loader

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumedang 2024 Resmi Diluncurkan

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumedang 2024 Resmi Diluncurkan

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumedang 2024 Resmi Diluncurkan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang telah meluncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang tahun 2024 yang dilaksanakan di Halaman Depan PPS Sumedang. Peluncurkan secara resmi tersebut telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Juni 2024 yang turut dihadiri oleh Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 tahun 2024 tentang Tahapan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, telah ditetapkan secara nasional bahwa Pilkada di seluruh Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 27 November Tahun 2024. Sehingga ketika penandatanganan PKPU tersebut, tahapan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 resmi dimulai.

Pj Bupati Sumedang yang turut hadir, memberikan pesan semoga dengan kegiatan peluncuran tersebut menjadi momentum untuk membangun konsolidasi dan koordinasi yang harmonis demi mewujudkan Pilkada yang demokratis berlandaskan asas langsung umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Semua unsur yang terkait dalam Pilkada Sumedang Tahun 2024 turut memberikan dukungan baik dari jajaran pemerintah daerah, aparat keamanan TNI Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur lainnya. Terutama Badan Adhoc PPK, KPPS untuk sama-sama bergandengan tangan mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024 dengan aman, lancar dan damai.

Pada kesempatan tersebut juga, Ketua KPU Kabupaten Sumedang turut meluncurkan jinggel dan maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024. Maskot yang berhasil terpilih berupa gambar tahu yang di pinggirannya ada Kujang Sapasang. Gambar tahu yang terpilih sebagai makanan yang banyak dikenal dan disukai masyarakat. Jika direalisasikan maka Pilkada itu menjadi pesta rakyat, maka masyarakat harus memiliki keterlibatan yang banyak.

Maskot yang digunakan tersebut memiliki sebutan sebagai Suma dan Sumi. Suma mewakili jenis Laki-laki, dam Sumi sebagai perempuan. Sebutan Suma memiliki arti sebagai Sumedang Madangan, yang mewakili harapan bahwa nanti kepala daerah yang terpilih akan menjadi sosok yang menerangi, memberikan harapan bagi masyarakat menjadi Sumedang maju sejahtera dan bahagia. Sementara Sumi singkatan dari Sumedang Memilih, menjadikannya sebagai ajakan bagi warga masyarakat di Kabupaten Sumedang untuk datang ke TPS.

Di samping maskot bergambar Tahu terdapat Kujang Sapasang. Ini memiliki filosofi sebagai sosok ketegasan, kesatria dan senjata yang tidak terlepas dari Jawa Barat yaitu Kujang. Sehingga kelengkapan simbol Kujang ini tidak lepas dari Peraturan Daerah (Perda) Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda. Maskot juga memakai sepatu yang berwarna merah bata, yang merupakan warna khas dari Sumedang.

Warta Terkait

Sumedang Tandang

All About Sumedang in One Place

Situs web yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan wilayah Kabupaten Sumedang

Settings

Theme
Theme Direction
Theme Colors
Layout Type
Container Option
Sidebar Type
Card With