Logo SD Negeri Cibeber, Jatigede

SD Negeri Cibeber, Jatigede

SD

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di kawasan pemukiman Kampung Cibeber Desa Cintajaya
  2. Berada di pinggir jalan besar yang menghubungkan Desa Cipicung dengan Desa Lebaksiuh
  3. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  4. Tidak dilintasi angkutan umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

1967

Alamat Lengkap

Dusun Cibeber Rt. 07/02 Desa Cintajaya Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang

Page Facebook

SDN Cibeber


Lokasi

SD atau Sekolah Dasar Negeri Cibeber merupakan sebuah sekolah dasar dengan status negeri yang beralamat di Dusun Cibeber Rt. 07/02 Desa Cintajaya Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang. SD Negeri Cibeber ini berada di bawah binaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Saat ini, SD Negeri Cibeber telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) dengan peringkat B (Baik).

Berdasarkan Surat Keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumedang dengan nomor 422/2892/Dikbud/2016 tertanggal 2 Agustus 2015, SD Negeri Cibeber didirikan berdasarkan Surat Keputusan yang diterbitkan pada tahun 1967.

Sebagai salah satu sekolah dasar, SD Negeri Cibeber menyelenggarakan kegiatan pendidikan dasar selama enam tahun dari kelas satu sampai kelas enam. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada pagi hari selama enam hari dari hari Senin sampai hari Sabtu. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya, SD Negeri Cibeber didukung oleh tenaga pendidik profesional dan berpengalaman di bidang pendidikan serta berkualifikasi sarjana pendidikan. Ditambah dengan fasilitas pendukung berupa sarana dan prasarana yang representatif dengan adanya gedung sekolah permanen yang di dalamnya adalah Ruang Kelas (dari kelas satu sampai kelas enam dengan jumlah ruangan sebanyak lima ruangan), Ruang Guru dan Ruang Kepala Sekolah, Ruang Perpustakaan serta fasilitas sanitari (WC) khusus guru dan siswa yang terpisah. Ditambah dengan adanya lapangan upacara sekaligus lapangan olahraga serta tempat parkir kendaraan.

Selain melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam kelas, di SD Negeri Cibeber terdapat kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setelah jam pulang sekolah yang dijadikan media untuk mengembangkan minat dan bakat siswa SD Negeri Cibeber. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SD Negeri Cibeber diantaranya adalah Pramuka dan ekstrakurikuler lainnya.

SD Negeri Cibeber merupakan satu dari dua sekolah dasar negeri yang berlokasi di Desa Cintajaya. Lokasinya berada di bagian tengah wilayah Desa Cintajaya, tepatnya di lingkungan Kampung Cibeber. Masih berada dalam satu lingkungan dengan kantor Desa Cintajaya, sehingga memiliki akses yang mudah karena dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat. Di pinggir jalan besar yang menjadi perlintasan antara Desa Cipicung di barat dan Desa Lebaksiuh di timur. Suasana lingkungan di SD Negeri Cibeber masih asri, walau berada di kawasan yang pemukiman yang padat di Kampung Cibeber.

SD Negeri Cibeber ini menjadi tujuan bersekolah bagi anak-anak yang berdomisili di bagian tengah wilayah Desa Cintajaya yang meliputi Kampung Cibeber dan Kampung Ciluwuk. Keduanya berlokasi yang cukup dekat dengan tempat sekolah berada. Kampung Ciluwuk sendiri berlokasi sekitar 650 meter ke arah timur dari lokasi sekolah. Hanya saja akses ke sekolahnya belum ada angkutan umum.

Setiap awal tahun pelajaran, SD Negeri Cibeber menerima pendaftaran siswa baru. Pendaftaran siswa baru dilakukan di kampus SD Negeri Cibeber, setiap hari kerja. Syarat yang harus dipenuhi oleh calon siswa SD Negeri Cibeber diantaranya adalah usia anak minimal enam tahun pada awal tahun pembelajaran (bulan Juli). Kemudian kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi diantaranya Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, KTP Orang Tua, Ijazah TK/PAUD (jika ada).

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 06 Juli 2023

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang