Sekilas Kontak

Berdiri

1811

Alamat Lengkap

Dusun Cipeundeuy Desa Cipeundeuy Kecamatan Jatinunggal

Akun Facebook

Desa Cipeundeuy


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan seperti kendaraan roda dua dan roda empat

Desa Cipeundeuy merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Jatinunggal. Lokasinya berada di bagian timur wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka. Jarak dari ibu kota Kecamatan Jatinunggal sekitar 12 km. Desa Cipeundeuy memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa.

Secara topografis, wilayah Desa Cipeundeuy memiliki bentuk permukaan tanah berupa perbukitan dengan ketinggian tanah di wilayah kantor Desa Cipeundeuy sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Desa Cipeundeuy terdiri atas enam dusun dengan jumlah Rukun Warga (RW) sebanyak 9 buah serta jumlah Rukun Tetangganya sebanyak 27 (berdasarkan data Potensi Desa tahun 2013). Berdasarkan data Setda Sumedang, Desa Cipeundeuy termasuk desa dengan usia yang cukup tua, berdiri pada tahun 1811.

Secara geografis, Desa Cipeundeuy dikelilingi oleh Desa Cimanintin di sebelah utaranya, Desa Sukamanah di sebelah baratnya, Desa Kirisik di sebelah selatannya dan Kabupaten Majalengka di sebelah timurnya.

Berdasarkan data Potensi Kecamatan Jatinunggal tahun 2012, luas wilayah Desa Cipeundeuy sebesar 9,68 km persegi atau 968 hektar. Rincian penggunaan luas wilayahnya sebagai berikut: sebagai lahan pesawahan seluas 275 hektar, sebagai lahan pekarangan seluas 77 hektar, sebagai lahan ladang seluas 93 hektar, sebagai lahan perkebunan seluas 132 hektar, sebagai lahan kehutanan seluas 320 hektar dan sebagai lahan pengangonan seluas 71 hektar.

Jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Cipeundeuy, berdasarkan data Potensi Desa tahun 2014, sebanyak 5.038 orang. Rinciannya adalah sebanyak 2.510 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.528 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.810 KK. Kepadatan penduduk Desa Cipeundeuy sebesar 186,98 jiwa untuk tiap km persegi luas wilayahnya.

Berdasarkan penggunaan lahan yang sebagian besar sebagai lahan pertanian, baik pesawahan maupun perkebunan, sebagian besar penduduk Desa Cipeundeuy bergerak di bidang pertanian. Sebagian besar mata pencaharian penduduk Desa Cipeundeuy adalah sebagai petani, baik petani pemilik/penggarap lahan maupun buruh tani. Sebagian kecil lainnya bekerja di bidang industri dan konstruksi, serta perdagangan. Produk pertanian yang utama, tentu saja adalah padi yang banyak dihasilkan dari lahan pesawahan.

Berkaitan dengan seni budaya, di Desa Cipeundeuy terdapat beberapa jenis seni budaya. Seni budaya yang ada di Desa Cipeundeuy diantaranya adalah Wayang, Calung, dan Samrohan.

Pada tahun 2012, Desa Cipeundeuy berhasil meraih penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2012 dari Presiden Republik Indonesia untuk kategori Desa Mapan Ketahanan Pangan. Penghargaan ini langsung diberikan di Istana Negara kepada Kepala Desa Cipeundeuy pada waktu itu, Endang Rukanda. Keberhasilan Desa Cipeundeuy ini diraih setelah sebelumnya berhasil masuk sebagai juara pertama dalam lomba Desa Mapan Ketahanan Pangan tingkat Provinsi Jawa Barat, yang selanjutnya diikutsertakan ke Tingkat Nasional.

(Dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 17 Agustus 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang