Sekilas Kontak

Berdiri

31 Januari 1981

Alamat Lengkap

Jl. Gunung Puyuh No. 5 Sumedang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum
  4. Bisa menggunakan angkutan ojeg dari jalan Jl. Cut Nyak Dien Gunung Puyuh ke arah selatan sekitar 300 meter atau jalan kaki

Desa Sukajaya merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan. Lokasinya berada di bagian tengah wilayah kecamatan dengan bentang wilayah memanjang dari sebelah selatan wilayah perkotaan Sumedang sampai ke selatan dan berbatasan dengan Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Pamulihan.

Berdasarkan sejarahnya, Desa Sukajaya merupakan sebuah desa pemekaran. Pada awalnya, wilayah Desa Sukajaya merupakan bagian dari wilayah Desa Margasuka yang mencakup juga wilayah Desa Margamekar. Sebelum pemekaran, wilayah Desa Margasuka mencakup kawasan yang sangat luas mencakup bagian tengah wilayah Kecamatan Sumedang selatan sampai ke ujung selatan. Pada tahun 1980, Desa Margasuka dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Margamekar dan Desa Sukajaya. Pemekaran wilayah Desa Margasuka ini dilakukan berdasarkan pada Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Barat tertanggal 2 Juni 1980 Nomor: 993/PM.122-Pem/Sk.1980 tentang Persetujuan dan Pengesahan Pemekaran/Pemecahan Desa di Kabupaten Daerah Tingkat II Sumedang. Surat Keputusan ini disusul dengan Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Sumedang Nomor: 27/Op.440-Pem/Sk/1981 tertanggal 31 Januari 1981 tentang Penunjukan/Pengangkatan Kepala Desa secara Definitif dan Pjs. Kepala Desa serta Pamong Praja lainnya bagi Desa-desa yang Dimekarkan.

Paska pemekaran wilayah, Desa Sukajaya menjadi mewarisi atau menjadi penerus desa induk. Kepala Desa Margasuka yaitu N. Sobari menjadi pejabat Kepala Desa Sukajaya. Sementara wilayah Desa Sukajaya setelah pemekaran wilayah mencakup bagian barat dan utara bekas wilayah desa induk.

Berdasarkan data Kecamatan Sumedang Selatan dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Sukajaya memiliki status sebagai perkotaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya lanjut. Untuk topografisnya, wilayah Desa Sukajaya berada di kawasan dengan bentang permukaan tanah berupa lereng. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada pada 504 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Sukajaya dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Kelurahan Pasanggrahan Baru dan Kelurahan Regol Wetan di sebelah utara, Kelurahan Cipameungpeuk dan Desa Margamekar di sebelah timur, Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung di sebelah selatan serta Desa Cinanggerang Kecamatan Pamulihan, Desa Mekar Rahayu dan Desa Margalaksana di sebelah baratnya. Secara administratif, wilayah Desa Sukajaya terbagi ke dalam 12 wilayah Rukun Warga (RW) dan 40 wilayah Rukun Tetangga (RT).

Untuk luas wilayahnya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2013, Desa Sukajaya memiliki wilayah dengan total luas sebesar 618,16 hektar. Dari luasan wilayah tersebut, sebagian besar dipergunakan sebagai lahan pemukiman, kemudian sebagai lahan pertanian dan lahan lainnya. Luasan lahan yang dipergunakan sebagai kawasan pemukiman atau perumahan dan pekarangan sebesar 230,53 hektar. Kemudian sebesar 177,82 hektar dipergunakan sebagai lahan pertanian berupa lahan pesawahan. Dan sisanya seluas 209,81 dipergunakan sebagai lahan lainnya.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Sukajaya memanjang dari ujung barat daya sampai dengan perbatasan selatan kota Sumedang. Dengan bentuk wilayah tersebut, tidak mengherankan jika wilayah Desa Sukajaya memiliki topografi berupa kawasan lereng. Bagian utara memiliki ketinggian paling rendah dengan permukaan yang hampir sama dengan wilayah perkotaan Sumedang. Semakin ke selatan, wilayahnya semakin meninggi berupa lereng dan berakhir di ketinggian wilayah pegunungan Kareumbi. Bagian utara sampai dengan tengah wilayah Desa Sukajaya merupakan kawasan pertanian yang didominasi oleh lahan pesawahan. Lahan pertanian yang bercampur dengan lahan pemukiman. Sementara bagian selatannya merupakan kawasan kehutanan di lereng Gunung Kareumbi bagian timur laut.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Sukajaya dihuni penduduk sebanyak 6.245 orang. Dengan rincian sebanyak 3.180 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 3.065 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.910 KK. Dan kepadatan penduduknya, untuk setipa kilometer persegi luas wilayah Desa Sukajaya dihuni penduduk rata-rata sebanyak 1.015 orang.

Untuk mata pencaharian penduduknya, belum ditemukan informasi mengenai sebaran penduduk Desa Sukajaya dengan sektor-sektor perekonomiannya.

Namun dengan besaran tata guna lahan yang diperuntukan sebagai lahan pertanian, tidak menutup kemungkinan jika sebagian besar penduduk Desa Sukajaya bekerja di sektor pertanian. Sektor pertanian di Desa Sukajaya didukung oleh lahan pertanian yang subur dan luas, terutama lahan pesawahannya. Walau baru sebagian saja lahan pesawahan yang sudah menggunakan sistem pengairan teknis. Sebagian lahan pesawahannya masih menggunakan sistem pengairan non teknis.

Kemudian sektor pariwisatanya, di Desa Sukajaya terdapat beberapa yang menjadi tujuan wisata baik wisata lokal maupun regional dan nasional. Beberapa diantaranya sudah menjadi tujuan wisata, dan sebagian lainnya perlu dikembangkan kembali. Salah satu yang sudah dikembangkan adalah kawasan Kampung Toga, di mana di tempat ini menyajikan beberapa jenis wisata yang bisa dijadikan tujuan wisatawan. Di sini tersedia wisata air dan juga wisata alam. Tak ketinggalan juga di Kampung Toga terdapat lokasi untuk wisata dirgantara yaitu Paralayang. Bagi yang menggemari wisata dirgantara, tidak ada salahnya untuk datang ke Kampung Toga. Wisata lainnya adalah wisata ziarah ke kawasan Gunung Puyuh. Di tempat ini terdapat beberapa makam keramat karuhun Kerajaan Sumedang dan makam pahlawan nasional Cut Nyak Dien. Kemudian wisata yang perlu dikembangkan adalah wisata sejarah yang menyajikan kawasan peninggalan penjajah Belanda. Di wilayah Desa Sukajaya terdapat beberapa tempat yang dijadikan lokasi benteng penjajah Belanda seperti di Pasir Kolecer, Pasirlaja dan Darmaga.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 17 September 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang