Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Mekarasih Kecamatan Jatigede


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Desa Mekarasih merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Jatigede. Lokasinya berada di bagian paling selatan wilayah kecamatan. Jarak dengan ibu kota kecamatan sekitar 13 km. Secara status, Desa Mekarasih memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya mula.

Desa Mekarasih terbentuk sebagai desa pemekaran dari Desa Sukakersa. Secara administratif, wilayah Desa Mekarasih terdiri atas tiga dusun Cibadak, Cilimus dan dusun Cibunut. Jumlah Rukun Warga (RW)-nya sebanyak 3 dan 12 RT. Secara topografis, wilayah Desa Mekarasih memiliki bentuk bentang permukaan wilayah berupa lereng. Ketinggian kantor desanya sekitar 306 meter di atas permukaan laut.

Secara administratif, wilayah Desa Mekarasih dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Ciranggeum di sebelah utara, Desa Sukakersa, Desa Padajaya Kecamatan Wado dan Desa Pawenang Kecamatan Jatinunggal di sebelah barat, Desa Sirnasari dan Desa Sarimekar (keduanya di Kecamatan Jatinunggal) di sebelah selatan dan Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal di sebelah timurnya.

Berdasarkan data Kecamatan Jatigede dalam Angka tahun 2014 keluaran BPS Kabupaten Sumedang, luas wilayah Desa Mekarasih seluas 1.153,70 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa penggunaan, yaitu sebagai lahan pesawahan sebesar 16,04% hektar atau sekitar 185,05 hektar, sebagai lahan pertanian lahan kering seperti ladang dan huma sebesar 6,93% atau sekitar 80 hektar, sebagai lahan pekarangan seluas 0,26% atau sekitar 3 hektar. Sisanya seluas 76,77% atau seluas 885,70 hektar digunakan sebagai peruntukan lainnya seperti tegalan dan kehutanan.

Berdasarkan data Pendataan Potensi Desa tahun 2014, jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Mekarasih sebanyak 1.913 orang. Dengan rincian sebagai berikut: jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki sebanyak 923 orang, sementara penduduk perempuan berjumlah 990 orang. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 624 KK. Kepadatan penduduk Desa Mekarasih sebesar 165,81 orang untuk tiap km luas wilayahnya.

Sebagaimana wilayah lainnya di wilayah Kabupaten Sumedang, sebagian besar penduduk Desa Mekarasih bekerja di sektor pertanian. Pertanian baik sektor pertanian lahan basah seperti menggarap pesawahan maupun lahan kering seperti berladang dan berkebun. Sebagian lainnya bekerja di sektor pertukangan dan peternakan.

Desa Mekarasih memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah terutama pohon bambu. Berbagai jenis tanaman bambu ada di wilayah Desa Mekarasih terutama di Dusun Cilimus. Potensi tanaman bambu yang sebelumnya belum terjamah dan dimanfaatkan tersebut, mulai dimanfaatkan dengan adanya program pengelolaan bambu yang merupakan kerja sama beberapa pihak seperti pemerintah Desa Mekarasih, Udjo Foundation dan Bengkel Hijau Bandung serta pihak lainnya. Ke depannya, diharapkan Desa Mekarasih menjadi sentra bambu di Kabupaten Sumedang.

(Dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 04 September 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang