Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jalan Raya Mandalaherang Cimalaka


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan raya nasional yang menghubungkan Bandung - Cirebon
  2. Dilewati Angkutan Umum Perkotaan 01 dan 02, Angkutan Pedesaan Sumedang - Buahdua dan Angkutan Antar-Kota yang melewati jalur timur Sumedang
  3. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Desa Mandalaherang merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Cimalaka. Letaknya berada di kaki Gunung Tampomas bagian selatan. Wilayahnya memanjang dari kaki Gunung Tampomas ke arah selatan melewati jalan raya nasional yang menghubungkan Sumedang dengan wilayah timur seperti Majalengka dan Cirebon. Dilihat dari lokasi pusat kecamatan, lokasinya berada di sebelah timur pusat kecamatan dengan jarak sekitar 1,5 km. Desa Mandalaherang terbentuk dari zaman kolonial Belanda dan sampai saat ini belum mengalami perubahan atau pemekaran wilayah.

Berdasarkan data Potensi Kecamatan Cimalaka tahun 2013, Desa Mandalaherang memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya lanjut. Secara topografi, wilayah Desa Mandalaherang memiliki bentang permukaan tanah berupa dataran dengan ketinggian lokasi kantor desa berada 506 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Mandalaherang dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Cibeureum Kulon di sebelah utara dan timur, Desa Cisarua dan Desa Kabonkalapa (kedua berada di Kecamatan Cisarua) di sebelah selatannya, serta Desa Cimalaka dan Desa Licin di sebelah baratnya.

Sementara secara administratif, wilayah Desa Mandalaherang terbagi ke dalam tiga buah dusun, delapan RW dan 32 RT. Tiga dusun yang ada di Desa Mandalaherang yaitu Dusun Mandalaherang yang terdiri dari 3 RW dan 12 RT, Dusun Gelembung yang terdiri dari 3 RW dan 12 RT, dan Dusun Cicelot yang terdiri dari 2 RW dan 8 RT.

Masih berdasarkan sumber yang sama, Desa Mandalaherang memiliki luas wilayah sebesar 407,8 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa penggunaan. Peruntukan lahan yang terbesarnya adalah sebagai lahan pertanian baik pesawahan maupun lahan pertanian kering seperti ladang, huma dan perkebunan. Luas lahan pertaniannya sebesar 231 hektar yang terbagi ke dalam dua jenis: lahan pesawahan seluas 101,7 hektar dan lahan pertanian kering seluas 129,3 hektar. Sisanya seluas 149,8 hektar digunakan sebagai lahan pemukiman dan pekarangan. Dan 27 hektar lagi dipergunakan untuk peruntukan lainnya.

Berdasarkan data Potensi Desa tahun 2014, jumlah penduduk yang menghuni wilayah Desa Mandalaherang sebanyak 5.461 orang. Rinciannya, sebanyak 2.728 orang laki-laki ditambah 2.733 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.363 KK. Kepadatan penduduk Desa Mandalaherang sebesar 1.338 orang untuk tiap kilometer luas wilayahnya.

Berkaitan dengan mata pencaharian penduduknya, sebagian besar warga Desa Mandalaherang bekerja di sektor perdagangan dan pertanian. Dengan lokasinya yang berada di perlintasan jalan nasional, banyak penduduk yang menjalankan usaha perdagangan dan jasa baik sektor formal maupun sektor informasi, mulai dari skala kecil sampai skala besar. Sementara sektor pertanian didominasi oleh penduduk yang berlokasi wilayah Dusun Mandalaherang, karena lokasinya yang berdekatan dengan areal pertanian. Sebagian kecil lainnya, ada penduduk yang bekerja di sektor transportasi dan industri serta konstruksi.

Lahan pertanian pesawahan yang sudah menggunakan sistem pengairan teknis, menghasilkan produk utama berupa padi. Selain dihasilkan lahan pesawahan, produk padi juga dihasilkan oleh lahan ladang (huma) yang berada di Desa Mandalaherang. Produk pertanian lainnya selain padi adalah jagung, ubi kayu, ubi jalar dan kacang tanah. Sementara lahan perkebunannya menghasilkan berbagai jenis buah-buahan seperti alpukat, durian, jambu biji, dan mangga.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang dan KKNM Unpad Mandalaherang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 16 Maret 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang