loader

SMP Negeri 3 Sumedang

SMP Negeri 3 Sumedang

Kategori: SMP

Alamat: Jl. Dr. Saleh No. 08 Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan

Tayangan

Jumlah View Page

991

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi tidak jauh dari pusat kota Sumedang, 400 meter dari Alun-alun Sumedang

Pinggir jalan protokol di kota Sumedang

Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Dilewati Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 03 jurusan Sumedang - Tanjungsari, Angkot 04 jurusan Cileunyi - Sumedang dan Angkot 07 jurusan Terminal Ciakar - Padasuka

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Jl. Dr. Saleh No. 08 Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan
No. Telp
0261-201607
No. Handphone
0812-2299-0299
No. WhatsApp
0812-2299-0299
Alamat Email
smpnegeri3sumedang@gmail.com
Peta Lokasi

Sekolah Menengah Pertama atau SMP Negeri 3 Sumedang merupakan sebuah lembaga pendidikan formal jenjang menengah awal yang berada di wilayah Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. SMP Negeri 3 Sumedang berada di bawah binaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan naungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

Sekolah berstatus negeri ini tepatnya memiliki alamat di Jl. Dr. Saleh No. 08 Kelurahan Regol Wetan. Hal ini menjadikan SMP Negeri 3 Sumedang sebagai salah satu dari tiga SMP Negeri yang ada di wilayah Kelurahan Regol Wetan atau satu dari enam SMP Negeri yang ada di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan. Lokasinya tidak jauh dari lingkungan pusat kota Sumedang atau Alun-alun Sumedang. Dari Alun-alun Sumedang jaraknya sekitar 400 meter ke arah barat melintasi Jl. Prabu Geusan Ulun arah Bunderan Binokasih.

Berdasarkan data Lampiran Salinan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 034/O/1997 tentang Perubahan Nomenklatur SMP Menjadi SLTP serta Organsasi dan Tata Kerja SLTP, SMP Negeri 3 Sumedang dialihkan berdasarkan pada Surat Keputusan dengan nomor 187/SK/B.III pada tanggal 25 Mei 1980.

Sebagaimana sekolah menengah pertama lainnya, SMP Negeri 3 Sumedang menyelenggarakan kegiatan kependidikan dalam jangka waktu selama tiga tahun, dari kelas tujuh sampai dengan kelas sembilan. Sekolah ini menjadi kelanjutan dari jenjang pendidikan dasar sebelum masuk ke sekolah menengah atas atau kejuruan.

Dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya, SMP Negeri 3 Sumedang didukung dengan berbagai fasilitas yang memadai baik sarana maupun prasarana. Ruang Kelas yang representatif dalam bangunan berlantai dua serta Ruang Kepala Sekolah dan Ruang Guru serta Ruang Tata Usaha. Ditambah dengan adanya Ruang Laboratorium IPA, Ruang Perpustakaan, Ruang OSIS, Ruang BK/BP, Ruang UKS dan Mushola. Fasilitas lainnya berupa Lapangan Upacara dan Lapangan Olahraga, Kantin dan Warung Siswa, Tempat Parkir Kendaraan, Taman Sekolah, serta fasilitas sanitari yang terpisah antara WC guru dan WC siswa. Kegiatan pembelajaran di sekolah juga didukung dengan lingkungan sekolah yang nyaman dan guru pengajar yang sudah memiliki kualifikasi akademik Sarjana S1 dan Paska Sarjana S2.

Selain menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas, SMP Negeri 3 Sumedang juga menyelenggarakan berbagai kegiatan di luar kelas seperti keorganisasian siswa dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan terkait keorganisasian, para siswa di SMP Negeri 3 Sumedang bisa mengikuti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK). Sementara kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMP Negeri 3 Sumedang diantaranya adalah Paskibra Laskar Trisula, Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka, Bandung Karate Club (BKC), Pencak Silat, Drumband Tri Gita Lokapraja, Baca Tulis Al-Quran (BTQ), Bola Voli, Bola Basket, Bulutangkis, Futsal, Sepakbola, English Club, dan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR).

Berbagai jenis prestasi pernah ditorehkan oleh sivitas akademik SMP Negeri 3 Sumedang, baik prestasi akademik maupun prestasi non-akademik, baik prestasi yang dicapainya oleh kalangan siswa maupun dari kalangan tenaga pengajarnya. Segudang prestasi tersebut bisa dilihat dari jumlah piala dan piagam penghargaan yang memenuhi rak di sekolah. Prestasi yang diraihnya dimulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

SMP Negeri 3 Sumedang berlokasi cukup strategis karena berada di perlintasan jalan raya protokol di Kota Sumedang. Sekolah ini bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda empat, serta dilintasi angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum bisa naik Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 04 jurusan Cileunyi - Sumedang dan Angkot 07 jurusan Terminal Ciakar - Padasuka, Angkot 03 jurusan Sumedang - Tanjungsari.

Tiap awal tahun pelajaran, SMP Negeri 3 Sumedang menerima pendaftaran siswa baru. Penerimaan siswa baru ini biasanya diselenggarakan pada bulan Juni dan Juli. Secara umum persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon siswa baru SMP Negeri 3 Sumedang adalah Kartu Keluarga, KTP Orang Tua/Wali, Kartu NISN, Surat Kelulusan, Akta Kelahiran dan Surat Keterangan Tanggung Jawab Mutlak Orang Tua/Wali yang bermaterai.

Galeri Foto Lokasi
user

Gerbang sekolah SMP Negeri 3 Sumedang

user

Sebagian siswa SMP Negeri 3 Sumedang

user

Sebagian pengajar SMP Negeri 3 Sumedang

user

Kegiatan MPLS SMP Negeri 3 Sumedang

/
Jl. Dr. Saleh No. 08 Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan
0261-201607
0812-2299-0299
smpnegeri3sumedang@gmail.com
SMP Negeri 3 Sumedang
SMP Negeri 3 Sumedang
SMP NEGERI 3 SUMEDANG
SMP Negeri 3 Sumedang
Pendidikan dasar enam tahun

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With