loader

SD Negeri Pasirmasigit

SD Negeri Pasirmasigit

Kategori: SD

Alamat: Dusun Pangantingan Desa Wado Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang

Tayangan

Jumlah View Page

556

Menyukai

Jumlah Fans Page

0

Check In

Pengunjung Lokasi

0

Akses Lokasi
Jalan Kaki

Berlokasi di Dusun Pangantingan, di kawasan pesawahan

Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua

Tidak dilewati angkutan umum secara langsung

Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angdes 54 jurusan Terminal Wado - Kirisik - Cipeundeuy, kemudian turun di dekat Warung Nasi Kersen. Dilanjut jalan kaki ke arah selatan melewati lahan pesawahan sejauh 300 meter

Kontak Singkat
Alamat Lengkap
Dusun Pangantingan Desa Wado Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang
No. Telp
-
No. Handphone
-
No. WhatsApp
-
Alamat Email
-
Website
Peta Lokasi

SD atau Sekolah Dasar Negeri Pasirmasigit merupakan sebuah sekolah dasar dengan status negeri yang beralamat di Dusun Pangantingan Desa Wado Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang. SD Negeri Pasirmasigit ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.

SD Negeri Pasirmasigit menjadi salah satu sekolah alihan (relokasi) dari sekolah dasar yang tergenang air bendungan Jatigede. Sekolah ini menampung siswa-siswi dan guru pengajar yang berasal dari SD Negeri Pasirmasigit yang berada di Dusun Maleber. Lokasi sekolah yang baru ini tidak terlalu jauh dari sekolah asal, jaraknya sekitar 1 km.

Relokasi SD Negeri Pasirmasigit ini berdasarkan pada Surat Keputusan Bupati Sumedang Nomor 421/Kep.354-Dikbud/2016. SK yang terbit pada tanggal 22 Juli 2016 tersebut berisi tentang Penggabungan Sekolah Dasar Negeri yang Terkena Dampak Pembangunan Waduk Jatigede. Masih berdasarkan SK tersebut, sekolah baru untuk menampung para siswa yang berasal dari SD Negeri Pasirmasigit berlokasi di Dusun Pangantingan Desa Wado dengan nama SD Negeri Pasirmasigit.

Relokasi ini sekolah dasar ini secara efektif dimulai tahun pelajaran 2016/2017. Ketika dilakukan penggabungan dan relokasi ini, jumlah siswa yang berasal dari SD Negeri Pasirmasigit sebanyak 100 orang siswa ditambah jumlah guru pengajarnya sebanyak sepuluh orang.

Sebagai salah satu sekolah dasar, SD Negeri Pasirmasigit menyelenggarakan kegiatan pendidikan dasar selama enam tahun dari kelas satu sampai kelas enam. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada pagi hari selama enam hari dari hari Senin sampai hari Sabtu. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya, SD Negeri Pasirmasigit didukung oleh tenaga pendidik profesional dan berpengalaman di bidang pendidikan. Ditambah dengan fasilitas pendukung berupa sarana dan prasarana yang representatif dengan adanya gedung sekolah permanen yang di dalamnya adalah Ruang Kelas (dari kelas satu sampai kelas enam), Ruang Guru dan Ruang Kepala Sekolah serta fasilitas sanitari (WC) khusus guru dan siswa yang terpisah. Ditambah dengan adanya Lapangan Upacara sekaligus Lapangan Olahraga.

Selain melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam kelas, di SD Negeri Pasirmasigit terdapat kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setelah jam pulang sekolah yang dijadikan media untuk mengembangkan minat dan bakat siswa SD Negeri Pasirmasigit. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SD Negeri Pasirmasigit diantaranya adalah Pramuka dan ekstrakurikuler lainnya.

SD Negeri Pasirmasigit merupakan satu dari tiga sekolah dasar negeri yang berlokasi di Desa Wado. Lokasinya berada di bagian timur wilayah Desa Wado, tidak terlalu jauh dengan pusat pemerintahan Desa Wado. Dari Kantor Desa Wado jaraknya sekitar 750 meter ke arah tenggara menyusuri jalanan besar. Suasana lingkungan di SD Negeri Pasirmasigit masih asri dan sangat nyaman, berada di kawasan lahan pesawahan (dikelilingi lahan pesawahan).

SD Negeri Pasirmasigit menampung pendidikan para siswa tingkat dasar yang berasal dari bagian timur Desa Wado seperti Dusun Pangantingan dan sekitarnya. SD Negeri Pasirmasigit ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, namun tidak dilewati angkutan umum secara langsung. Jika menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkutan Umum Pedesaan (Angdes) 54 jurusan Terminal Wado - Kirisik - Cipeundeuy, kemudian turun di dekat Warung Nasi Kersen. Dilanjut jalan kaki ke arah selatan melewati lahan pesawahan sejauh 300 meter.

Setiap awal tahun pelajaran, SD Negeri Pasirmasigit menerima pendaftaran siswa baru. Pendaftaran siswa baru dilakukan di kampus SD Negeri Pasirmasigit, setiap hari kerja. Pelaksanaannya biasanya dilakukan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni untuk tiap tahun pelajarannya. Syarat yang harus dipenuhi oleh calon siswa SD Negeri Pasirmasigit diantaranya adalah usia anak minimal enam tahun pada awal tahun pembelajaran (bulan Juli). Kemudian kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi diantaranya fotokopi Akta Kelahiran, fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan KTP orang tua.

Galeri Foto Lokasi
user

Sekolah dasar SD Negeri Pasirmasigit

user

Bangunan sekolah SD Negeri Pasirmasigit

user

Kegiatan kelas SD Negeri Pasirmasigit

user

Bangunan sekolah SD Negeri Pasirmasigit

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan/Kementerian Pendidikan & Kebudayaan
Dusun Pangantingan Desa Wado Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang
SDN Pasirmasigit
Pendidikan dasar enam tahun

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With