Sekilas Kontak

Berdiri

31 Januari 1981

Alamat Lengkap

Jl. Terusan Serma Muchtar No. 74 Kode Pos 45321

Web Site

Desa Margamukti


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum secara langsung. Namun bisa menggunakan Angkutan Umum Perkotaan 08 Rancakalong - Sumedang

Desa Margamukti merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Sumedang Utara. Lokasinya berada di bagian barat laut wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Rancakalong di bagian barat serta Kecamatan Tanjungkerta di bagian utaranya. Jarak dengan pusat Kecamatan Sumedang Utara sekitar empat kilometer.

Berdasarkan sejarahnya, sebagaimana disajikan oleh web Desa Margamukti, Desa Margamukti pada awalnya memiliki nama Desa Bendungan dan wilayahnya mencakup wilayah Desa Margamukti saat ini ditambah wilayah Desa Mekarjaya. Desa Bendungan sendiri sudah berdiri semenjak jaman penjajahan Belanda, yaitu tahun 1921. Pada saat Desa Bendungan di bawah kepemimpinan Yaya Soekarya, Desa Bendungan dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Margamukti dan Desa Mekarjaya. Desa Margamukti merupakan bekas desa induk yang berganti nama. Pemekaran Desa Bendungan ini sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Barat tertanggal 2 Juni 1980 Nomor: 993/PM.122-Pem/Sk.1980 tentang Persetujuan dan Pengesahan Pemekaran/Pemecahan Desa di Kabupaten Daerah Tingkat II Sumedang. Surat Keputusan ini disusul dengan Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Sumedang Nomor: 27/Op.440-Pem/Sk/1981 tertanggal 31 Januari 1981 tentang Penunjukan/Pengangkatan Kepala Desa secara Definitif dan Pjs. Kepala Desa serta Pamong Praja lainnya bagi Desa-desa yang Dimekarkan.

Paska pemekaran wilayah desa ini, Desa Margamukti memiliki cakupan wilayah di bagian utara bekas wilayah desa induk. Sementara Desa Mekarjaya berada di bagian selatannya.

Berdasarkan data Kecamatan Sumedang Utara dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Margamukti memiliki status sebagai pedesaan dengan kalsifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografis, wilayah Desa Margamukti berada di kawasan dengan bentuk permukaan tanah berupa perbukitan (berada di kawasan punggung bukit). Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada pada 400 meter di atas permukaan laut. Secaraa geografis, wilayah Desa Margamukti dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut Desa Gunturmekar Kecamatan Tanjungkerta dan Desa Mekarjaya di sebelah utara, Desa Mekarjaya di sebelah timur, Kelurahan Kota Kulon, Desa Padasuka dan Desa Mulyasari di sebelah selatan, serta Desa Sukamaju Kecamatan Rancakalong di sebelah baratnya. Secara administratif, wilayah Desa Margamukti terbagi ke dalam dua wilayah dusun yaitu Dusun Pawenang dan Dusun Cikondang. Sementara jumlah wilayah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak enam RW dan 32 RT.

Untuk luas wilayahnya, sebagaimana disajikan oleh sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Margamukti memiliki wilayah dengan luas total sebesar 261,5 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa jenis tata guna lahan. Tata guna lahan Desa Margamukti yaitu sebagai lahan pertanian, lahan pemukiman dan lahan lainnya. Untuk lahan pertaniannya, Desa Margamukti memiliki besaran wilayah sebesar 79,77 persen dari luas total atau sebanding dengan luasan 208,6 hektar. Lahan pertaniannya terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan pertanian bukan pesawahan. Lahan pesawahan memiliki cakupan luas sebesar 52,26 persen dari luas total (sebanding dengan luas 136,66 hektar) dan lahan pertanian bukan pesawahannya memiliki cakupan luas sebesar 27,51 persen dari luas total atau sebanding dengan 71,94 hektar. Lahan pemukiman yang dipergunakan sebagai tempat perumahan dan pekarangan memakan tempat seluas 19,85 persen, mewakili luasan sebesar 51,91 hektar. Sisanya sebesar 0,38 persen dari luas total dipergunakan keperluan lainnya yang sebanding dengan luasan sebesar 1 hektar.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, Desa Margamukti memiliki wilayah yang memanjang dari barat laut ke arah tenggara. Ujung barat lautnya berbatasan dengan Kecamatan Rancakalong dan Tanjungkerta, sementara ujung tenggaranya berbatasan dengan Kecamatan Sumedang Selatan. Bagian tenggara memiliki ketinggian lebih rendah jika dibandingkan dengan bagian baratnya. Di beberapa tempat terdapat perbukitan, dan ujung barat wilayah Desa Margamukti berada di ketinggian perbukitan. Untuk tata guna lahannya, wilayah Desa Margamukti didominasi oleh lahan petanian baik lahan pesawahan maupun lahan perkebunan. Lahan pesawahannya terutama terletak di bagian ujung tenggara sampai ke wilayah tengah, dan lahan perkebunan utamanya berlokasi di ujung barat laut wilayah Desa Margamekar.

Terkait jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan oleh sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Margamukti memiliki penghuni dengan jumlah sebanyak 4.868 orang. Dengan komposisi sebanyak 2.436 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.432 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.439 KK. Sementara kepadatan penduduknya, untuk setiap kilometer persegi luas wilayah Desa Margamukti dihuni penduduk rata-rata sebanyak 551,34 orang.

Walau Desa Margamukti berdekatan atau berbatasan dengan kota Sumedang, namun untuk mata pencaharian penduduknya sebagian besar bergerak di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Sektor pertanian cukup mendominasi pekerjaan penduduk Desa Margamukti kemudian disusul oleh sektor lainnya seperti sebagai karyawan, pegawai negeri sipil atau militer, sektor jasa dan perdagangan.

Sektor pertanian di Desa Margamukti didukung oleh lahan pertanian yang luas. Sebagian besar wilayahnya dipergunakan sebagai lahan pertanian. Ditambah lagi dengan lahan pesawahannya yang sebagian besar sudah menggunakan sistem pengairan irigasi. Hanya sedikit saja yang belum mendapatkan pengairan irigasi. Tidak heran jika lahan pesawahan di Desa Margamukti memiliki produktivitas yang bagus dalam menghasilkan produk utama berupa padi. Selain menghasilkan padi, dihasilkan juga beberapa jenis palawija seperti jagung, ubi kayu, kedelai, ubi jalar, kacang tanah dan kacang gondolo.

Kemudian lahan perkebunannya juga menghasilkan berbagai jenis buah-buahan seperti jeruk, alpuket, mangga, rambutan, manggis, salak, pepaya, belimbing, durian, sawo, kokosan, pisang, markisa, lengkeng, jeruk nipis, jambu air, nangka, sirsak, melinjo, nanas, jambu kulutuk, petai dan jengkol. Tak ketinggalan juga peternakan dan perikanan dengan hasilnya seperti sapi, kerbau, ayam kampung, bebek, kambing, domba. Perikanannya seperti ikan mas, ikan mujair, ikan lele, ikan nila, ikan gurame, dan belut.

Di Desa Margamukti juga terdapat penduduk yang menggeluti sektor industri yang bergerak dalam pengolahan makanan, pengolahan kayu serta pembuatan batu bata dan genteng. Untuk industri pengolahan makanan, hasilnya adalah telur asin, opak, dendeng ikan nila dan comring.

(Sumber: BPS Kab. Sumedang, Desa Margamukti dan Desa Margamukti)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 23 Maret 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang