Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Terminal Ciakar Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara


Lokasi


Akses Lokasi

Angkutan umum perkotaan atau Angkot 07 merupakan salah satu sarana angkutan umum lokal di wilayah Kabupaten Sumedang. Angkot 07 ini melayani trayek Terminal Ciakar - Padasuka dan sebaliknya, Padasuka - Terminal Ciakar. Jalur yang dilewatinya berputar terlebih dahulu ke wilayah Pertigaan Samoja.

Angkot 07 menjadi penghubung lalu lintas antara wilayah Kecamatan Sumedang Selatan dan Kecamatan Sumedang Utara dengan wilayah kota Sumedang. Walau bisa dikatakan jalur yang menghubungkan Terminal Ciakar dengan Padasuka itu tidak terlalu jauh, namun trayek yang dilalui oleh Angkot 07 ini tidak langsung antara kedua lokasi tersebut. Terutama ketika melewati trayek Terminal Ciakar - Padasuka, jalur yang dilewatinya menyusuri jalanan di kota Sumedang sampai ke pertigaan Samoja.

Jalan dan wilayah yang dilewati oleh Angkot 07 ini adalah dari Terminal Ciakar menuju ke Jalan Angrek kemudian Jalan Prabu Geusan Ulun, Perempatan Ojolali belok ke jalan Tampomas sampai ke Pasar Sandang Sumedang. Dilanjut lewat Taman Endog, Jembatan Pasifik dan melintasi Jalan Prabu Geusan Ulun hingga Alun-alun Sumedang. Kemudian menuju ke Bunderan Binokasi dan melintasi Jalan Pangeran Kornel (jalan yang menghubungkan Sumedang - Bandung) hingga Pertigaan Samoja atau Patung Kuda. Pertigaan Samoja belok ke jalan yang menghubungkan Samoja dengan Girimukti dan berakhir di Padasuka tepatnya di pertigaan Sumedang - Rancakalong. Dari sini dilanjut ke Jalan Padasuka hingga ke jalan Kutamaya, dilanjut menyusuri jalan Prabu Geusan Ulun ke arah utara (Jembatan Pasifik, Taman Endog, Perempatan Ojolali). Dilanjut ke jalan Angkrek dan berakhir di Terminal Ciakar.

Jadi Angkot 07 bisa digunakan bagi warga Sumedang yang ingin berkeliling sebagian wilayah kota Sumedang. Atau bisa juga digunakan untuk mengunjungi fasilitas umum yang ada di kota Sumedang seperti Pasar Sandang, Taman Endog, Taman Jembatan Pasifik, Alun-alun Sumedang, Museum Prabu Geusan Ulun, Masjid Agung Sumedang, dan Bunderan Binokasih.

Kendaraan yang menjadi Angkot 07 bisa dibedakan dari ciri-cirinya seperti kombinasi warna yang menghiasi badan kendaraannya. Kombinasi warnanya setidaknya ada dua warna yaitu atap kendaraannya berwarna putih sampai ke bagian tengah kendaraan, kemudian bagian bawahnya berwarna coklat. Tak ketinggalan juga penanda nomor trayeknya yaitu 07 dengan opsional tulisan trayeknya seperti Terminal Ciakar - Padasuka.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 23 Mei 2019

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang