Logo Kampung Bangbayang, Bangbayang

Kampung Bangbayang, Bangbayang

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di ujung jalan besar Desa Bangbayang
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati angkutan umum
  4. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik bus Medal Sekarwangi atau Angkot 24 jurusan Terminal Ciakar - Wado dan Angkot 06 jurusan Terminal Ciakar - Situraja. Turun di pertigaan Loji, dilanjut naik ojeg ke arah selatan sekitar 11 km

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Bangbayang Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Bangbayang merupakan sebuah kampung yang berada di wilayah Desa Bangbayang Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian timur wilayah Desa Bangbayang. Jaraknya cukup jauh pusat pemerintahan Desa Bangbayang, sekitar 2,8 km ke arah tenggara dari Kantor Desa Bangbayang menyusuri jalan besar ke arah utara terlebih dahulu kemudian memutar ke arah timur dan selatan. Jika menggunakan garis lurus, sebenarnya posisinya tidak terlalu jauh, sekitar satu km dari kantor Desa Bangbayang.

Kampung Bangbayang berada di kawasan lereng pegunungan, tepatnya lereng utara Pasir Manggu. Walau berada di lereng pegunungan, namun lokasi Kampung Bangbayang ini berada di kawasan yang cukup landai. Ketinggian elevasi kawasan pemukiman penduduk Kampung Bangbayang ini sekitar 650 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kampung Bangbayang ini dikelilingi oleh kawasan perkebunan dan kawasan pesawahan. Bagian selatan dan barat Kampung Bangbayang merupakan kawasan perkebunan dengan dominasi pepohonan kayu, sementara di bagian timur dan utaranya merupakan lahan pesawahan. Kampung Bangbayang ini diapit oleh dua aliran sungai di sebelah timur dan baratnya, Sungai Cicapar dan anak sungainya. Keduanya mengalir dari sebelah selatan ke bagian utara.

Kampung Bangbayang merupakan salah satu kampung dengan jumlah penduduk yang cukup banyak, walaupun tidak sebanyak penduduk Kampung Sadarayna. Kampung Bangbayang dihuni sekitar 70-an pemukiman penduduk yang tersebar di satu lokasi. Pola sebaran pemukimannya memanjang dari utara ke arah selatan, dengan tidak mengikuti alur jalan besar yang melintasi kawasan Kampung Bangbayang. Sehingga sebagian pemukiman penduduknya tidak memiliki akses ke jalan besar secara langsung, karena tidak berada di pinggir jalan besar. Pemukiman yang berada di bagian utara berada di kawasan lebih rendah jika dibandingkan dengan pemukiman di bagian selatan. Pemukiman di bagian utara juga lebih rapat jika dibandingkan dengan pemukiman di bagian selatan yang terlihat cukup renggang dengan adanya tanaman di halaman rumah dan antar-pemukiman penduduk.

Mata pencaharian penduduk Kampung Bangbayang sebagian besar merupakan petani dengan lahan garapan berupa lahan perkebunan dan lahan pesawahan. Sebagian lainnya bergerak dalam industri rumah tanggga. Produk yang dihasilkan oleh penduduk Kampung Bangbayang diantaranya adalah padi, kopi, gula merah, sapu injuk dan sapu uyun.

Selain potensi pertanian yang ada di Kampung Bangbayang ini, potensi lainnya adalah potensi alam sekitar Bangbayang yang bisa dijadikan lokasi wisata. Salah satu potensi yang bisa digali dan ditata adalah Curug Cikidang dan Curug Cipelah. Kemudian potensi lainnya adalah madu dari lebah yang ada di hutan sekitaran Kampung Bangbayang.

Untuk fasilitas umum yang ada di Kampung Bangbayang ini salah satunya adalah fasilitas ibadah berupa masjid. Untuk fasilitas lainnya seperti pendidikan, tidak ada fasilitas sekolah di Kampung Bangbayang ini. Untuk jenjang pendidikan dasar, fasilitas terdekat adanya di Kampung Sadayarna yaitu SD Negeri Bangbayang. Sehingga, bagi penduduk Kampung Bangbayang yang ingin menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan sekolah dasar, harus pergi sejauh 2,8 km dengan menggunakan jalan besar.

Secara kewilayahan, Kampung Bangbayang termasuk wilayah Dusun Bangbayang. Kampung Bangbayang ini terbagi ke dalam dua wilayah Rukun Tetangga yaitu RT 007 dan RT 008 dan berada di wilayah Rukun Warga (RW) 02.

Akses ke Kampung Bangbayang cukup mudah karena sudah dilintasi jalan besar, hanya saja jalannya untuk menuju lokasi kampung ini harus melintasi tanjakan terlebih dahulu. Akses jalannya bisa dilalui menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat namun tidak dilewati angkutan umum. Akses masuk ke Kampung Bangbayang ini bisa melalui pertigaan Loji di jalan raya yang menghubungkan kota Sumedang dengan Situraja. Jika berada di jalur kota Sumedang ke Situraja, belok ke kanan di pertigaan Loji melewati gerbang masuk ke Desa Ambit. Dari sini lanjut naik ojeg ke arah selatan dengan jalur jalan yang didominasi tanjakan ke Kampung Bangbayang dengan jarak sekitar 11 km.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 01 Juni 2022

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang