Logo Wisata Air Wijaya Kusuma Cipanteneun

Wisata Air Wijaya Kusuma Cipanteneun

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan rod empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum secara langsung
  4. Bisa menggunakan Angkutan Umum Pedesaan Sumedang - Citimun atau Angkutan Perkotaan Sumedang - Hariang. Turun di pertigaan Cipanteneun. Dilanjut naik ojeg atau jalan kaki ke arah barat sekitar 400 meter

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Uu Ukasah Saputra

Berdiri

2003

Alamat Lengkap

Jalan Cipanteneun Desa Cimalaka Kecamatan Cimalaka


Lokasi

Wisata air atau kolam renang Wijaya Kusuma merupakan sebuah lokasi wisata yang berada di kawasan Cipanteneun. Wisata air ini berada di sebelah selatan wana wisata Cipanteneun yang dikelilingi oleh tiga aliran sungai kecil berbentuk segitiga. Wisata air ini mulai dikembangkan semenjak tahun 2003.

Wisata air Wijaya Kusuma ini dirintis oleh Uu Ukasah Saputra yang berawal dari sebuah kolam dan dua lokal saung lesehan. Pada waktu itu kolamnya dilengkapi dengan satu buah bebek gowes. Wisata ini sendiri dibangun setelah melihat potensi yang cukup besar di wilayah Cipanteneun untuk dikembangkan sebagai objek wisata khususnya wisata air. Objek wisata yang sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat Sumedang untuk sarana hiburan. Walau pada awalnya, pengunjung wisata air Wijaya Kusuma ini terbatas namun pada perkembangan berikutnya mengalami peningkatan.

Peningkatan jumlah pengunjung ini juga diikuti dengan adanya penambahan sarana dan fasilitas di wisata air Wijaya Kusuma. Pada pengembangan berikutnya, wisata air Wijaya Kusuma dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lebih lengkap. Saat ini fasilitas yang ada di wisata air Wijaya Kusuma diantaranya adalah water boom, empat buah kolam renang yang diperuntukan untuk empat jenis pengunjung yaitu untuk anak TK, SD, SMP dan SMA. Kemudian ditambah juga dengan adanya 40 lokal lesehen yang sengaja dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, empat buah bebek gowes, gentong tumpah. Tak ketinggalan juga panggung hiburan yang menampilkan organ tunggal Plus Suara Nada Wijaya Kusuma.

Sehingga wisata air Wijaya Kusuma sangat cocok bagi yang menginginkan tujuan wisata air keluarga. Tempat yang bisa digunakan untuk bermain air terutama anak-anak. Sambil menunggu anak-anak bermain air, orang tuanya bisa menunggu di lokal lesehan yang berada di kawasan wisata. Bahkan bagi pengunjung yang membawa perbekalan makanan bisa menyantapnya di saung lesehan tersebut. Selain bermain air, pengunjung juga bisa menikmat hamparan pemandangan pesawahan di sekitar lokasi wisata air Wijaya Kusuma.

Satu lagi fasilitas yang akan memanjakan pengungjung wisata air Wijaya Kusuma yaitu kolam terapi ikan. Kolam terapi ikan ini mulai dibangun semenjak tahun 2010 dan terdapat tiga buah kolam terapi. Dengan adanya kolam terapi ikan ini, pengunjung wisata air Wijaya Kusuma semakin banyak terutama di hari libur. Bukan hanya pengunjung lokal dari wilayah Kabupaten Sumedang, namun juga dari luar wilayah Sumedang seperti Indramayu, Subang, Padalarang, Bandung, Bekasi dan kota-kota besar lainnya. Terapi ikan di kolam terapi ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Bagi pengunjung yang memasuki kawasan wisata air Wijaya Kusuma ini dikenakan tiket sebesar Rp 8.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Ini berlaku di hari kerja, sementara untuk hari Ahad dan hari libur, tarif masuknya mengalami kenaikan menjadi Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 8.000 untuk anak-anak.

Sementara untuk aksesnya sendiri sangat mudah. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kecamatan Cimalaka, sekitar satu km ke arah barat laut. Wisata air Wijaya Kusuma bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Di lokasinya terdapat fasilitas lahan parkir yang cukup luas, sehingga pengunjung yang membawa kendaraan bisa memarkir kendaraannya di kawasan wisata.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 20 Mei 2018

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang