Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar yang menghubungkan Tanjungsari dengan Desa Cijambu
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

8 Juni 2019

Alamat Lengkap

Jl. Cijambu No. 9 Dusun Karanganyar Desa Pasigaran Kecamatan Tanjungsari

Nomor Handphone

0821-2960-9002

Web Site

Kampoeng Jarami

Akun Facebook

Kampoeng Jarami

Page Facebook

Kampung Jarami


Lokasi

Kampoeng Jarami (dibaca Kampung Jarami) adalah sebuah tempat wisata yang berada di kawasan Desa Pasigaran Kecamatan Tanjungsari. Kampoeng Jarami sangat cocok dijadikan tempat berwisata dan berlibur bagi keluarga, karena banyaknya fasilitas yang akan memanjakan liburan keluarga, sesuai dengan namanya Kampoeng Jarami Family Ground.

Kampoeng Jarami berlokasi tidak terlalu jauh dari pusat Kecamatan Tanjungsari, sekitar 2 km ke arah utara. Tepatnya berada di kawasan Dusun Karanganyar, di perlintasan jalan yang menghubungkan Tanjungsari dengan Cijambu. Posisinya berada di kawasan lahan pertanian berupa pesawahan (dikelilingi lahan pesawahan).

Kampoeng Jarami memiliki fasilitas atau wahana yang bisa digunakan untuk berlibur anak-anak dan dewasa. Ada wahana permainan anak, wahana air yang bisa digunakan oleh anak-anak maupun dewasa, villa untuk digunakan berbagai jenis acara, dan berbagai spot atau wahana lain yang bisa digunakan untuk selfie (swaforo) termasuk taman yang ditanami berbagai jenis bunga, serta kafe untuk pesan makanan.

Bagi yang membawa anak-anak, di Kampoeng Jarami terdapat berbagai wahana yang bisa digunakan sebagai tempat bermain anak-anak. Ada beberapa area khusus yang bisa digunakan sebagai tempat bermain anak seperti fasilitas ayunan dan perosotan, wahana kereta anak, dan kolam renang khusus anak-anak. Ada juga wahana mandi bola, perahu anak, naik becak dan trail anak atau naik ATV untuk berkeliling namun harus didampingi oleh orang dewasa atau orang tua.

Bagi pengunjung orang dewasa juga tersedia kolam renang khusus dewasa. Atau jika menyukai kegiatan memancing, di Kampoeng Jarami juga tersedia spot khusus memancing. Atau bagi yang menyukai wisata selfie (swafoto), di Kampoeng Jarami terdapat berbagai jenis lokasi yang instagrammable untuk berfoto ria baik foto sendiri maupun foto bersama. Wahana-wahana yang bisa digunakan untuk befoto ria seperti taman bunga, jembatan gantung, sangkar burung atau beberapa bangunan khusus yang dikhususkan untuk swafoto.

Jika menginginkan tempat khusus untuk berkumpul bersama keluarga atau teman, pengunjung bisa menggunakan beberapa jenis bangunan seperti saung-saungan atau gazebo. Pengunjung Kampoeng Jarami tidak dilarang untuk membawa perbekalan sendiri, sehingga bagi pengunjung yang biasa membawa perbekalan sendiri bisa sekalian botram di Kampoeng Jarami dengan memilih lokasi yang cocok. Dan bagi pengunjung yang tidak membawa perbekalan, tidak perlu khawatir karena di Kampoeng Jarami ada kafe yang ada di Food Court dan kantin yang bisa digunakan untuk memesan makanan. Pengunjung tinggal memilih menu yang diinginkan dan yang tersedia, kemudian menunggu sampai menu makanan tersedia. Bukan hanya makanan, di Kampoeng Jarami juga tersedia berbagai jenis minuman yang bisa dipesan.

Bagi yang ingin mengadakan acara besar, Kampoeng Jarami juga cocok digunakan untuk mengadakan berbagai jenis kegiatan seperti pesta pernikahan, pre-wedding, pelatihan, family gathering, team building, atau kegiatan lain yang melibatkan banyak orang. Jenis kegiatan yang dilaksanakan bisa berupa kegiatan indoor (dalam ruangan) maupun kegiatan outdoor (luar ruangan). Kegiatan indoor, Kampoeng Jarami menyewakan Villa Utama yang bisa menampung banyak orang dan di dalamnya terdapat beberapa ruangan dengan berbagai fungsi seperti ruang tengah dengan jumlah dua buah, kamar mandi berjumlah lima, gazebo, mushola pribadi, permainan biliar dan tenis meja, serta dilengkapi dengan dapur. Walaupun villa ini hanya dilengkapi dengan dua kamar tidur, namun Kampoeng Jarami mengijinkan untuk diinapi sampai 50 orang dengan opsi menyewa bed (tempat tidur) tambahan atau membawa sleeping bag masing-masing.

Jika membutuhkan villa untuk satu keluarga atau tidak terlalu banyak orang, Kampoeng Jarami menyewakan Villa Panggung. Sesuai namanya, villa ini berupa rumah panggung yang di dalamnya terdapat fasilitas satu kamar mandi dan dua kamar tidur (satu kamar tidur dengan tiga single bed dan satu kamar mandi lagi dengan dua single bed). Villa ini juga dilengkapi dengan Ruang Tengah bersofa untuk kumpul keluarga sambil menonton televisi atau film dari DVD. Jika mau memasak ada dapur kecil yang dilengkapi kompor satu tungku lengkap dengan panci rebus dan alat makan. Untuk minum, ada dispenser juga.

Kampoeng Jarami juga cocok dipakai untuk melaksanakan kegiatan atau acara outdoor seperti acara pernikahan. Di sini terdapat lokasi yang bisa digunakan untuk melaksanakan kegiatan yang melibatkan banyak orang di siang hari.

Untuk informasi lebih lanjut tentang penyewaan villa ini atau mengadakan kegiatan yang sifatnya outdoor, bisa menghubungi kontak Kampoeng Jarami di nomor 0821-2960-9002. Untuk melakukan reservasi juga bisa menghubungi kontak tersebut.

Kampoeng Jarami juga didukung dengan fasilitas pendukung lainnya seperti lahan parkir yang luas untuk memarkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Sarana ibadah (mushola) dan sarana toilet juga tersedia di sini.

Untuk pengunjung yang mau memasuki area Kampoeng Jarami diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 untuk kunjungan di hari kerja dari hari Senin sampai Jumat. Sementara untuk akhir pekan (hari Sabtu dan Ahad) termasuk hari libur, tiket masuk yang harus ditebusnya sebesar Rp 25.000 per orang. Tiket tersebut sudah termasuk masuk lokasi wisata dan berenang sepuasnya. Untuk wahana lainnya seperti penyewaan ATV, dikenakan tarif sewa yang berbeda.

Untuk bisa mengunjungi Kampoeng Jarami, cukup mudah karena lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kecamatan Tanjungsari. Jika berpatokan dari Alun-alun Tanjungsari, ambil jalan ke arah Kota Sumedang, pertigaan Tungturunan belok ke kiri arah ke Cijambu (pas sebelum Alfamart Tanjungsari). Menyusuri jalan menuju ke arah Cijambu, sekitar 1,2 km kemudian ada papan nama penunjuk Wisata Keluarga Kampoeng Jarami di sebelah kanan jalan.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 13 Januari 2022

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang