Logo Kampung Dago Girang, Sukajaya

Kampung Dago Girang, Sukajaya

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya Gunung Puyuh - Nangorak
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 04 ketika berada di trayek Sumedang - Cileunyi. Turun di pertigaan jalan Gunung Puyuh dilanjut jalan kaki atau naik ojeg ke arah selatan dengan jarak sekitar 600 meter

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Dago Girang merupakan sebuah lokasi pemukiman penduduk yang berada di bagian utara wilayah Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Tepatnya berlokasi di sebelah selatan pusat pemerintahan Desa Sukajaya, tidak terlalu jauh dari kantor Desa Sukajaya sekitar 400 meter ke arah selatan.

Pemukiman penduduk ini berada di perlintasan jalan raya kabupaten yang menghubungkan Gunung Puyuh dengan Nangorak. Pemukiman panduduknya berada di pinggir jalan raya, baik sebelah timur maupun sebelah barat. Dengan konsentrasi terbanyak di sebelah barat jalan memanjang dari utara berdekatan dengan Kampung Dago sampai ke selatan berbatasan dengan Kampung Ciloa. Pemukiman penduduk Dago Girang berada di kawasan yang cukup landai di sebelah timur kaki Gunung Susuru. Ketinggian wilayahnya berada pada 470 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kampung Dago Girang ini kemungkinan berkaitan dengan Kampung Dago yang berlokasi di bagian utaranya. Dago Girang menunjukkan Kampung Dago yang berlokasi di sebelah hulunya. Mengapa disebut Dago Girang yang berlokasi di sebelah selatan Kampung Dago? Karena melihat kondisi alamnya seperi aliran sungai mengalir dari selatan ke utara, atau posisi bagian selatan lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian utara.

Kampung Dago Girang ini persis berdekatan dengan kampung di sekitarnya seperti Kampung Dago di sebelah utara dan Kampung Ciloa di sebelah selatan. Sementara di bagian baratnya merupakan lahan pertanian di lereng Gunung Susuru dan di sebelah timurnya merupakan lahan pesawahan yang subur

Pemukiman penduduk Kampung Dago Girang dihuni penduduk cukup banyak. Berdasarkan data Profil Desa Sukajaya tahun 2019, jumlah pemukimannya sebanyak 43 rumah. Pemukiman penduduknya terkonsentrasi di satu lokasi, memanjang dari utara ke selatan. Pemukiman penduduknya umumnya berlokasi di pinggir jalan raya Gunung Puyuh - Nangorak, dengan sebagian kecil berada di sebelah dalamnya dengan akses berupa jalan gang.

Berdasarkan sumber data yang sama, jumlah penduduk Kampung Dago Girang sebanyak 197 orang. Rinciannya sebanyak 97 orang laku-laki ditambah 100 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 72 KK. Pemukiman penduduk Kampung Dago Girang berdiri di kawasan dengan luas wilayah sebesar 0,24 hektar.

Untuk fasilitas umum yang ada di Kampung Dago Girang salah satunya fasilitas peribadahan berupa Masjid Al-Barokah yang terletak di bagian tengah kawasan pemukiman penduduk, pinggir jalan raya. Sementara fasilitas lainnya khususnya fasilitas pendidikan formal tidak ada di Kampung Dago Girang ini, sehingga untuk menyekolahkan anak-anak harus pergi ke kampung tetangga. Pendidikan jenjang sekolah dasar negeri terdekat berlokasi di Kelurahan Regol Wetan dengan jarak sekitar 800 meter ke arah utara yaitu SD Negeri Sukasirna I dan SD Negeri Sukasirna II atau SD Negeri Ciloa yang berlokasi di sebelah barat daya dengan jarak 850 meter. Atau bisa juga ke SD IT Insan Sejahtera yang berlokasi di Kampung Toga di sebelah selatan dengan jarak 600 meter.

Secara kewilayahan, Kampung Dago Girang berlokasi di wilayah dalam cakupan Rukun Warga (RW) 03 bersama Kampung Ciloa dan Perumahan Toga. Dan lebih spesifiknya lagi, wilayah RW 03 di Kampung Dago Girang ini merupakan wilayah Rukun Tetangga (RT) 01.

Akses ke Kampung Dago Girang ini sangat mudah karena berada di perlintasan jalan raya kabupaten yang menghubungkan Gunung Puyuh dengan Nangorak. Dimana jalan ini terhubung langsung dengan jalan Cut Nyak Dien yang melingkasi bagian selatan wilayah perkotaan Sumedang. Sehingga aksesnya bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, hanya saja tidak dilewati angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 04 ketika berada di trayek Sumedang - Cileunyi. Turun di pertigaan jalan Gunung Puyuh dilanjut jalan kaki atau naik ojeg ke arah selatan dengan jarak sekitar 600 meter.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 12 September 2022

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang