Logo SMA Negeri 1 Cimalaka

SMA Negeri 1 Cimalaka

SMA

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya yang menghubungkan Tanjungkerta dengan Cimalaka
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Pedesaan Sumedang - Citimun dan Angkutan Umum Perkotaan Sumedang - Cisumur

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

1965

Alamat Lengkap

Jalan Tanjungkerta - Cimalaka No. 120 Sumedang

Nomor Telepon

0261-202745

Email

smansatu.cimalaka@yahoo.com

Web Site

SMAN Negeri 1 Cimalaka

Akun Twitter

@SMAN1_CIMALAKA

Page Facebook

Sman 1 Cimalaka


Lokasi

SMA Negeri 1 Cimalaka merupakan sebuah sekolah menengah atas yang berlokasi di wilayah Kecamatan Cimalaka. Sekolah ini berstatus negeri dan menyelenggarakan kegiatan pendidikan untuk jenjang menengah atas. Berdasarkan sejarahnya, SMA Negeri 1 Cimalaka merupakan sekolah menengah atas negeri kedua yang berdiri di wilayah Sumedang.

SMA Negeri 1 Cimalaka berdiri di wilayah Desa Licin, di pinggir jalan raya yang menghubungkan wilayah Kecamatan Tanjungkerta dengan Cimalaka. Sekolah ini menjadi sekolah jenjang menengah atas kedua yang berdiri di wilayah Kabupaten Sumedang setelah SMA Negeri 1 Sumedang. Sehingga, sekolah ini memiliki perjalanan sejarah yang panjang, terutama berkaitan dengan pergantian nama sekolah.

Pada awal berdirinya, sekolah ini memiliki nama Sekolah Tehnik Menengah (STM) Pertanian. Belum diketahui kapan mulai berdirinya sekolah ini, hanya saja berdasarkan data pembangunan gedung sekolahnya sendiri dimulai dengan peletakan batu pertama pada tanggal 22 Mei 1965. Untuk pendiriannya sendiri, secara sekolah didirikan dan dioperasionalkan berdasarkan pada surat keputusan nomor 0236/O/1973 tertanggal 18 Desember 1973 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam perjalanannya, sekolah ini kemudian berganti nama menjadi SMPP yang merupakan singkatan dari Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan. Setelah menjadi SMPP Negeri Sumedang, barulah berganti menjadi Sekolah Menengah Atas yang pada waktu itu memiliki nama SMA Negeri 2 Sumedang. Dan sekitar tahun 1997 berubah lagi menjadi SMA Negeri 1 Cimalaka sampai dengan sekarang.

Dalam menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajarnya, SMA Negeri 1 Cimalaka dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang baik. Berbagai fasilitas telah tersedia seperti ruang kelas, laboratorium Kimia, laboratorium Fisika dan Biologi serta laboratorium Bahasa, perpustakaan. Ditambah dengan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya seperti lapangan upacara, lapangan olahraga (tenis lapangan, bola basket, bola voli, dan bulutangkis), masjid, toilet, kantin dan lahan parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Selain kegiatan belajar-mengajar yang sifatnya intrakurikuler, di SMA Negeri 1 Cimalaka juga terdapat berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Cimalaka adalah: PAI (Pendidikan Agama Islam) atau Rohis, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Pelajar Pencinta Alam (PPA) Bhuanawarman, Pramuka, PMR, KIR, Majalah Dinding, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), dan berbagai jenis olahraga seperti sepakbola, bola voli dan bola basket.

Berbagai jenis prestasi telah diraih oleh SMA Negeri 1 Cimalaka baik yang melihatkan tenaga pengajarna maupun peserta didiknya. Baik itu prestasi yang berkaitan dengan pelajaran maupun di luar pelajaran. Beberapa prestasi yang telah diraih oleh SMA Negeri 1 Cimalaka diantaranya adalah Guru Teladan    Dinas Pendidikan Proppinsi Jawa Barat tahun 2000, Kepala Sekolah Berprestasi    Dinas Pendidikan    Propinsi (2007), dan berbagai penghargaan Satya Lencana    dari Presiden Republik Indonesia untuk tenaga pengajar di SMA Negeri 1 Cimalaka.

Perkembangan selanjutnya, SMA Negeri 1 Cimalaka memiliki lahan tambahan yang berasal dari lokal bekas SMA Pasundan Cimalaka yang lokasinya tepat di belakang kampus SMA Negeri 1 Cimalaka.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 21 Juli 2016

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang