Logo Kampung Kebon Kalapa, Cipamekar

Kampung Kebon Kalapa, Cipamekar

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di bagian barat wilayah Desa Cipamekar Kecamatan Conggeang
  2. Pinggir jalan raya kabupaten yang menghubungkan Legok dengan Conggeang
  3. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  4. Dilewati angkutan umum
  5. Jika menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 09 jurusan Terminal Ciakar - Buahdua - Hariang

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Cipamekar Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang


Lokasi

Kampung Kebon Kalapa (ada yang menyebut juga dengan Kebonkalapa) merupakan sebuah lokasi pemukiman penduduk yang berada di bagian barat wilayah Desa Cipamekar Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada persis di ujung barat wilayah Desa Cipamekar yang berbatasan dengan wilayah Desa Jambu. Kampung Kebon Kalapa ini berada di sisi timur jalur jalan raya kabupaten yang menghubungkan Legok dengan Conggeang. Sementara di sisi lain jalan raya ini termasuk wilayah Desa Jambu dengan pembatas berupa jalur jalan raya kabupaten.

Kampung Kebon Kalapa ini berada tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Desa Cipamekar, sekitar 1,4 km dari kantor Desa Cipamekar ke arah utara melintasi jalan raya kabupaten yang menghubungkan Legok dengan Conggeang, melewati beberapa perkampungan seperti Kampung Jambu Sampalan, Jambu Babakan dan Kampung Cihayat.

Kampung Kebon Kalapa berlokasi di kawasan yang cukup datar. Ketinggian wilayahnya berada pada elevasi antara 530 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pemukiman penduduk Kampung Kebon Kalapa berada di kawasan yang dikelilingi oleh lahan pertanian berupa lahan perkebunan dan pemukiman penduduk lainnya. Bagian utara dan timur Kampung Kebon Kalapa berbatasan dengan lahan perkebunan yang ditanami berbagai jenis pepohonan, sementara di bagian selatannya selain berbatasan dengan lahan perkebunan, juga berbatasan dengan pemukiman penduduk Kampung Cihayat. Dan di sebelah baratnya berbatasan dengan wilayah pemukiman penduduk Kampung Jambu Sakola di Desa Jambu, dimana keduanya dipisahkan oleh alur jalan raya kabupaten yang menghubungkan Legok dengan Conggeang.

Kampung Kebon Kalapa ini berada di perlintasan jalan raya kabupaten yang menghubungkan Legok di Kecamatan Paseh dengan wilayah Conggeang. Sehingga akses ke Kampung Kebon Kalapa ini sangat mudah karena dilintasi angkutan umum. Pemukiman penduduk Kampung Kebon Kalapa memanjang dari selatan ke utara, sebelah timur jalan raya kabupaten. Pemukiman penduduknya cukup padat dengan jarak antarpemukiman penduduk cukup rapat. Sebaran pemukimannya rata-rata berada di pinggir jalan raya, dengan sebagian kecil berlokasi agak ke dalam dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari jalan raya. Paling jauh dari jalan raya kurang lebih terhalang oleh lima rumah saja dengan akses masuk berupa jalan gang.

Untuk fasilitas umum yang ada di Kampung Kebon Kalapa salah satunya fasilitas peribadahan berupa masjid atau mushola yang terletak di bagian selatan dan bagian utara kawasan pemukiman penduduk. Kemudian untuk fasilitas umum lainnya seperti lembaga pendidikan formal, tidak ada di Kampung Kebon Kalapa. Namun untuk pendidikan formal jenjang sekolah dasar, penduduk Kampung Kebon Kalapa tidak perlu jauh-jauh menyekolahkan anak-anaknya karena sekolah dasar berada di pemukiman penduduk di seberangnya, Kampung Jambu Sakola yaitu SD Negeri Narimbang I.

Secara kewilayahan, Kampung Kebon Kalapa ini berlokasi di wilayah dalam cakupan Rukun Warga (RW) 02 bersama Kampung Bakansitu. Cakupan wilayah RW 01 yang berada di wilayah Kampung Kebon Kalapa terbagi ke dalam dua wilayah Rukun Tetangga (RT) yaitu RT 01 dan RT 03.

Akses ke Kampung Kebon Kalapa ini sangat mudah karena berada di perlintasan jalan kabupaten yang menghubungkan Legok dengan Conggeang. Kampung Kebon Kalapa bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat serta dilintasi angkutan umum secara langsung. Jika menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan Angkutan Umum Perkotaan (Angkot) 09 jurusan Terminal Ciakar - Buahdua - Hariang.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 15 Desember 2022

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang