loader

Atlet Sumedang di Asian Games - Tia Darti Septiawati

Atlet Sumedang di Asian Games - Tia Darti Septiawati

Atlet Sumedang di Asian Games - Tia Darti Septiawati

Mojang kelahiran Desa Pasir Biru Kecamatan Rancakalong ini bisa disebut sebagai penerus pemain sepak bola Sumedang yang dilahirkan oleh Perses Sumedang. Setelah sebelumnya ada Wiwin, Komala, Nenden dan Ai Siti yang memiliki prestasi sampai ke tingkat nasional, saat ini ada Tia Darti Septiawati. Walau saat ini tidak memperkuat tim Perses Sumedang, mojang kelahiran tahun 1993 ini memiliki karir awal di tim Perses Sumedang.

Mengenal sepak bola semenjak sekolah dasar, pada usia sembilan tahun Tia Darti masuk ke SSB Tandang di kota Sumedang. Di SSB Tandang ini kebetulan ada tim putrinya, sehingga bergabung langsung di tim putri. Pada tahun 2008, Tia Darti ikut memperkuat tim Putri Sumedang dalam Kejuaraan Sepakbola Putri Nasional Junior. Dalam kejuaraan ini, tim Putri Sumedang berhasil meraih gelar juara. Pada tahun yang sama, Tia Darti juga berhasil memperkuat tim sepak bola provinsi Jawa Barat dalam kejuaraan sepak bola antar provinsi di Jakarta. Pada kejuaraan ini juga tim yang diperkuatnya berhasil meraih gelar juara. Pada ajang yang sama di tahun 2010, Tia Darti mengantar tim Provinsi Jawa Barat meraih gelar juara kedua.

Menginjak bangku perkuliahan, Tia Darti berhenti mengikuti kegiatan sepak bola di Perses Sumedang dikarenakan lokasi yang jauh dengan lokasi belajar. Sebagai gantinya, di kampus UPI Bandung, Tia Darti mengikuti kegiatan UKM Futsal. Walau ada perbedaan dengan sepak bola, namun pada dasarnya kedua cabang olahraga tersebut memiliki kesamaan. Di UKM Futsal ini kemampuan Tia Darti semakin terasah dan berhasil mengantarkannya meraih berbagai prestasi dan penghargaan yang lebih banyak lagi. Bahkan dari futsal ini, Tia Darti bisa memperkuat beberapa klub futsal dalam berbagai kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional.

Ketika memperkuat Futsal UPI Bandung, Tia Darti ikut terlibat dalam kompetisi futsal antar kampus dan ajang Liga Futsal Mahasiswa. Pada tahun 2010 berhasil menjadi juara pada ajang futsal antar universitas. Kemudian pada tahun 2012 berhasil menjadi juara pada ajang Piala Menpora. Sementara pada tahun 2013 berhasil menjadi juara dua pada Liga Futsal Wanita Indonesia Regional Jabodetabek.

Pada tahun 2014 dan 2015 berturut-turut, Tia Darti memperkuat UPI dalam ajang UITM Sports Fiesta yang diselenggarakan oleh Universiti Teknologi MARA Selangor Malaysia. Pada kedua ajang tersebut tim yang diperkuatnya berhasil menjadi juara di cabang olahraga futsal. Masih di tahun 2015, ketika gelaran Women Pro Futsal League (Liga Futsal Wanita Indonesia) kedua diselenggarakan, Futsal UPI Bandung berhasil meraih gelar juara.

Pada gelaran Women Pro Futsal League 2016, tim yang dibela Tia Darti harus mengakui keunggulan tim Jaya Kencana (JK) Angels. Tim futsal UPI Bandung tidak bisa mempertahankan gelar juara setelah kalah 2-4 di babak final. Dengan kemenangan ini tim JK Angels berhak mewakili Indonesia dalam ajang AFF (ASEAN Football Federation) Futsal Championship Divisi Putri di Nay Pyi Daw, Myanmar. Dan untuk memperkuat timnya, JK Angels meminjam tiga pemain futsal UPI Bandung yang salah satunya adalah Tia Darti. Hasil dari ajang ini, tim JK Angels akhirnya keluar sebagai juara setelah di babak final berhasil mengalahkan tim Khon Kaen FC dari Thailand dengan skor 7-6 melalui babak adu penalti.

Untuk karir klubnya sendiri selain memperkuat Futsal UPI Bandung, Tia Darti pernah juga memperkuat klub-klub futsal lainnya di berbagai kejuaraan yang diselenggarakan seperti klub Tifosi Alonza pada tahun 2013, Jaya Kencana Angels pada tahun 2016, Lampung Angels S-One (2017) dan Banteng Muda Putri Malang (2018). Selain memperkuat klub, Tia Darti juga dipanggil untuk memperkuat tim futsal Jawa Barat pada tahun 2012, tim Futsal Sumedang 2012.

Walau banyak terlibat di olahraga futsal, bukan berarti meninggalkan olahraga sepak bola. Ketika diselenggarakannya kejuaraan AFF Women's Championship 2018 di Palembang, Tia Darti menjadi salah satu pemain futsal yang terpilih untuk memperkuat tim sepak bola putri Indonesia. Pada kejuaraan ini timnas putri Indonesia harus tersingkir di babak penyisihan grup dan gagal lolos ke babak Semifinal. Dan pada ajang Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia, Tia Darti terpanggil kembali untuk memperkuat timnas putri Indonesia.

Di olahraga futsal, Tia Darti merupakan salah satu Anchor wanita terbaik di Indonesia. Tia Darti memiliki kemampuan untuk mendelay bola dan kemampuan untuk memulai alur serangan yang bagus. Tia yang memiliki kelebihan di kaki kiri, menyukai posisi di sisi kiri lapangan. Begitu juga dengan di olahraga sepak bola, Tia Darti memiliki posisi favorit di gelandang kiri.


Profil

Tia Darti Septiawati

Tempat dan Tanggal Lahir: Sumedang, 24 September 1993

Tinggi dan Berat: 150 cm - 45 kg

Pendidikan Terakhir: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

No Punggung Favorit: 18


Karir di Futsal:

  • Isola UPI 2010
  • Jabar 2012
  • Sumedang 2012
  • Tifosi Alonza 2013
  • UPI Antam 2015-2016
  • Lampung Angels S-One 2017
  • Banteng Muda Putri Malang 2018


Prestasi di Futsal:

  • Juara Antar Universitas 2010
  • Juara Piala Menpora 2012
  • Runner-up LFWI Regional Jabodetabek 2013
  • Kejurnas ITS 2013
  • Juara 1 LIMA Futsal 2014, 2015, 2016
  • Juara 1 UITM 2014, 2015, 2016
  • Juara 1 WFSL 2015
  • Juara 2 WPFL 2016
  • Juara 1 AFF Club 2016

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With