loader

Kampung Sepat, Sukajaya

Kampung Sepat, Sukajaya

Kategori: Kampung

Alamat: Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

533

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi tidak jauh dari jalan raya Gunung Puyuh - Nangorak

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 04 ketika berada di trayek Sumedang - Cileunyi. Turun di pertigaan jalan Gunung Puyuh dilanjut jalan kaki atau naik ojeg ke arah selatan dengan jarak sekitar 750 meter

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Kampung Sepat merupakan sebuah lokasi pemukiman penduduk yang berada di ujung utara wilayah Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Lokasinya berdampingan dengan Kampung Mekar Bakti, sehingga Kampung Sepat bisa dibilang cukup dekat dengan pusat pemerintahan Desa Sukajaya. Dari kantor Desa Sukajaya sekitar 650 meter ke barat menggunakan jalan raya kabupaten Gunung Puyuh - Nangorak dilanjut jalan gang yang cukup besar di Kampung Dago ke arah barat laut.

Kampung Sepat ini berlokasi di ujung utara wilayah Desa Sukajaya yang berbatasan langsung dengan Kelurahan Regol Wetan. Antara kedua wilayah terpisahkan oleh aliran Sungai Cipicung yang mengalir dari barat ke arah timur dan bermuara di Sungai Cipeles. Untuk berlalu lintas antara kedua wilayah, terdapat sejumlah jembatan kecil yang melintasi Sungai Cipicung. Sehingga untuk menuju ke pusat kota Sumedang, tidak perlu memutar terlalu jauh ke Kampung Mekar Bakti dan Kampung Dago.

Untuk lalu lintas menggunakan kendaraan roda empat bisa menggunakan akses jalan gang besar yang berasal dari Kampung Dago melintasi Kampung Mekar Bakti. Akses jalan ini terhubung dengan jalan raya Gunung Puyuh - Nangorak. Jarak dari kawasan pemukiman penduduk Kampung Sepat dengan jalan raya tersebut sekitar 450 meter ke arah tenggara.

Kampung Sepat masih berlokasi di kawasan yang cukup landai di sebelah timur laut kaki Gunung Susuru. Ketinggian wilayahnya sekitar 480 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kampung Sepat ini di bagian utaranya berbatasan langsung dengan aliran Sungai Cipicung sebelum terhubung dengan Lingkungan Singaparna di Kelurahan Regol Wetan. Bagian selatan dan baratnya merupakan kawasan lahan pertanian di lereng Gunung Susuru, di bagian tenggara berbatasan langsung dengan Kampung Mekar Bakti. Sementara di bagian timurnya merupakan kawasan lahan pesawahan.

Pemukiman penduduk Kampung Sepat dihuni penduduk yang cukup banyak. Berdasarkan data Profil Desa Sukajaya tahun 2019, jumlah pemukimannya sebanyak 54 rumah. Pemukiman penduduk Kampung Sepat ini tidak terkonsentrasi di satu lokasi. Rumah-rumah penduduknya menempati kawasan yang memanjang dari tenggara berbatasan dengan Kampung Mekar Bakti ke arah barat laut hingga bertemu dengan aliran Sungai Cipicung. Sehingga sebaran pemukimannya mengikuti alur jalan gang yang menghubungkan Kampung Mekar Bakti dengan bagian utara Kampung Sepat. Sehingga akses ke jalan utama dari kebanyakan pemukiman penduduknya cukup dekat. Kepadatan pemukimannya juga cukup renggang tidak terlalu berdempetan dengan banyaknya lahan hijau yang memisahkan antarpemukiman penduduk.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, jumlah penduduk Kampung Sepat sebanyak 246 orang. Rinciannya sebanyak 122 orang laki-laki ditambah 124 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 78 KK. Pemukiman penduduk Kampung Sepat berdiri di kawasan dengan luas wilayah sebesar 1,5 hektar.

Untuk fasilitas umum yang ada di Kampung Sepat salah satunya fasilitas peribadahan berupa masjid yang terletak yang terletak di bagian tenggara kawasan pemukiman penduduk berdekatan dengan Kampung Mekar Bakti. Sementara fasilitas lainnya khususnya fasilitas pendidikan formal tidak ada di Kampung Sepat ini, sehingga untuk menyekolahkan anak-anak harus pergi ke kampung tetangga. Pendidikan jenjang sekolah dasar terdekat berlokasi di Kelurahan Regol Wetan yaitu SD Negeri Sukasirna I dan SD Negeri Sukasirna II dengan jarak sekitar satu km jika menggunakan jalan raya dan jika menggunakan jalan pintas ke Lingkungan Singaparna 600 meter saja.

Secara kewilayahan, Kampung Sepat berlokasi di wilayah dalam cakupan Rukun Warga (RW) 02 bersama Kampung Dago dan Kampung Mekar Bakti. Dan lebih spesifiknya lagi, wilayah RW 02 di Kampung Sepat ini merupakan wilayah Rukun Tetangga (RT) 02.

Akses ke Kampung Sepat ini sangat mudah karena tidak terlalu jauh dari perlintasan jalan raya kabupaten yang menghubungkan Gunung Puyuh dengan Nangorak. Dimana jalan ini terhubung langsung dengan jalan Cut Nyak Dien yang melingkari bagian selatan wilayah perkotaan Sumedang. Sehingga aksesnya bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, hanya saja tidak dilewati angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 04 ketika berada di trayek Sumedang - Cileunyi. Turun di pertigaan jalan Gunung Puyuh dilanjut jalan kaki atau naik ojeg ke arah selatan dengan jarak sekitar 750 meter.

Galeri Foto Lokasi
user

Sebagian pemukiman penduduk Kampung Sepat

user

Aliran Sungai Cipicung di utara Kampung Sepat

user

Lahan pertanian di sekitaran Kampung Sepat

/
Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With