loader

Alun-alun Surian

Alun-alun Surian

Kategori: Alun-alun

Alamat: Desa Surian Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

322

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di pusat pemerintahan Kecamatan Surian dan Desa Surian

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Tidak dilewati angkutan umum

Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 14, turun di Kampung Cisumur dilanjut naik ojeg atau jalan kaki ke Kampung Surian

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Desa Surian Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Alun-alun Kecamatan Surian terletak di pusat pemerintahan Kecamatan Surian. Alun-alun ini menjadi pusat keramaian dan kegiatan masyarakat, baik kegiatan olahraga atau kegiatan bersantai maupun kegiatan lainnya. Alun-alun Surian ini dikelilingi oleh fasilitas umum lainnya baik pemerintahan maupun pendidikan.

Pada awalnya, Alun-alun Kecamatan Surian berupa lapangan yang ditumbuhi rerumputan menghijau dan dikelilingi oleh pagar dari tembok dan tralis. Selain diberi pembatas pagar, di pinggirannya banyak ditumbuhi pepohonan buah-buahan seperti pohon mangga. Ukuran lapangan Alun-alun Kecamatan Surian ini kisaran 55 meter (panjangnya) dan 35 meter (lebar). Bentuknya memanjang dari utara ke selatan.

Lokasinya berada di pinggir sebelah barat jalan utama yang menghubungkan Desa Pamekarsari dengan Desa Suriamedal. Gerbang masuk utama berlokasi di sebelah timur, berupa akses dari jalan utama. Sisi lainnya dari Alun-alun Kecamatan Surian ini ada jalan yang cukup besar yang mengeliilinginya, yang menjadi akses bagi fasilitas pemerintahan dan pendidikan yang ada di sekitaran Alun-alun Kecamatan Surian.

Jika di sebelah barat Alun-alun berupa jalan besar dan di seberangnya pemukiman penduduk Kampung Surian, maka di sebelah selatannya terdapat kantor Desa Surian. Di sebelah baratnya terdapat SD Negeri Surian dan kantor PGRI Kecamatan Surian. Kemudian di sebelah utaranya terdapat kantor Kecamatan Surian.

Pada tahun 2023, Alun-alun Kecamatan Surian ini menjadi salah satu alun-alun yang direhabilitasi oleh pemerintah Kabupaten Sumedang. Dengan menggunakan anggaran yang berasal dari Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK), penataan Alun-alun Kecamatan Surian ini dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Sumedang melalui Bidang Cipta Karya. Yang mana dalam pelaksanaan pekerjaannya dilakukan oleh pemborong swasta.

Penataan Alun-alun Kecamatan Surian ini sesuai dengan aspirasi masyarakat Kecamatan Surian untuk memiliki ruang publik dan pusat kegiatan masyarakat yang representatif. Penataan alun-alun tersebut sudah direncanakan jauh-jauh hari, dan realisasinya dimulai pada bulan Juni 2023. Berdasarkan rencana, penataan akan selesai pada bulan Oktober di tahun yang sama, walau sempat molor dari waktu yang direncanakan.

Hasil penataan Alun-alun Kecamatan Surian tersebut, lapangan Alun-alun berubah menjadi warna-warni. Lapangannya di beralaskan tembok dan paving blok. Ada dua buah lapangan bola voli melengkapi Alun-alun Surian tersebut, yang terletak di sisi barat, satu di bagian utara dan satu lagi di bagian selatan. Diantara keduanya ada tiang bendera yang digunakan untuk menaikkan bendera merah putih. Di sisi bagian baratnya ada beberapa tempat yang digunakan sebagai taman, begitu juga di sekeliling lapangan alun-alun ada tempat untuk taman. Di pojok timur laut, ada monumen yang menjadi penanda Alun-alun Kecamatan Surian. Di sisi timur yang berbatasan dengan akses jalan utama, ada penanda lokasi berupa tulisan Alun-alun Surian berwarna merah.

Dengan adanya penataan Alun-alun Surian tersebut, kegiatan masyarakat di lokasi alun-alun semakin bertambah. Banyak warga yang sengaja mengisi kegiatan di area alun-alun tersebut, baik kegiatan olahraga (bola voli dan jogging/lari) maupun kegiatan lainnya, terutama di waktu sore hari. Kegiatan formal yang dilaksanakan di Alun-alun Surian ini diantaranya adalah kegiatan upacara bendera.

Galeri Foto Lokasi
user

Alun-alun Surian sebelum penataan

user

Proses penataan Alun-alun Surian

user

Hasil penataan Alun-alun Surian

user

Penanda lokasi Alun-alun Surian

/
Desa Surian Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With