Sekilas Kontak

Berdiri

8 Januari 1982

Alamat Lengkap

Jalan Pasireungit Desa Pasireungit Kecamatan Paseh

Web Site

Desa Pasireungit


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilaewati angkutan umum

Desa Pasireungit merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Paseh. Lokasinya di sebelah timur ibu kota kecamatan dengan jarak sekitar 3 km. Secara status, Desa Pasireungit memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadana. Desa Pasireungit pada awalnya merupakan wilayah Desa Cijambe. Namun kemudian dimekarkan menjadi dua desa, Desa Cijambe dan Desa Pasireungit pada tanggal 8 Januari 1982. Pemekaran ini berdasarkan pada Keputusan Bupati Sumedang No. 112/OP.023/BUP/1982.

Secara topografi, bentang wilayah Desa Pasireungit berbentuk dataran dan lereng perbukitan. Sementara ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 437 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Desa Pasireungit terdiri atas dua dusun, dengan lima Rukun Warga (RW) dan 19 Rukun Tetangga (RT). Dan secara geografis, Desa Pasireungit dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Padanaan dan Desa Paseh Kidul di sebelah utara, Desa Paseh Kidul di sebelah barat, Desa Cijambe di sebelah selatan serta Desa Wanakerta Kecamatan Situraja di sebelah baratnya.

Berdasarkan data Potensi Kecamatan Paseh tahun 2013, luas wilayah Desa Pasireungit sebesar 274 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa penggunaan, yaitu sebagai lahan sekitar 170 hektar, sebagai lahan perumahan dan pekarangan (pemukiman) seluas 33 hektar. Sisanya digunakan sebagai lahan pertanian kering atau ladang dan tegalan.

Jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Pasireungit, berdasarkan data Potensi Desa tahun 2014 sebanyak 2.349 orang. Rinciannya sebanyak 1.175 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.174 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 857 KK. Kepadatan penduduknya sebesar 875 orang untuk tiap km luas wilayah Desa Pasireungit.

Berkaitan dengan mata pencaharian penduduknya, sebagian besar penduduk Desa Pasireungit bekerja di sektor pertanian. Ini berbanding lurus dengan penggunaan luas wilayah yang sebagian besar digunakan sebagai lahan pesawahan. Produk utamanya sudah barang tentu adalah padi. Selain padi, lahan pertanian di Desa Pasireungit juga menghasilkan produk berupa palawija, tembakau dan sayur-sayuran. Produk tembakau yang dihasilkan Pasireungit merupakan tembakau terbaik yang berada di wilayah Paseh. Selain di bidang pertanian ada juga bekerja di bidang peternakan, industri, perdagangan, konstruksi dan jasa. Sementara peternakan yang ada di Desa Pasireungit menghasilkan produk kambing, sapi dan ayam.

Bidang perindustrian di Desa Pasireungit juga menjadi penyokong perekonomian penduduknya. Industri dengan skala rumahan menghasilkan produk makanan dan mebel. Salah satu produk unggulan hasil industri olahan yang berada di Desa Pasireungit adalah oncom. Produk oncom yang dikenal dengan sebutan Oncom Pasireungit sudah terkenal bukan hanya di wilayah Kabupaten Sumedang saja namun sudah terkenal ke luar wilayah. Produknya tidak hanya berbentuk oncom saja, namun sudah diberlakukan diversifikasi produk menjadi Keripik Oncom dan Abon Oncom.

Berkaitan dengan budaya dan pariwisatanya, di Desa Pasireungit terdapat beberapa seni budaya yang berkembang. Salah satunya adalah seni Tari Umbul. Seni Tari Umbul ini merupakan kesenian khas Desa Pasireungit dan sudah memiliki reputasi terkenal dari penampilan-penampilan Tari Umbulnya di acara-acara tingkat daerah dan tingkat nasional. Seni Tari Umbul telah berkembang bukan hanya di daerah Pasireungit saja namun menyebar ke luar daerah khususnya ke Kecamatan Situraja, khususnya Desa Cijeler. Perkumpulan seni tari yang berada di Desa Pasireungit yang berperan dalam perkembangan seni tari ini bernama Seni Umbul Pangreka Budi. Selain seni tari umbul, ada berbagai tradisi yang berkembang yang bisa memperkaya khasanah kebudyaan di Desa Pasireungit, dan bisa menjadi tujuan wisata bagi wisatawan. Tradisi yang ada di Desa Pasireungit diantaranya adalah Tradisi Ziarah, Tradisi Hajat, dan Tradisi Hajat Uar.

(Dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang dan Desa Pasireungit)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 24 September 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang