Logo Kelurahan Pasanggrahan Baru

Kelurahan Pasanggrahan Baru

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum seperti Angkutan Umum Perkotaan 04 (Cileunyi - Sumedang) dan 07 Sumedang - Samoja

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

14 Agustus 2008

Alamat Lengkap

Jl. Pangeran Kornel No. 125 Sumedang

Web Site

Kelurahan Pasanggrahan


Lokasi

Kelurahan Pasanggrahan Baru merupakan sebuah kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan. Lokasinya berada di bagian utara wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Sumedang Utara. Wilayahnya mencakup juga pusat Kecamatan Sumedang Selatan.

Kelurahan Pasanggrahan Baru merupakan kelurahan baru yang merupakan pengembangan dari wilayah Kelurahan Pasanggrahan. Pada awalnya, Kelurahan Pasanggrahan Baru adalah bagian dari wilayah Kelurahan Pasanggrahan dan bersatu dengan wilayah Desa Margalaksana dan Desa Mekar Rahayu. Dikarenakan luasnya cakupan wilayah Kalurahan Pasanggrahan pada waktu itu, wilayahnya dimekarkan menjadi tiga wilayah. Dan untuk Kelurahan Pasanggrahan Baru, statusnya tidak berubah sebagaimana dua wilayah lainnya yang mengalami perubahan status menjadi desa.

Pemekaran wilayah Kelurahan Pasanggrahan ini berdasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang No. 10 Tahun 2018 tentang Penghapusan Kelurahan Pasanggrahan, Pembentukan Kelurahan Pasanggrahan Baru, Desa Margalaksana dan Desa Mekar Rahayu. Perda ini ditetapkan pada 14 Agustus 2008 dan ditandatangani langsung oleh Bupati Kabupaten Sumedang yang menjabat saat itu. Paska pemekaran wilayah kelurahan ini, Kelurahan Pasanggrahan Baru mewarisi posisi wilayah induknya dengan memiliki pusat pemerintahan di Samoja. Sementara untuk wilayahnya sendiri, Kelurahan Pasanggrahan Baru mencakup bagian utara bekas wilayah kelurahan induknya.

Berdasarkan data Kecamatan Sumedang Selatan dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Kelurahan Pasanggrahan Baru memiliki status sebagai perkotaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya lanjut. Secara topografi, wilayah Kelurahan Pasanggrahan Baru berada di kawasan dengan bentuk bentang permukaan tanah berupa dataran. Ketinggian wilayah dimana kantor kelurahan berada pada 541 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Kelurahan Pasanggrahan Baru dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Ciherang, Desa Girimukti dan Desa Padasuka (kedua terakhir termasuk Kecamatan Sumedang Utara), Kelurahan Kotakulon dan Desa Sukajaya di sebelah timur, Desa Margalaksana dan Desa Mekar Rahayu di sebelah selatan, serta Desa Mekar Rahayu dan Desa Ciherang di sebelah baratnya. Secara administratif, wilayah Kelurahan Pasanggrahan Baru terbagi ke dalam 14 lingkungan kerja yaitu Lingkungan Genteng dan Parigi, Lingkungan Kebonkalapa, Lingkungan Sindangpalay, Lingkungan Sawahbera dan Warungjambu, Lingkungan Lebakhuni, Lingkungan Pasanggrahan, Lingkungan Salareuma, Legokbungur dan Cibuah, Lingkungan Samoja, Cinunuk dan Rahong, Lingkungan Ciguling, Lingkungan Anjung, Lingkungan Cimareme, Lingkungan Cikondang, Gununggadung dan Cikopo, serta Lingkungan Cilipung dan Banceuy. Sementara jumlah wilayah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak 16 RW dan 64 RT.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Kelurahan Pasanggrahan Baru berada di perlintasan jalan yang menghubungkan kota Sumedang dengan kota Bandung, di sebelah barat kota Sumedang. Wilayah Kelurahan Pasanggrahan Baru relatif datar dengan beberapa tempat berupa lereng terutama di bagian barat daya. Wilayah Kelurahan Pasanggrahan Baru didominasi oleh lahan menghijau yang menunjukkan lahan pesawahan bercampur dengan lahan pemukiman penduduk. Lahan pesawahan yang paling luas terletak di bagian utara dan bagian timur. Kawasan pemukiman tersebar dengan konsentrasi di sepanjang jalan yang menghubungkan kota Sumedang - Bandung.

Terkait jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Kelurahan Pasanggrahan Baru dihuni penduduk sebanyak 11.769. Melihat jumlahnya, penduduk Kelurahan Pasanggrahan Baru merupakan yang paling besar jika dibandingkan dengan penduduk desa/kelurahan lain yang berada di Kecamatan Sumedang Selatan. Rinciannya adalah sebanyak 6.116 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 5.653 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 3.564 KK. Sementara kepadatan penduduknya, untuk tiap kilometer persegi luas wilayah Kelurahan Pasanggrahan Baru dihuni penduduk rata-rata sebanyak 3.155 orang.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 20 September 2017

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang