Logo Babakan Regol, Sukajaya

Babakan Regol, Sukajaya

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di ujung utara wilayah Desa Sukajaya
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua secara langsung
  3. Dilintasi angkutan umum secara tidak langsung yaitu Angkot 04 jurusan Sumedang - Cileunyi

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang

Page Facebook

Babakan Regol


Lokasi

Babakan Regol merupakan suatu kawasan pemukiman penduduk yang berada di wilayah Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di ujung utara wilayah Desa Sukajaya dan berbatasan langsung dengan Kelurahan Regol Wetan. Jarak dengan pusat pemerintahan Desa Sukajaya sekitar 750 meter ke arah barat melintasi jalan raya Cut Nyak Dien dan jalan Gunung Puyuh.

Ada kemungkinan Babakan Regol dibangun oleh penduduk Regol kota Sumedang dengan cara membuat pemukiman baru yang terletak di seberang sungai dari kawasan Regol, sehingga dikenal dengan nama Babakan Regol. Antara Lingkungan Regol dengan Babakan Regol sendiri terpisahkan oleh aliran Sungai Cipicung yang mengalir dari arah barat ke arah timur. Aliran Sungai Cipicung sendiri saat ini berdampingan dengan alur jalan raya Cut Nyak Dien yang melingkari kawasan selatan kota Sumedang.

Pemukiman Babakan Regol sendiri dibatasi oleh lahan pesawahan dan aliran Sungai. Sebelah utara kawasan pemukimannya dibatasi aliran Sungai Cipicung dan di sebelah timurnya dibatasi aliran Sungai Cileuleuy yang bertemu dengan aliran Cungai Cipicung di sebelah timur laut pemukiman Babakan Regol dan kemudian bermuara di alirang Sungai Cipeles. Sementara di bagian barat dan selatan kawasan pemukiman penduduk Babakan Regol merupakan lahan pesawahan.

Akses masuk ke kawasan pemukiman Babakan Regol ini terletak di bagian utara yang terhubung dengan jalan Cut Nyak Dien. Aksesnya berupa jalan gang yang cukup besar yang dikenal dengan nama Gang Sukaraja I. Akses lainnya berupa jembatan kecil di bagian timur melintasi aliran Sungai Cileuleuy terhubung dengan kawasan Kelurahan Cipameungpeuk.

Pemukiman penduduk Babakan Regol cukup padat dengan jarangnya pekarangan yang memisahkan antarpemukiman penduduk. Kerapatan pemukimannya cukup rapat di lokasi dengan lebar timur ke barat sekitar 170 meter dan panjang utara ke selatan sekira 175 meter. Luas wilayah yang digunakan sebagai pemukiman penduduknya sekitar 1,6 hektar. Jumlah pemukiman penduduk Babakan Regol sekitar 117 rumah. Pola sebaran pemukimannya terkonsentrasi di satu lokasi, dengan akses masuk menggunakan jalan gang yang terhubung dengan jalan utama yang memanjang dari utara ke selatan.

Untuk fasilitas umum yang ada di Babakan Regol salah satunya adalah fasilitas peribadahan berupa masjid yang berlokasi di bagian barat kawasan pemukiman penduduk. Kemudian ada lagi fasilitas olahraga berupa lapangan bola voli yang terletak di ujung selatan pemukiman penduduk. Dan untuk fasilitas pendidikan formal, tidak ada di Babakan Regol. Sehingga bagi penduduknya yang ingin menyekolahkan anak-anaknya harus menyeberang ke lingkungan seberang ke SD Negeri Sukaraja I atau SD Negeri Sukaraja II yang terletak di Jalan Empang, dengan jarak sekitar 500 meter ke arah utara melintasi jalan raya.

Secara kewilayahan, Babakan Regol ini termasuk dalam wilayah Rukun Warga (RW) 01. Wilayah RW 01 di Babakan Regol terbagi ke dalam tiga wilayah Rukun Tetangga (RT) yaitu RT 01, 02, dan RT 03.

Akses ke Babakan Regol cukup mudah karena lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya yang dilewati angkutan umum. Hanya saja untuk memasuki kawasan pemukiman penduduknya, hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. Jika menggunakan angkutan umum bisa naik Angkutan Umum (Angkot) 04 ketika berada pada jurusan Sumedang - Cileunyi. Turun di gerbang masuk Babakan Regol dilanjut jalan kaki melintasi jembatan Babakan Regol.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 06 September 2022

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang