Logo Desa Cinta Mulya

Desa Cinta Mulya

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum. Hanya bisa menggunakan Angkutan Ojeg

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Berdiri

Maret 1983

Alamat Lengkap

Desa Cibungur Desa Cinta Mulya


Lokasi

Desa Cinta Mulya merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian tenggara wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung. Jarak dengan pusat Kecamatan Jatinangor sekitar lima kilometer.

Berdasarkan sejarahnya, Desa Cinta Mulya merupakan desa pemekaran. Pada awalnya Desa Cinta Mulya merupakan bagian dari wilayah Desa Cisempur dan berada di wilayah Kecamatan Cikeruh. Sehubungan dengan jumlah penduduk Desa Cisempur pada waktu itu sudah melebihi kapasitas, sudah mencapai 6.000 orang, menjadi faktor dilakukannya pemekaran desa. Untuk persiapan pemekarannya, dibentuklah Panitia Pemekaran yang bertugas menampung aspirasi masyarakat terkait pemekaran Desa Cisempur. Pemekaran Desa Cisempur menjadi dua desa yaitu Desa Cisempur sebagai desa induk dan Desa Cinta Mulya sebagai desa pemekaran terjadi pada bulan Maret tahun 1983.

Terkait pemilihan nama desa, nama Cinta Mulya diambil setelah menampung berbagai pendapat masyarakat. Pada waktu itu Panitia Pemekaran menerima tiga usulan nama yaitu Gerak Mulya yang diusulkan masyarakat Kampung Nagrak, Tanggul Mulya oleh masyarakat Kampung Citanggulun dan Suka Mulya dari Kampung Cipajaran. Dikarenakan semua masyarakat kampung mengusulkan nama desa yang memiliki kata Mulya akhirnya nama desanya diberina nama Cinta Mulya yang menunjukkan kecintaan pada kemulyaan.

Ketika dilakukan pemekaran Kecamatan Cikeruh pada tahun 1986, Desa Cinta Mulya termasuk salah satu wilayah yang bertahan di Kecamatan Cikeruh.

Berdasarkan data Kecamatan Jatinangor dalam Angka tahun 2014, Desa Cinta Mulya memiliki status sebagai perkotaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa. Secara topografis, Desa Cinta Mulya memiliki bentuk bentang permukaan tanah berupa dataran dengan ketinggian wilayah dimana kantor desa berlokasi sekitar 690 meter di atas permukaan laut. Secara geografis Desa Cinta Mulya dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Jatimukti dan Desa Cisempur di sebelah utara, Desa Cisempur di sebelah timur, Kabupaten Bandung di sebelah selatan serta Kabupaten Bandung dan Desa Jatimukti di sebelah baratnya. Secara administratif, Desa Cinta Mulya terbagi ke dalam empat wilayah dusun yaitu Dusun I, Dusun II Citanggulun, Dusun III Cibungur dan Dusun IV Cipajaran. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sejumlah delapan RW dan 31 RT.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, Desa Cinta Mulya memiliki luas wilayah sebesar 144 hektar. Berdasarkan data tersebut, wilayah Desa Cinta Mulya terbagi ke dalam beberapa penggunaan yaitu sebagai lahan pertanian, lahan pemukiman dan lahan lainnya. Luas lahan yang dipergunakan sebagai lahan pertanian sekitar 5 persen atau seluas 7,2 hektar. Lahan pertanian ini berupa lahan pesawahan seluas 5,76 hektar dan lahan pertanian bukan pesawahan seluas 1,44 hektar. Sebesar 61 persen dari luas wilayah Desa Cinta Mulya dipergunakan sebagai lahan pemukiman dan pekarangan, yang sebanding dengan luas 87,84 hektar. Sisanya sebesar 6 persen atau seluas 8,64 hektar dipergunakan sebagai lahan lainnya.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Cinta Mulya didominasi oleh bangunan gedung besar berupa pabrik. Hanya sebagian kecil saja yang berupa perumahan penduduk dan lahan pertaniannya. Bagian selatan wilayah Desa Cinta Mulya yang dibatasi jalan raya Bandung - Garut merupakan kawasan industri besar yang diisi oleh beberapa jenis pabrik seperti pabrik tekstil PT. Kahatex. Bagian utaranya berupa pemukiman padat penduduk, dan di ujung utara terdapat lahan pertanian berupa pesawahan.

Terkait jumlah penduduknya, pada tahun 2013 sebagaimana disajikan sumber data yang sama, Desa Cinta Mulya dihuni oleh penduduk sebanyak 7.149 orang. Dengan komposisi sebanyak 3.614 orang berjenis kelamin laki-laki dan 3.535 orang bejenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 2.175 KK. Sementara kepadatan penduduknya, tiap kilometer persegi luas wilayah Desa Cinta Mulya dihuni oleh penduduk dengan rata-rata sebanyak 5.335 orang.

Pada awalnya Desa Cinta Mulya merupakan kawasan agraris dan penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani. Namun semenjak adanya perubahan orientasi kawasan Kecamatan Cikeruh (sebelum bernama Kecamatan Jatinangor) menjadi kawasan pendidikan dan industri, mata pencaharian utama penduduk Desa Cinta Mulya mengalami perubahan. Sebagaimana diketahui, Desa Cinta Mulya merupakan salah satu kawasan di Jatinangor yang berubah fungsi menjadi kawasan industri. Di Desa Cinta Mulya berdiri beberapa industri garmen/tekstil skala besar dan sedang. Dengan dibangunnya industri di wilayah Desa Cinta Mulya dan sekitarnya, terjadi alih fungsi lahan dari lahan pertanian menjadi lahan bangunan pabrik. Sehingga penduduk yang tadinya memiliki mata pencaharian sebagai petani mengalami kehilangan lahan garapan, yang kemudian mengubah mata pencahariannya menjadi pegawai pabrik atau buruh.

Dengan demikian, sebagian besar penduduk Desa Cinta Mulya memiliki mata pencaharian di sektor industri sebagai karyawan pabrik. Hanya sebagian kecil saja yang masih memiliki mata pencaharian di sektori pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Sisa lainnya ada yang bekerja sebagai pengrajin dan pedagang.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang dan aktivis belia)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 12 November 2016

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang