Logo Kampung Blok 5

Kampung Blok 5

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di ujung utara wilayah Desa Jingkang
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati angkutan umum secara langsung
  4. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 14 jurusan Terminal Ciakar - Jingkang - Surian. Turun di pertigaan Kampung Panoongan, dilanjut naik ojeg atau jalan kaki ke arah barat sekitar 350 meter

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Jingkang Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Blok 5 merupakan sebuah kampung yang berada di wilayah Desa Jingkang Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian utara wilayah Desa Jingkang dengan jarak dari pusat pemerintahan Desa Jingkang yang cukup jauh, sekitar empat km ke arah utara dari Kantor Desa Jingkang menyusuri jalan besar.

Kampung Blok 5 dikenal juga dengan nama Kampung Cilimus karena lokasinya dekat dengan mata air Cilimus dan Sungai Cilimus yang berada di arah barat daya dari kampung ini. Mata air Cilimus sendiri dahulunya merupakan sumber mata air yang digunakan oleh penduduk Kampung Blok 5 sebagai sumber untuk memenuhi kebutuhan air dalam kehidupan sehari-harinya.

Kampung Blok 5 merupakan salah satu kampung yang ditempati oleh penduduk yang melakukan transmigrasi lokal ke wilayah Otorita dari wilayah Kecamatan Wado. Program transmigrasi lokal ini dilakukan pada periode tahun 1980-an, dengan tujuan penempatannya tersebar mulai dari Blok 1 sampai dengan Blok 5.

Pola pemukiman di Kampung Blok 5 ini bisa dikatakan mengikuti pola jalur jalan yang menuju ke kampung ini. Jadi rumah-rumah penduduknya memiliki lokasi yang tidak jauh dari jalur jalan besar yang memanjang dari timur ke barat. Kebetulan jumlah rumah pemukiman di Kampung Blok 5 ini cukup sedikit, sekitar 10 rumah.

Kampung Blok 5 berada di kawasan puncak perbukitan dengan ketinggian berada pada elevasi antara 610 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kampung Blok 5 dikelilingi oleh lahan pertanian yang yang didominasi oleh lahan ladang ditambah sedikit lahan perkebunan.

Mata pencaharian penduduk Kampung Blok 5 sebagian besar merupakan petani. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari kondisi Kampung Blok 5 yang didominasi oleh lahan pertanian. Hasil pertanian yang dihasilkan penduduk Kampung Blok 5 diantaranya adalah kencur, laja, kunyit, dan singkong.

Untuk fasilitas umum yang terdapat di Kampung Blok 5 salah satunya adalah fasilitas ibadah berupa masjid yang berlokasi terpisah dari kawasan Kampung Blok 5 untuk mengakomodasi penduduk yang berlokasi di Kampung Blok 4. Jadi lokasinya berada diantara Kampung Blok 5 dan Kampung Blok 4. Sementara fasilitas penting lainnya seperti fasilitas pendidikan formal tidak terdapat di kampung ini. Bagi penduduk Kampung Blok 5 yang ingin menyekolahkan anaknya harus menyeberang ke Kampung Sukawangi yaitu SD Negeri Ciburuan. Jaraknya tidak terlalu jauh, sekitar 300 meter jika menggunakan jalan pintas dan jika menyusuri jalan besar jaraknya menjadi 700 meter karena harus melewati Kampung Panoongan terlenih dahulu.

Akses ke Kampung Blok 5 cukup mudah karena dilintasi jalan besar dengan sebagian besar sudah beraspal. Akses jalannya bisa dilalui menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, namun tidak dilewati angkutan umum secara langsung. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 14 jurusan Terminal Ciakar - Jingkang - Surian. Turun di pertigaan Kampung Panoongan, dilanjut naik ojeg atau jalan kaki ke arah barat sekitar 350 meter.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 27 April 2022

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang