Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Pemerintah Kabupaten Sumedang

Alamat Lengkap

Jalan Palasari No. 80 Sumedang

Nomor Telepon

0261-201021

Web Site

RSUD SUMEDANG


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Dilalui Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 04 arah Cileunyi - Sumedang, dan Angkot 07

RSUD Sumedang merupakan sebuah rumah sakit daerah yang ada di kota Sumedang. Untuk saat ini tipe rumah sakitnya adalah Tipe B Non Pendidikan. Status ini berdasarkan pada SK Bupati Sumedang Nomor 445/Kep.270-RSUD/2003 pada tanggal 3 Desember 2003 menyangkut perubahan status RSU Unit Swadana Daerah Kabupaten menjadi RS Tipe B Non Pendidikan.

Cikal bakal rumah sakit ini sebenarnya sudah ada semenjak penjajahan Belanda sekitar tahun 1930-an. Pada waktu itu, militer Belanda yang memiliki garnisun di kota Sumedang membangun rumah sakit sederhana yang dicat hitam. Rumah sakit ini berlokasi di Ciuyah dan sekarang bernama Jalan Kartini.

Ketika tentara Jepang memasuki Indonesia pada tahun 1944 dan masuk ke Sumedang, mereka mendirikan rumah sakit di Sayuran yaitu tempat di mana RSU Sumedang sekarang berada. Tempat ini sebelumnya merupakan sekolah dua kelas. Tahun 1945, rumah sakit ini selesai dibangun dan sangat besar perananannya pada saat revolusi.

Pada tahun 1947 waktu tentara Belanda menyerang dan masuk ke kota Sumedang (Agresi Militer I) atas perintah militer maka rumah sakit ini ditinggalkan sedangkan pegawainya mengungsi ke Situraja. Selama 3 bulan RS dipergunakan sebagai asrama tentara Belanda dan penampungan tentara yang celaka ketika bertempur. Setelah Belanda menguasai Situraja, semua pegawai ditangkap oleh tentara Belanda dan mereka dikirim ke Sumedang, kemudian Belanda menyerahkan RS tersebut kepada Pemerintah Indonesia yang pada waktu itu bernama Negara Pasoendan.

Tanggal 15 Maret 1953 didirikan Kantor Dinas Kesehatan tersendiri yang terpisah dari rumah sakit. Sehingga sejak pemisahan itu rumah sakit mengadakan perubahan-perubahan dan perluasan lahan.

Dengan terbitnya Kepres Nomor 38 Tahun 1992 tentang Penetapan RS sebagai unit swadana, maka dengan dasar Perda Nomor 2 tahun 1993 tanggal 23 pebruari 1993, SK Mendagri Nomor 445/2005/PUOD tanggal 25 Mei 1993 tentang Uji Coba Unit Swadana RSU Kabupaten Sumedang. Dan sejak tanggal 1 Juli 1993 RSU Kabupaten Sumedang resmi menjadi RSU Unit Swadana Daerah. Seiring berjalannya waktu, berdasarkan SK Menteri Kesehatan Nomor 150/Menkes/SK/X/2003 tanggal 27 Oktober 2003, dan ditetapkan oleh SK Bupati Sumedang Nomor 445/Kep.270- RSUD/2003 pada tanggal 3 Desember 2003 RSU Unit Swadana Daerah Kabupaten statusnya berubah menjadi RS Tipe B Non Pendidikan.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan profesionalisme di bidang kesehatan, nantinya pengelolaan RSU ini diarahkan sebagai Badan Pelayanan Umum. Kebijakan tersebut merupakan salah satu langkah strategis pemerintah dalam memberikan kewenangan otonomi yang lebih luas kepada unit-unit pelayanan tertentu untuk menyelenggarakan manajemen secara mandiri, sehingga diharapkan nantinya mampu merespon kebutuhan masyarakat secara tepat, cepat dan fleksibel.

(Info dan foto: berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 26 November 2014

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang