Pemerintah Menetapkan 1 Ramadhan Bertepatan dengan 27 Mei

Artikel Seputar Ramadhan 1438 H

user image AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Diterbitkan pada: 27 Mei 2017
Gambar Tulisan

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Agama (Kemenag) telah mengumumkan bahwa awal bulan Ramadhan 1438 H tahun 2017 ini jatuh pada tanggal 27 Mei 2017. Sehingga puasa Ramadhan tahun ini awal pelaksanaannya bersamaan bagi seluruh masyarakat Indonesia baik Muhammadiyah maupun Nahdhatul Ulama.

Keputusan pemerintah ini berdasarkan pada pemantauan hilal yang dilaksanakan di 77 titik yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Hasil pantauan ini kemudian dibawa ke dalam Sidang Isbat yang dihadiri oleh berbagai pimpinan Ormas Islam, Ketua MUI, Ketua Komisi VIII DPR RI, dan perwakilan dari 22 negara-negara sahabat serta sejumlah tokoh Islam.

Laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal diterima oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) untuk kemudian ditetapkan keputusannya. Keputusan yang membawa kabar gembira bagi seluruh masyarakat Indonesia bahwa tahun ini awal pelaksanaan puasanya tidak ada perbedaan.

Sebagaimana diketahui organisasi masyarakat Islam Muhammadiyah sudah menetapkan awal bulan Ramadhan 1438 H ini jauh-jauh hari. Berdasarkan perhitungan Muhammadiyah, awal Ramadhan 1438 H jatuh pada tanggal 27 Mei 2017.


Sharing


Komentar

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1438 H

Imsak
Shubuh
Zhuhur
Ashar
Maghrib
Isya