Logo SMA Negeri 1 Sumedang

SMA Negeri 1 Sumedang

SMA

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan protokol kota Sumedang
  2. Berdekatan dengan fasilitas umu kota Sumedang. Sebelah selatan RSUD Sumedang dan sebelah utara Kejaksaan Sumedang
  3. Dilewati Angkutan Umum 04, 06 dan 07

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

1 Agustus 1958

Alamat Lengkap

Jl. Prabu Geusan Ulun No. 39 Sumedang

Nomor Telepon

0261-201850

Akun Twitter

@SMANSAunited

Akun Facebook

Smansa Sumedang

Page Facebook

SMAN 1 SUMEDANG


Lokasi

SMA Negeri 1 Sumedang merupakan sebuah sekolah menengah atas yang berada di dekat pusat kota Sumedang. Lokasinya berada di pinggir jalan protokol kota Sumedang dan di lingkungan Alun-alun Sumedang serta pemerintahan Kabupaten Sumedang. Tepatnya di berada di sebelah utara Gedung DPRD Kabupaten Sumedang dan di sebelah selatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang.

Berdasarkan sejarahnya, SMA Negeri 1 Sumedang berdiri semenjak masa awal revolusi di Indonesia. Sehingga SMA ini merupakan sekolah menengah tingkat atas pertama yang berada di Kabupaten Sumedang. Sementara pendirian sekolah di tingkat propinsi, SMA Negeri 1 Sumedang menempati urutan ketujuh dan ke-20 untuk tingkat nasional Indonesia pada saat itu. SMA Negeri 1 Sumedang didirikan pada tanggal 1 Agustus 1958. SMA ini dirintis oleh panitia tujuh atau "The Seven Magnificent".

Sebelum SMA Negeri 1 Sumedang berdiri pada tahun 1955 di Kabupaten Sumedang terdapat beberapa sekolah negeri dan swasta untuk jenjang menengah pertama, Sekolah Guru B (SGB), Sekolah Teknik dan SMA swasta PGRI. SMA PGRI sebagai satu-satunya sekolah menengah atas ini kemudian diambil aloh oleh Pemerintah Daerah Sumedang dan namanya diganti menjadi SMA Swatantra dengan status swasta sebagai persiapan untuk menjadi SMA Bandung, Tasikmalaya, Garut, dan Cirebon. Kemudian Panitia Tujuh memperjuangkan agar SMA Swatantra ini bisa menjadi SMA Negeri.

Akhirnya perjuangan panitia tujuh ini berhasil dengan dibentuknya SMA Negeri yang untuk tahap awal hanya mencakup kelas satu saja, sementara kelas dua dan kelas tiga tetap menjadi bagian dari SMA Swatantra yang berstatus swasta. Sesuai dengan ketentuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, mulai tahun ajaran 1956/1957 SMA Negeri harus terdiri dari bagian A, B dan C. Sehingga namanya pada waktu itu menjadi SMA Negeri ABC yang di dalamnya terdapat kelas Sastra, Ilmu Pasti, Pengetahuan Alam dan Ekonomi. Pada saat itu SMA Negeri ABC menggunakan lokasi belajar di gedung bekas SGB Negeri 1 yang sudah tidak menerima murid baru lagi (kelas satu). Pada tahun ajaran 1960/1961, lokasi belajar mengajar SMA Negeri ABC pindah ke gedung bekas SGB Negeri 4. SMA Swatantra menggunakan lokasi yang sama dengan mengambil waktu belajar bagian siang.

Perkembangan SMA Negeri ABC cukup pesat dengan jumlah kelasnya yang bertambah dari tahun ke tahun. Berdasarkan Ketetapan Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan pada tahun pelajaran 1963/1964 semua SMA Negeri di Indonesia diubah menjadi SMA Gaya Baru. Beberapa tahun kemudian SMA Gaya Baru dibagi menjadi Bagian Budaya, Bagian Sosial dan Bagian Ilmu Pasti yang disingkat Bus, Sos, Paspal yang kemudian diubah jadi IPA, PAS dan Budaya.

Berbagai fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar telah dimiliki SMAN 1 Sumedang. SMA Negeri 1 Sumedang dilengkapi dengan fasilitas ruangan belajar mengajar (Kelas), ruang Kepala Sekolah dan Guru, ruang Perpustakaan, ruang Laboratorium Biologi, ruang Laboratorium Fisika, ruang Laboratorium Kimia, ruang Laboratorium Komputer dan ruang Laboratorium Bahasa. Tak ketinggalan juga fasilitas lainnya seperti lapangan olahraga, taman, koperasi, kantin, toilet, dan mushola.

Selain kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, siswa SMA Negeri 1 Sumedang pun bisa mengikuti berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia dan organisasi kesiswaan. Organisasi yang bisa diikuti yaitu OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), MPK ADINIRA (Majelis Permusyawaratan Kelas SMAN 1 Sumedang). Sementara ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 1 Sumedang diantaranya adalah Palang Merah Remaja (PMR), JIDAT (Hiji-Hiji Adinira Teater), LISES ADINIRA (Lingkung Seni Sunda), Karate, Boxer, Sepak Bola, Futsal, Basket, Pramuka (ASDS), Paskibra, DKM (Dewan Kemakmuran Mesjid), KIR ADINIRA (Kelompok Ilmiah Remaja), dan PADUS ADINIRA (Paduan Suara).

Berbagai prestasi juga pernah diraih oleh SMA Negeri 1 Sumedang. Prestasi yang pernah diraih oleh SMA Negeri 1 Sumedang diantaranya adalah Juara I Modeling Tingkat Provinsi tahun 2009, Perwakilan Paskibra Tingkat Provinsi (2009), Juara I Bulu Tangkis Tingkat Nasional (2009), Juara I Festival Film Pendek Kategori Musik (2009), Juara Umum Olimpiade Tingkat Provinsi (2009).

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk tugas mandiri dan SMAN 1 Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 03 Mei 2016

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang