Update Covid-19 Sumedang, 29 April 2020

Siaran pers perkembangan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang, 29 April 2020.

1. Terkait situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 pada tanggal 29 April 2020 pukul 16.00 WIB di Kabupaten Sumedang masih perlu lebih diwaspadai. Adapun perkembangan lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Positif Covid-19
    • Berdasarkan Polymerase Chain Reaction (SWAB): 5 orang (pasien asal Kecamatan Sumedang Selatan 1 orang, Jatinangor 3 orang dan Cimanggung 1 orang) dari total 7 orang terkonfirmasi hari kemarin, hari ini jumlah total pasien di Kabupaten Sumedang yang terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan PCR berkurang menjadi 6 orang, dengan keterangan 1 orang diantaranya telah selesai/sembuh (pasien asal Kecamatan Darmaraja) dan 1 orang pindah isolasi ke RSHS Bandung (pasien asal Cimanggung);
    • Rapid Test Positif: 5 orang, dari total 20 orang, dengan rincian asal pasien terdiri dari Kecamatan Darmaraja 1 orang, Wado 1 orang, Conggeang 1 orang, Tanjungsari 1 orang, Cimalaka 1 orang dan 15 orang diantaranya telah dinyatakan pulang/selesai.
    • Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan pasien Rapid Test Positif jumlahnya menjadi dipisahkan dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP), agar tidak terjadi duplikasi data.
  • Pasien Dalam Pengawasan (PDP): 3 orang dari total 43 orang, dengan rincian pasien asal Kecamatan Ujungjaya 1 orang, Sumedang Utara 1 orang, Situraja 1 orang, dimana 40 PDP diantaranya telah selesai menjalani perawatan;
  • Orang Dalam Pemantauan (ODP): 62 orang dari total 887 ODP dimana 825 orang diantaranya telah selesai menjalani masa pemantauan;
  • Orang Dalam Risiko (ODR): 5.617 orang dari hari sebelumnya yang berjumlah 5.746 orang;
  • Orang Tanpa Gejala (OTG): 61 orang.

PDP yaitu orang yang dirawat dengan memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19 dan memiliki gejala demam, ISPA serta pneumonia maupun yang tidak bergejala.

ODP yaitu orang yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19 dan memiliki gejala demam atau ISPA tanpa pneumonia.

ODR yaitu orang yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19, tetapi tidak memiliki gejala apapun.

OTG yaitu orang yang tidak memiliki gejala, tetapi pernah kontak erat dengan orang yang positif Covid-19.

2. ODR yang sebelumnya beristilah ODP Berisiko atas konsolidasi data para pemudik yang dikoordinasikan oleh aparatur wilayah (Camat dan Kepala Desa/Lurah), dibanding hasil kemarin, saat ini berdasarkan data tanggal 29 April 2020, hingga Pukul 15.00 WIB jumlah ODR mengalami sedikit penurunan dibanding hari sebelumnya yaitu turun sebanyak 129 orang.

Saat ini warga masyarakat pemudik dimaksud diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing untuk jangka waktu 14 hari ke depan. Apabila ada gejala seperti demam, batuk, sakit tenggorokan dan sesak napas, diminta segera menghubungi 119 atau kontak Puskesmas terdekat.

3. Hasil Rapid Test sampai dengan tanggal 29 April 2020 adalah sebagai berikut:

  • Selesai Rapid Test: 2.005 orang;
  • Selesai Rapid Tes ulang: 85 orang.

Jumlah total yang diduga terjangkit Covid-19 berdasarkan hasil Rapid Test sampai dengan tanggal 29 April 2020 berjumlah 5 orang. Kepada yang bersangkutan akan segera dilaksanakan tes SWAB menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), untuk memastikan positif atau tidaknya.

Terhadap semua ODP yang telah melakukan Rapid Test tetap diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing dan akan dilakukan Rapid Test ulang 10 hari kemudian.

4. Selanjutnya, di tengah pandemi Covid-19 saat ini sekaligus kami mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Sumedang, selain tentunya diwajibkan mematuhi segala aturan yang ditetapkan selama pemberlakuan Pembatasan Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Sumedang, hal yang tak kalah pentingnya lagi yaitu setiap warga agar memiliki tanggung jawab moral, dengan melindungi dirinya dan orang lain yang salah satunya adalah dengan tidak menyembunyikan kondisi kesehatan pribadi. Apabila seseorang merasa mengalami gejala terjangkit Covid-19, maka harus segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan, menghubungi Call Center 119 atau gugus tugas kewilayahan, untuk selanjutnya mengisolasi diri secara mandiri.

Dengan bersikap jujur dan bertanggung jawab pada diri sendiri dan orang lain, maka wabah Covid-19 khususnya di Kabupaten Sumedang insya Allah akan dapat lebih ditekan penyebarannya.

Demikian, kami sampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1441 Hijriah hari keenam bagi umat muslim warga Kabupaten Sumedang yang menjalankannya, mari kita laksanakan ibadah puasa tahun ini dengan sabar, penuh ikhtiar dan senantiasa berdoa kepada Tuhan YME memohon terhindar dari segala marabahaya dan wabah virus yang tengah menjangkit dunia ini segera berakhir, Aamiin YRA.

(Sumber: instagram @humas_sumedang)

Judul: Update Covid-19 Sumedang, 29 April 2020

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 29 April 2020

Sharing

Komentar

Warta Puseur Dayeuh Kabupaten Sumedang