Logo Puncak Damar Jatigede

Puncak Damar Jatigede

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Tidak dilewati angkutan umum
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Perum Perhutani KPH Sumedang

Berdiri

2015

Alamat Lengkap

Petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraj

Email

puncakdamarjatigede@gmail.com

Web Site

Puncak Damar Jatigede

Akun Twitter

@PuncakDamar

Page Facebook

Puncak Damar Jatigede


Lokasi

Puncak Damar Jatigede merupakan sebuah nama untuk kawasan wisata alam (wana wisata) yang dikembangkan dan dikelola oleh Perum Perhutani KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) Sumedang. Wana wisata ini dikembangkan seiring dengan digenanginya bendungan Jatigede. Sehingga selain menyajikan keindahan alam pegunungan di wilayah Puncak Damar, juga menyajikan keindahan hamparan bendungan Jatigede di sebelah timurnya. Sesuai dengan namanya, Puncak Damar Jatigede berlokasi di kawasan ketinggian Puncak Damar Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja. Tepatnya di kawasan hutan petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar.

Dalam pengelolaan wana wisata Puncak Damar Jatigede ini, Perhutani KPH Sumedang tidak bekerja sendirian. Pengelolaannya dilakukan bersama-sama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Paku Alam Desa Paku Alam. Ini ditandai dengan telah dilakukannya Perjanjian Kerjasama (PKS) dalam rangka pengelolaan Wana Wisata Puncak Damar Jatigede ini. Harapannya, adanya kerjasama pengelolaan Wana Wisata Puncak Damar Jatigede antara Perum Perhutani KPH Sumedang dengan LMDH Paku Alam menjadi langkah awal yang baik dalam membangun sinergitas antara Perum Perhutani dengan stakeholder untuk mengoptimalkan pemanfaatan hutan agar tetap lestari dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar wana wisata Puncak Damar Jatigede.

Wana Wisata Puncak Damar Jatigede dapat diakses melalui jalan kawasan hutan dan jalan Desa Paku Alam - Situraja. Pengunjung yang ingin berkunjung ke Wana Wisata Puncak Damar bisa mengendarai kendaraan berupa sepeda motor maupun mobil. Di sini terdapat fasilitas lahan parkir untuk motor dan mobil yang terletak sekitar 50 meter sebelum pintu masuk. Di area Wana Wisata Puncak Damar Jatigede, pengunjung bisa menikmati lesehan di beberapa shelter. Ada juga fasilitas lain seperti Gazebo, Camping Ground, Outbound dan tempat bermain anak-anak, mushola kecil dari kayu yang tampak alami. Tak ketinggalan juga tersedia toilet yang bersih. Pada hari libur dan malam Minggu tempat ini biasanya sangat ramai.

Untuk pengunjung yang memasuki kawasan Wana Wisata Puncak Damar Jatigede harus membayar restribusi masuk sebesar Rp.4.000. Harga ini hanya untuk kunjungan biasa. Bagi yang membawa kendaraan ada tambaha untuk biaya parkir sebesar Rp.5.000 untuk kendaraan mobil dan Rp.2.000 untuk sepeda motor.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk Perhutani dan Puncak Damar Jatigede)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 16 April 2016

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang