Logo Kampung Nanjung, Nanjungwangi

Kampung Nanjung, Nanjungwangi

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berada di perlintasan jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati angkutan umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Nanjungwangi Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Nanjung merupakan sebuah pemukiman penduduk yang berada di wilayah Desa Nanjungwangi Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang. Lokasi Kampung Nanjung berada di bagian barat wilayah Desa Nanjungwangi, tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Desa Nanjungwangi. Dari kantor Desa Nanjungwangi jarak tempuhnya sekitar 1,8 km melintasi jalan besar dari Kampung Nanggerang ke arah barat laut.

Kampung Nanjung berada di kawasan yang cukup datar dengan ketinggian wilayahnya berada kisaran 140 meter di atas permukaan laut. Pemukiman penduduk Kampung Nanjung dikelilingi oleh kawasan pertanian yang berupa lahan perkebunan dan lahan ladang. Di bagian utara, timur, selatan dan baratnya merupakan lahan perkebunan yang ditanami pepohonan baik pohon buah-buahan seperti rambutan, petai, pisang, dan mangga maupun pepohonan kayu.

Kampung Nanjung berlokasi di perlintasan jalan besar yang menghubungkan Desa Tanjung di sebelah barat dengan jalan raya Cikamurang - Subang di sebelah timurnya. Jarak dari Kampung Songgom di Desa Tanjung sekitar 2,7 km ke arah timur menggunakan jalan besar beraspal yang bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat. Sehingga akses ka Kampung Nanjung bisa menggunakan dari arah barat di Kampung Nanjung, ataupun dari arah timur dari wilayah kabupaten Indramayu dengan melewati Kampung Nanggerang terlebih dahulu. Akses alternatif lainnya berasal dari arah utara dan selatan Kampung Nanjung. Dari arah utara ada akses jalan besar walau belum beraspal yang terhubung dengan wilayah Desa Bantarwaru Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu. Kemudian akses ke arah selatan ada jalan besar yang terhubung dengan Kampung Cimuncang di Desa Surian.

Pemukiman penduduk Kampung Nanjung berada di kawasan dataran rendah dengan sebaran memanjang dari barat ke timur, mengikuti akses jalan utama yang melintasinya. Pemukiman penduduknya tersebar di sebelah utara dan selatan jalan utama, dengan sebagian besar pemukiman penduduk berada di bagian barat. Pemukiman penduduknya cukup rapat terutama yang berdekatan dengan akses jalan utama. Sebagian kecil pemukiman penduduk berada di bagian utara dengan lokasi cukup menjauh dari jalan besar dengan akses berupa jalan gang besar.

Berdasarkan data website Desa Nanjungwangi, wilayah Kampung Nanjung termasuk ke wilayah Dusun Nanjung. Wilayah Dusun Nanjung tersebut termasuk dalam wilayah Rukun Warga (RW) 02. Cakupan wilayah RW 02 yang melingkupi Kampung Nanjung terbagi ke dalam tiga wilayah Rukun Tetangga (RT) yaitu RT 01, 02 dan RT 03.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, penduduk Kampung Nanjung sebanyak 383 orang dengan rincian sebanyak 198 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 185 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya adalah 139 KK. Untuk rincian masing-masing penduduk tiap RT nya adalah 131 orang penduduk di RT 01 dengan rincian 67 laki-laki dan 64 perempuan, serta 48 KK, sementara di RT 02 jumlah penduduknya sebanyak 139 orang (71 laki-laki dan 68 perempuan) dengan jumlah KK-nya 51 serta RT 03 jumlah penduduknya 113 (60 laki-laki dan 53 perempuan) dengan KK berjumlah 40.

Untuk potensi yang dimiliki Kampung Nanjung sebagai bagian dari kawasan Desa Nanjungwangi memiliki potensi utama berupa hasil perkebunan dengan komoditi utama berupa buah-buahan seperti rambutan, petai, pisang, ubi kayu. Mata pencaharian penduduk Kampung Nanjung utamanya bergerak di bidang pertanian, dengan sebagian kecil lainnya bergerak di bidang jasa dan perdagangan.

Fasilitas umum yang ada di Kampung Nanjung diantaranya adalah fasilitas peribadahan berupa Masjid Jamie Nurul Huda yang terletak di bagian barat wilayah pemukiman penduduk Kampung Nanjung, pinggir jalan besar. Kemudian terdapat juga fasilitas olahraga berupa lapangan bola voli yang berada di bagian barat laut pemukiman penduduk. Untuk fasilitas pendidikan formal, belum ada lembaga pendidikan formal di Kampung Nanjung. Sehingga bagi penduduk Kampung Nanjung yang akan menyekolahkan anak-anaknya harus menyeberang ke kampung tetangga. Salah satu sekolah tujuan bagi anak-anak Kampung Nanjung adalah SD Negeri Nanggerang di Kampung Nanggerang ke arah tenggara dengan jarak 1,6 km.

Akses ke Kampung Nanjung ini cukup mudah karena dilintasi jalan besar beraspal, sehingga bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Hanya saja belum dilintasi angkutan umum.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 10 Juni 2023

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang