Logo Desa Haurngombong

Desa Haurngombong

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum
  4. Bisa diakses menggunakan Angkutan Umum Perkotaan Sumedang - Cileunyi, kemudian turun di Simpang. Dilanjut naik ojeg atau jalan kaki ke arah Parakanmuncang sekitar 600 meter

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jl. Simpang - Parakanmuncang Km. 06 No. 35 Sumedang

Web Site

Desa Haurngombong

Akun Twitter

@haurngombong


Lokasi

Desa Haurngombong merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian barat wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Tanjungsari. Jika dilihat dari pusat Kecamatan Pamulihan, lokasinya berada di sebelah selatan dengan jarak sekitar 1,5 kilometer.

Berdasarkan data Kecamamatan Pamulihan dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Haurngombong memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya mula. Secara topografis, Desa Haurngombong memiliki bentang permukaan tanah berupa pegunungan dengan ketinggian wilayah dimana kantor desa berlokasi pada 848 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Haurngombong dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Ciptasari dan Desa Cigendel di sebelah utara, Desa Cigendel dan Desa Cilembu di sebelah timur, Desa Mekarbakti di sebelah selatan serta Desa Gunungmanik Kecamatan Tanjungsari di sebelah baratnya. Dan secara administratif, wilayah Desa Haurngombong terbagi ke dalam enam Rukun Warga dan 30 Rukun Tetangga.

Untuk luas wilayahnya, sebagaimana disajikan oleh sumber data yang sama, Desa Haurngombong memiliki luas wilayah sebesar 219 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan seperti sebagai lahan pertanian dan lahan pemukiman. Untuk lahan pertaniannya mencakup luasan sebesar 160 hektar. Dan sisanya seluas 59 hektar diperuntukan sebagai lahan pemukiman dan pekarangan. Lahan pertaniannya terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan pertanian bukan pesawahan. Lahan pesawahannya sendiri memiliki luasan sebesar 31,2 hektar, dan sisanya seluas 128,8 hektar merupakan lahan perkebunan, ladang dan huma.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Haurngombong berada di sebelah selatan jalur jalan yang menghubungkan Bandung - Sumedang. Wilayahnya dilewati jalur alternatif Simpang - Parakanmuncang. Bentang permukaanya merupakan kawasan perbukitan dengan perbedaan ketinggian yang tidak terlalu mencolok. Wilayah bagian selatan memiliki elevasi lebih tinggi dibandingkan dengan kawasan bagian utaranya. Wilayah Desa Haurngombong didominasi oleh lahan pertanian terutama lahan ladang yang tersebar di semua kawasan. Lahan pesawahannya mengalir mengikuti aliran anak sungai yang melewati bagian tengah wilayah dari selatan ke utara. Kawasan penduduk juga cukup luas dan tersebar.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan oleh sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Haurngombong dihuni penduduk sebanyak 6.017 jiwa. Dengan rincian sebanyak 3.085 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.932 jiwa berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.848 KK. Sementara kepadatan penduduk Desa Haurngombong, untuk tiap kilometer luas wilayahnya dihuni penduduk rata-rata sebanyak 2.7449 jiwa.

Untuk mata pencahariannya, tidak dijelaskan secara mendetail. Namun menilik pada data sektor pertanian yang ada, sebagian masyarakat Desa Haurngombong bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Sebagian lainnya bekerja di sektor peternakan, industri baik industri kecil, menengah maupun industri besar, sektor perdagangan dan transportasi.

Untuk sektor pertaniannya, lahan pesawahan di Desa Haurngombong sudah menggunakan sistem pengairan teknis sehingga mendukung kegiatan pertanian dan memiliki produktivitas yang bagus dalam menghasilkan produk utama berupa padi. Produk pertanian lainnya berupa palawija seperti jagung baik jagung hibrida, jagung manis maupun jagung lokal, ubi jalar. Tak ketinggalan juga produk berupa sayuran seperti cabai merah dan cabai rawit. Sektor industri yang berlokasi di Desa Haurngombong bukan hanya industri kecil saja, namun sudah ada industri sedang dan industri besar.

Desa Haurngombong memiliki keunggulan di bidang peternakan, terutama peternakan sapi. Peternakan sapi di Desa Haurngombong sudah dimanfaatkan untuk keperluan yang lebih luas, yaitu sebagai bahan baku pembuatan biogas. Pemanfaatan ini telah membawa Desa Haurngombong sebagai Desa Mandiri Energi yang sudah dimulai semenjak tahun 2009. Keberhasilan Desa Haurngombong dalam memanfaatkan biogas dari peternakan sapi ini membawa Desa Haurngombong menjadi proyek percontohan dari Team Temu Nasional.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 31 Januari 2017

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang