jarak antara keduanya. Hanya saja akses jalan yang digunakannya yang berbeda. Untuk mencapai Curug Cipelah, pengunjung harus menyeberangi aliran Sungai Cicapar ke arah timur Kampung Bangbayang. Setelah melintasi aliran sungai melalui jembatan bambu, pengunjung akan melintasi kawasan pesawahan dan perbukitan. Perjalanan akan diakhiri dengan aliran sungai melalui tebing berbatu, dengan suasana alam yang sangat alami. Walaupun harus ditempuh dengan perjalanan yang melelahkan, pengunjung akan disambut dengan suasana yang menyegarkan serta pemandangan yang indah.

Berbeda dengan air terjun yang lain, khususnya Curug Cikidang, Curug Cipelah mengalirkan air tidak tidak langsung jatuh ke bawah, namun mengalir melalui bebatuan yang berada di tebih yang curam. Hanya di bagian atasnya saja yang berupa air terjun bebas yang disambut sedikit hamparan bebatuan, selanjutnya air mengalir melintasi tebih berbatu sampai ke bawah hingga mengalir ke anak sungai Cicapar.

Curug Cipelah ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berpetualang di alam. Suasana alamnya yang belum tersentuh oleh tangan-tangan manusia, sangat cocok untuk berlibur di alam yang masih sangat alami. Apalagi akses jalan untuk menuju ke lokasi curug ini yang cukup menantang. Tidak mudah untuk mengaksesnya apalagi jika tidak dibarengi dengan penunjuk jalan.

Untuk bisa berkunjung ke Curug Cipelah ini, pengunjung bisa membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor atau mobil. Karena belum ada angkutan umum yang memiliki trayek ke kawasan Desa Bangbayang ini, kecuali mencarter angkutan umum seperti angkot (Angkutan Umum Perkotaan) atau angdes (Angkutan Umum Pedesaan). Hanya saja kendaraan hanya bisa digunakan sampai ke Kampung Bangbayang saja. Untuk selanjutnya harus dilanjut dengan berjalan kaki menyusuri kawasan pesawahan dan perbukitan ke arah timur.

Untuk bisa sampai ke wilayah Desa Bangbayang, khususnya Kampung Bangbayang, pengunjung bisa menggunakan titik akses di pertigaan Loji di jalan raya yang menghubungkan kota Sumedang dengan Situraja. Dari pertigaan Loji menuju ke arah selatan melintasi jalanan yang menanjak memasuki wilayah Desa Ambit. Dari pertigaan Loji untuk sampai ke lokasi Kampung Bangbayang sekitar 11 km. Jika membawa kendaraan pribadi, maka pengunjung bisa memarkir kendaraannya di Kampung Bangbayang, dititip di penduduk setempat.

Galeri Foto Lokasi
user

Curug Cipelah di kawasan Kampung Bangbayang Desa Bangbayang

user

Curug Cipelah bagian atas di Kampung Bangbayang Desa Bangbayang

user

Curug Cipelah bagian bawah di Kampung Bangbayang Desa Bangbayang

user

curug_cipelah_1.jpg

/
Dusun Bangbayang Desa Bangbayang Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang
Wisata air

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With