Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Kawasan hutan Gunung Kareumbi Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Tidak bisa diakses menggunakan kendaraan
  2. Diakses dengan berjalan kaki melewati jalan setapak

Curug Sabuk merupakan air terjun yang berada di dalam kawasan hutan Gunung Kareumbi. Lokasinya di sebelah timur laut kawasan Gunung Kareumbi dan secara geografis terletak di Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan. Curug ini cukup populer di kalangan penggemar wisata alam karena posisinya yang jauh dari keramaian penduduk.

Untuk mengunjunginya curug ini herus melewati berbagai medan alam, mulai dari areal pesawahan, hutan pinus, kebun salak dan menyeberangi sungai serta jalan menanjak dan menurun. Dan untuk mengaksesnya tidak bisa tidak harus dengan berjalan kaki. Walau melelahkan, akan terobati dengan suasana alam yang masih asri serta pemandangan alam sepanjang perjalanan. Perjalanan selepas jalan besar akan disambut dengan hamparan sawah luas dengan latar bukit-bukit. Disambung dengan jalan setapak di sisi sungai hingga kemudian memasuki hutan yang cukup rapat dengan jalan yang semakin menanjak, kemudian ada turunan, serta melipir punggungan bukit hingga melewati aliran sungai. Jika beruntung, di perjalanan bisa bertemu dengan hewan-hewan langka seperti lutung, monyet dan kucing hutan.

Setidaknya ada dua jalur yang biasa digunakan untuk mengakses curug ini. Salah satunya akses dari Kawasan Agroteknobisnis Nangorak (KAS). Dari sini menuju ke arah barat laut menyusuri pinggiran pesawahan disambung jalan setapak. Jalur lainnya dari kawasan Kampung Toga ke arah selatan Darmaga, Kukulu dan masuk dari Cikubang.

Air tejunnya sendiri, ada beberapa buah air terjuan, baik yang besar maupun yang kecil dengan ketinggian berbeda-beda. Setidaknya ada empat air terjun di Curug Sabuk ini, dengan dua curug besar yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter berdampingan. Air yang mengalir dari atas Curug cukup bersih dan jernih serta dingin dan menyegarkan.

Berkaitan dengan namanya sendiri mengapa disebut Curug Sabuk, menurut beberapa sumber diambil dari salah satu Curug yang menyerupai "Sabuk" (ikat pinggang). Menurut informasi lainnya diambil dari jalan menuju Curug yang panjang dan melingkar seperti sabuk (ikat pinggang).

(Informasi dan potret: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 02 April 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang