Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jl. Umar Wirahadikusumah Km. 07 Desa Ganeas Kecamatan Ganeas

Web Site

Desa Ganeas

Akun Twitter

@Desa_Ganeas

Page Facebook

Desa Ganeas

Akun Google+

Desa Ganeas


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya Sumedang - Wado
  2. Dilewati Angkutan Umum baik Angkutan Umum Perkotaan maupun bis seperti bus Medal Sekarwangi dan Andawuri
  3. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Desa Ganeas merupakan sebuah desa yang berada di kawasan Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang. Desa ini memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi desa swakarsa mula.

Berdasarkan data Potensi Desa se-Kecamatan Ganeas 2013, Desa Ganeas memiliki luas wilayah sebesar 194,95 hektar. Luas wilayah Desa Ganeas tersebut terbagi menjadi beberapa fungsi, yaitu sebagai lahan pesawahan sebesar 105,8 hektar, perkebunan (seperti ladang dan huma) seluas 40,73 hektar, lahan hutan seluas 24,88 hektar dan lahan untuk perumahan dan pekarangan seluas 18,15 hektar.

Berdasarkan topografinya, keadaan bentang permukaan wilayah Desa Ganeas termasuk dataran. Sementara ketinggiannya 369 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Desa Ganeas berbatasan langsung dengan Desa Sukaluyu di sebelah timur, Desa Bantarmara Kecamatan Cisarua di sebelah utara, Desa Cikoneng dan Desa Sukawening di sebelah barat, serta Desa Sukawening dan Desa Sukaluyu di sebelah selatannya.

Berdasarkan data Registrasi Penduduk Kecamatan Ganeas 2013, jumlah penduduk Desa Ganeas sebanyak 4.723 orang. Rinciannya adalah sebanyak 2.334 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.389 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sendiri sebanyak 1.414 KK dengan kepadatan penduduk sebesar 24,2 km persegi.

Mata pencaharian utama penduduk Desa Ganeas sebagian besar bergerak di bidang pertanian, terutama pertanian lahan basah (sawah). Sisanya ada yang bergerak di bidang jasa, konstruksi dan perdagangan serta industri. Hasil pertanian yang utama adalah padi yang menghasilkan 2.013 kuintal padi pada tahun 2013. Selain padi, Desa Ganeas juga menghasilkan produk jagung, ubi kayu, buah-buahan. Yang bergerak di bidang diantaranya jasa perdagangan, koperasi dan lembaga keuangan.

Pada tahun tahun 2009 Desa Ganeas meraih penghargaan sebagai desa terbaik dalam lomba Desa di Sumedang. Ini merupakan prestasi untuk desa yang berada di wilayah Kecamatan Ganeas. Kemudian untuk tingkat Provinsi Jawa Barat, Desa Ganeas meraih gelar Juara Harapan. Dan pada tahun 2010, Desa Ganeas terpilih sebagai salah satu desa bersama 99 desa lainnya dalam Program Desa Mandiri Menuju Desa Peradaban Di Jawa Barat.

(Sumber: Wikipedia, BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 11 Juni 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang