loader

SMK YPSA Sumedang

SMK YPSA Sumedang

Kategori: SMK

Alamat: Jl. Cipadung No. 34B Rt. 01/012 Lingkungan Ketib Kelurahan Kotakaler Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

1.096

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di kawasan kampus dua Universitas Sebelas April Sumedang

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Tidak dilewati angkutan umum secara langsung

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Jl. Cipadung No. 34B Rt. 01/012 Lingkungan Ketib Kelurahan Kotakaler Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang
No. Telp
0261-204103
No. Handphone
0823-1616-7266
No. WhatsApp
-
Alamat Email
ypsas@yahoo.co.id
Website
Peta Lokasi

SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan YPSA Sumedang merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan yang berada di wilayah Kecamatan Sumedang Utara. Tepatnya beralamat di Jl. Cipadung No. 34B Rt. 01/012 Lingkungan Ketib Kelurahan Kotakaler Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Sekolah menengah kejuruan yang berstatus swasta ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

SMK YPSA Sumedang berada di bawah pembinaan Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) dan didirikan oleh Dr. H. Endang Sukandar, M.Si. (Alm) pada tahun 1995. Pendirian SMK YPSA Sumedang berdasarkan pada Surat Keputusan pendirian dengan nomor 17/SK/YPSA/VII/1995 yang diterbitkan pada tanggal 1 Juli 1995. Kemudian memperoleh ijin operasional dari Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dengan nomor 569/I02/kep/E/1995. Dan pada tahun 2014 mendapatkan Surat Keputusan Operasional dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumedang dengan nomor 624.2/3126.a.Kep./Disdik/2014 yang diterbitkan pada tanggal 18 Juli 2014.

Pendirian SMK YPSA Sumedang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada para siswa lulusan SMP agar bisa mendapatkan pendidikan kejuruan dengan biaya terjangkau oleh setiap lapisan masyarakat dengan tetap menjaga mutu layanan pendidikan yang lebih baik. Kemudian misi yang dimiliki oleh SMK YPSA Sumedang adalah terwujudnya sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa, mandiri, berkompetensi, profesional, sehat jasmani dan rohani, kreatif, inovatif, produktif, berwawasan lingkungan dan sadar hukum.

SMK YPSA Sumedang menyelenggarakan kegiatan pendidikan kejuruan selama tiga tahun sebagai kelanjutan dari pendidikan dasar sembilan tahun dari kelas sembilan sampai kelas 12. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya, SMK YPSA Sumedang didukung oleh tenaga pendidik profesional dan berkompeten di bidangnya. Ditunjang dengan adanya berbagai fasilitas baik sarana maupun prasarana yang lengkap. Fasilitas yang dimiliki oleh SMK YPSA Sumedang ini diantaranya adalah Gedung Sekolah milik pribadi yang didalamnya terdapat Ruang Pembelajaran Kelas, Ruang Laboratorium Komputer dan Ruang Praktek. Tak ketinggalan fasilitas lapangan upacara, lapangan olahraga, tempat parkir kendaraan dan fasilitas sanitasi baik untuk guru maupun siswa.

Lokasi sekolah berada di lingkungan kota Sumedang bagian timur, namun suasananya berada di lingkungan pendidikan yang nyaman. Kondisi yang membuat suasana pembelajaran lebih fokus, menambah motivasi bagi siswa dan guru pengajar untuk mencetak prestasi. Ditambah lagi posisi sekolahnya yang terintegrasi dengan kawasan kampus dua perguruan tinggi YPSA.

SMK YPSA Sumedang menawarkan tiga kompetensi keahlian yang bisa diambil dan dipilih oleh calon siswa di sekolah ini. Ketiga kompetensi keahlian tersebut adalah Teknik Permesinan (TPM), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Dalam mendukung penyelenggaraan kegiatan pendidikannya, SMK YPSA Sumedang bekerja sama dengan banyak perusahaan dan pelaku usaha. Pihak SMK YPSA Sumedang juga akan membantu lulusannya dalam penyaluran kerja.

Selain kegiatan pembelajaran di kelas, siswa di SMK YPSA Sumedang juga disediakan berbagai kegiatan di luar jam belajar seperti keorganisasian, ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK YPSA Sumedang diantaranya adalah Pramuka, Olahraga sepakbola, Tenis Meja, Kesenian dan Rohis (Rohani Islam). Ditambah dengan kegiatan lain yang menunjang kompetensi siswa seperti Kegiatan Praktek dan Kunjungan Industri.

Setiap awal tahun pelajaran SMK YPSA Sumedang menerima pendaftaran siswa baru yang berasal dari lulusan SMP atau jenjang yang sederajat. Pendaftaran siswa baru biasanya dimulai pada bulan Februari sampai dengan bulan Juni untuk tiap tahun pelajaran di setiap hari kerja mulai hari Senin sampai dengan hari Jumat pukul 08.00 s.d. 14.30 WIB. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon siswa SMK YPSA Sumedang adalah mengisi formulir pendaftaran yang berisi data calon siswa, fotokopi Ijazah terakhir & SHUN (SMP/sederajat) atau fotokopi Surat Tanda Lulus (STL), fotokopi Akta Kelahiran, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP Orang Tua/Wali siswa, fotokopi KIP atau Surat Keterangan Lainnya jika memiliki.

Bagi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah kejuruan dengan jurusan yang sesuai, bisa melanjutkan sekolah ke SMK YPSA Sumedang. Di SMK YPSA Sumedang tersedia beasiswa bagi siswa yang kurang mampu dan anak yatim piatu.

Galeri Foto Lokasi
user

Bangunan depan SMK YPSA Sumedang

user

Bangunan dalam SMK YPSA Sumedang

user

Sebagian siswa SMK YPSA Sumedang

user

Kunjungan industri SMK YPSA Sumedang

Yayasan Pendidikan Sebelas April/Yayasan Pendidikan Sebelas April
1 Juli 1995
Jl. Cipadung No. 34B Rt. 01/012 Lingkungan Ketib Kelurahan Kotakaler Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang
0261-204103
0823-1616-7266
ypsas@yahoo.co.id
SMK YPSA Sumedang
SMK YPSA Sumedang
08.00 s.d. 14.30 WIB
08.00 s.d. 14.30 WIB
08.00 s.d. 14.30 WIB
08.00 s.d. 14.30 WIB
08.00 s.d. 14.30 WIB
Program kompetensi Teknik Permesinan (TPM)

Program kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)

Program kompetensi Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM)

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With