loader

Kampung Pasar Kemis, Bongkok

Kampung Pasar Kemis, Bongkok

Kategori: Kampung

Alamat: Desa Bongkok Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

870

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di bagian barat wilayah Desa Bongkok Kecamatan Paseh

Pinggir jalan raya kabupaten yang menghubungkan Legok dengan Conggeang

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Dilewati Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 09 jurusan Terminal Ciakar - Buahdua - Hariang

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Desa Bongkok Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

Kampung Pasar Kemis merupakan sebuah lokasi pemukiman penduduk yang berada di bagian barat wilayah Desa Bongkok Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di perbatasan antara Desa Bongkok dengan Desa Jambu. Yang memisahkannya adalah jalur jalan raya kabupaten yang menghubungkan Legok di selatan dengan Conggeang di utara, dimana wilayah Desa Bongkok termasuk Kampung Pasar Kemis berada di sebelah timur jalan raya tersebut.

Kampung Pasar Kemis berada di jalur akses masuk ke kawasan Desa Bongkok dari jalan raya kabupaten, dimana jalan akses tersebut membelah pemukiman penduduk Kampung Pasar Kemis di selatan dan di utara jalan desa tersebut. Lokasi Kampung Pasar Kemis sangat strategis, selain karena berada di perlintasan jalan raya kabupaten, juga karena berada di lingkungan pusat pemerintahan Desa Bongkok.

Kampung Pasar Kemis berlokasi di kawasan yang cukup datar. Ketinggian wilayahnya berada pada kisaran 590 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pemukiman penduduk Kampung Pasar Kemis berada di kawasan yang berbatasan dengan pemukiman penduduk lainnya dan lahan perkebunan. Di bagian utara pemukiman penduduk merupakan lahan perkebunan dan ladang yang ditanami berbagai jenis tanaman dan pepohonan. Namun dengan pembangunan gerbang tol Cisumdawu, kemungkinan banyak akan berubah menjadi kawasan akses pintu tol. Di sebelah timurnya berbatasan dengan pemukiman penduduk Kampung Godobos, dan dengan adanya pembangunan akses gerbang tol, kedua kampung menjadi terpisahkan oleh akses jalan tol. Di sebelah selatan Kampung Pasar Kemis dibatasi oleh lahan perkebunan dan pemukiman penduduk Kampung Panyingkiran. Dan di sebelah baratnya berbatasan dengan pemukiman penduduk Jambu Kidul di Desa Jambu, di seberang jalan raya kabupaten.

Karena lokasi Kampung Pasar Kemis ini berada di perlintasan jalan raya kabupaten yang menghubungkan Legok dengan Conggeang, maka akses ke Kampung Pasar Kemis sangat mudah. Selain bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, juga dilintasi anggkutan umum, yaitu Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 09 jurusan Terminal Ciakar - Buahdua - Hariang.

Pemukiman penduduk Kampung Pasar Kemis cukup banyak. Pemukiman penduduknya cenderung memanjang dari utara ke selatan di sebelah timur jalur jalan kabupaten. Di bagian tengah, tepatnya di akses jalan ke Kampung Godobos, pemukiman penduduk melebar ke arah timur menyesuaikan dengan jalur jalan yang melintas tersebut. Jarak antarpemukimannya cukup rapat, terutama yang berada di pinggir jalan.

Untuk fasilitas umum yang ada di Kampung Pasar Kemis salah satunya fasilitas peribadahan berupa masjid yang terletak di tengah kawasan pemukiman penduduk. Kemudian untuk fasilitas umum lainnya seperti lembaga pendidikan formal, belum ada di Kampung Pasar Kemis. Sehingga untuk menempuh pendidikan khususnya di jenjang sekolah dasar, penduduk Kampung Pasar Kemis yang akan menyekolahkan anak-anaknya harus pergi ke kampung tetangga. Adapun sekolah dasar terdekat dengan pemukiman penduduk Pasar Kemis ini yaitu SD Negeri Bongkok yang berlokasi di Lembur Gede dengan jarak sekitar 950 meter ke arah timur melintasi jalan besar. Fasilitas lainnya adalah fasilitas pemerintahan dimana di Kampung Pasar Kemis ini berlokasinya kantor Desa Bongkok, sehingga memudahkan penduduk yang mau mengurus administrasi.

Secara kewilayahan, Kampung Pasar Kemis berlokasi di wilayah dalam cakupan Rukun Warga (RW) 01 bersama Kampung Panyingkiran. Cakupan wilayah RW 01 yang melingkupi wilayah Kampung Pasar Kemis termasuk dalam wilayah Rukun Tetangga (RT) 01.

Galeri Foto Lokasi
user

pasar_kemis.jpg

user

suasana_pasar_kemis.jpg

/
Desa Bongkok Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With