Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jalan Raya Ciranggem No. 01 Jatigede

Page Facebook

Desa Ciranggem


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Desa Ciranggem merupakan sebuah desa yang berada di kawasan Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian selatan wilayah kecamatan. Jarak dengan pusat Kecamatan Jatigede sekitar 12 kilometer ke arah selatan. Wilayah Desa Ciranggem berada di bagian timur bendungan Jatigede.

Berdasarkan data Kecamatan Jatigede dalam Angka tahun 2014, pada tahun 2013 Desa Ciranggem memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya mula. Secara topografis, Desa Ciranggem memiliki bentang permukaan tanah berupa lereng perbukitan. Secara geografis, wilayah Desa Ciranggem dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Jemah dan Desa Cisampih di sebelah utara, Des Cisampih di sebelah timur dan Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal di sebelah timur, Desa Mekarasih di sebelah selatan, serta Desa Sukakersa di sebelah baratnya. Desa Sukakersa sudah tenggelam, sehingga bagian barat Desa Ciranggem berbatasan dengan bendungan Jatigede. Secara administratif, wilayah Desa Ciranggem terbagi ke dalam tiga wilayah dusun yaitu Dusun Ciranggem, Dusun Cikandang dan Dusun Pasirkaliki. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak enam RW dan 28 RT.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Ciranggem memiliki luas wilayah sebesar 1.147,6 hektar. Suatu desa yang cukup luas yang jika dibandingkan dengan wilayah desa lainnya di Kecamatan Jatigede. Hanya Desa Mekarasih dan Desa Karedok saja yang luasnya melebihi luas wilayah Desa Ciranggem. Luas wilayah Desa Ciranggem tersebut terbagi ke dalam beberapa penggunaan yaitu sebagai lahan pertanian, lahan kehutanan, permukiman dan lahan lainnya. Wilayah yang dipergunakan sebagai lahan pertanian sebesar 21,08 persen atau sekitar 241,91 hektar. Lahan pertaniannya terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan pertanian bukan pesawahan. Lahan pesawahannya memiliki luasan sebesar 15,42 persen dari luas total atau seluas  176,87 hektar. Dan luas lahan pertanian bukan pesawahannya seluas 65,04 hektar. 5,23 persen dari luas total wilayah Desa Ciranggem merupakan lahan kehutanan rakyat atau seluas 60,02 hektar. Untuk wilayah pemukimannya termasuk pekarangan memiliki besaran sebesar 0,61 persen dari luas total, atau seluas 6,89 hektar. Sisanya sebesar 73,07 persen dipergunakan untuk penggunaan lainnya seperti kawsan kehutanan, fasilitas umum yang setara dengan luasan sebesar 838,55 hektar.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, Desa Ciranggem memiliki wilayah yang membentang dari barat laut yang bersentuhan dengan bendungan Jatigede ke arah tenggara sampai dengan perbatasan antara Kecamatan Jatigede dengan Kecamatan Jatinunggal. Ujung barat laut wilayah Desa Ciranggem saat ini sudah tenggelam oleh air bendungan Jatigede karena berada di kawasan genangan. Hanya sebagian kecil wilayah Desa Ciranggem saja yang tenggelam. Ujung utara dan baratnya tidak tenggelam karena berada di wilayah yang lebih tinggi berupa perbukitan. Bagian selatan juga merupakan wilayah perbukitan. Begitu juga dujung timurnya merupakan perbukitan dan menjadi bagiand ari wilayah kaki Gunung Jagat. Bagian tengahnya merupakan daerah yang lebih rendah dan dilewati aliran sungai dan menjadi wilayah yang didominasi oleh lahan pesawahan. Lahan perbukitannya didominasi oleh lahan kehutanan.

Masih berdasarkan sumber data yang dikeluarkan oleh BPS Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Cirenggem dihuni oleh penduduk dengan jumlah sebanyak 2.822 orang. Dengan komposisi sebanyak 1.369 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.453 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 943 KK. Kepadatan penduduk Desa Ciranggem adalah sebanyak 245,9 orang yang menghuni setiap kilometer persegi luas wilayahnya.

Terkait mata pencahariannya, sebagaimana disajikan oleh Budaya, sebagian besar penduduk Desa Ciranggem bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Ini terkait dengan kondisi wilayahnya yang sangat mendukung sektor pertanian. Sebagian kecil lainnya bekerja di sektor pemerintahan, industri, perdagangan dan wiraswasta.

Sektor pertanian di Desa Ciranggem yang didominasi oleh lahan pesawahan menghasilkan berbagai produk. Produk utamanya adalah padi, dan sisanya menghasilkan produk lain berupa palawija seperti jagung dan ubi kayu. Lahan pesawahan di Desa Ciranggem masih menggunakan sistem pengairan non-teknis.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang dan Budaya)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 26 Desember 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang